Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Edukasistan.com - Hello guys! Pada kali ini, Kita akan membahas mengenai Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi (Ilkom) adalah salah satu bidang keilmuan sosial yang ditawarkan oleh banyak universitas. Bagi mereka yang ingin bekerja di bidang televisi, radio, media, dan hubungan masyarakat, spesialisasi Ilmu Komunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Secara umum, Ilmu Komunikasi adalah proses yang mempelajari cara penyampaian informasi secara efektif oleh orang yang mengirimkan pesan (komunikator) dan orang yang menerima pesan (komunikan). Informasi yang didapatkan dapat disampaikan melalui berbagai media.

Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki banyak kemampuan dalam melakukan penelitian dan berpikir kreatif. Siswa juga belajar bagaimana merencanakan, mengatur, dan menjalankan proyek dan kegiatan. Jurusan Ilmu Komunikasi ini juga menawarkan peminatan yang dapat dipilih oleh siswa. Peminatan ini dapat meningkatkan potensi peluang karir di bidang media, industri, dan teknologi.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Prospek karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi menawarkan banyak peluang untuk bekerja di berbagai bidang. Media komunikasi saat ini sangat penting dalam memberikan informasi yang cepat dan akurat. Berbagai media seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan lain-lain terus berkembang dengan pesat.

Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki peluang besar untuk bekerja di berbagai bidang, terutama jurnalisme dan media. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tidak hanya dibutuhkan di bidang tersebut saja. Berikut adalah daftar 25 prospek karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi yang perlu kamu ketahui.

1. Travel Blogger

Berkunjung ke berbagai tempat wisata di Indonesia dan dunia sambil menulis tentang pengalaman perjalanan menjadi hal yang menyenangkan bagi para travel blogger. Lulusan Ilmu Komunikasi akan memiliki peluang besar menjadi travel blogger karena kemampuan menulis dan analisis informasinya.

Di era digital, memposting foto di Instagram dan menulis blog yang dikunjungi ribuan orang setiap hari bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Jika Kalian ingin menguploadnya di instgram, kalian juga bisa mencoba mengedit foto menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di appstore atau playstore.

Selain itu, ada berbagai cara untuk menghasilkan uang sebagai travel blogger bisa melalui iklan atau membuat paket travel. Jadi apakah kamu tertari dengan jurusan ini? dan siap untuk bekerja sambil bepergian?

2. Presenter

Menjadi presenter merupakan pekerjaan yang menarik saat seseorang menyajikan acara, kegiatan, atau menjadi pembicara di suatu acara. Di sisi lain, aktor-aktor televisi yang populer di media sangat membutuhkan tenaga kerja dari lulusan Ilmu Komunikasi.

Contohnya aja Banyak presenter TV yang mengambil jurusan ini. Bukan hanya itu saja dengan menjadi Presenter bisa membuat kamu terkenal seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Nuh, dan masih banyak lagi. Jadi apakah kamu tertarik untuk menjadi presenter?

3. Wartawan

Wartawan adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menulis dan melaporkan berita (informasi) mengenai suatu peristiwa. Oleh sebab itu kamu harus mempunya keberanian dan ketertarikan yang kuat untuk menjadi seorang wartawan.

Menjadi seorang jurnalis bukanlah pekerjaan yang mudah, karena membutuhkan keberanian dan dedikasi untuk membawa kabar baik atau buruk kepada banyak orang. Selain itu, menjadi seorang jurnalis memiliki jam kerja yang padat dan sulit untuk menemukan akhir pekan atau hari libur.

Wartawan bertanggung jawab untuk melaporkan berita dari lapangan kepada publik, baik di media cetak maupun online. Seorang wartawan dapat bekerja langsung di lokasi kejadian. Apakah kamu tertarik untuk menjadi wartawan?

4. Public Relation

Humas atau sering disebut Public Relaton bekerja sebagai penghubung antara masyarakat dengan perusahaan besar dan beberapa perusahaan lain. Peran humas adalah membawa perusahaan atau brand ke publik.

Sebagai seorang Public Relaton harus memiliki keberanian untuk berbica secara public, seperti siaran pers, media sosial, atau internet. Selain itu, humas juga memiliki peran penting dalam penyelenggaraan acara yang membutuhkan dukungan sponsor atau media provider.

5. Periklanan

Sekarang, semua produk dan jasa yang perlu diketahui masyarakat dengan cara dipromosikan melalui iklan. Oleh karena itu, prospek karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi memiliki peluang besar untuk menjadi penyiar. Peranan periklanan adalah untuk mendukung promosi dengan cara menciptakan brand suatu produk atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat.

6. Youtuber

Sementara itu, perkembangan dunia internet sangat pesat, termasuk media internet kreatif seperti Youtube. Banyak orang yang sangat ingin menjadi youtuber karena bisa mendapatkan banyak uang dari Google dan penyedia periklanan.

Prospek karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi youtuber dengan kemampuan berbicara dan membuat konten video yang kreatif. Jika kalian ingin menjadi seorang youtuber mungkin menjadi lulusan Ilmu Komunikasi adalah hal yang tepat?

7. Redaktur

Redaktur memiliki pekerjaan sepeti keredaksian yang berada didalam dunia jurnalistik. Secara umum, tugas Redaktur adalah melakukan perubahan pada naskah.

Namun dalam perkembangannya, selain menyunting artikel atau berita atau informasi, redaktur juga memberikan nasehat kepada wartawan ketika meliput. Selain itu, sebelum menjadi seorang redaktur kita akan terlebih dahulu menjadi seorang wartawan yang harus terjun langsung kelapangan.

8. Creative Director

Creative Director adalah pemimpin kreatif yang bertanggung jawab atas pemasaran, penerbitan, periklanan, dan pemasaran situs web. Untuk menjadi Direktur Kreatif, kamu membutuhkan pemikiran dan proses kreatif yang kuat.

Jika kamu adalah seorang yang kreatif dan senang bekerja dalam ruang lingkup ini , mungkin ini menjadi creative director cocok untuk kamu yang lulusan Ilmu Komunikasi ini.

9. Penyiar Radio

Saat ini, radio masih menjadi salah satu alat komunikasi yang masih tersedia dan populer di masyarakat, meskipun teknologi sudah semakin maju. Menjadi Penyiar Radio adalah peluang besar bagi lulusan Ilmu Komunikasi yang berpengalaman dan mahir dalam hal komunikasi.

Penyiar bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan kepada khalayak banyak. Apakah kamu tertarik untuk menjadi penyiar radio?

10. MC (Pembawa Acara)

MC adalah orang yang bertugas membawakan program atau acara. Selain sebagai pekerjaan resmi, ternyata pekerjaan ini juga bisa dilakukan paruh waktu untuk mengisi akhir pekan. Sedikit info aja ya! Ternyata Pembawa Acara poluer di korea, banyak loh lulusan ilmu komunikasi.

11. Analis

Lulusan komunikasi juga bisa menjadi analis profesional untuk kebutuhan pengembangan bisnis yang memerlukan banyak analisis data. Analis bertanggung jawab untuk mengatur, menganalisis, dan memanipulasi data menjadi informasi sehingga data tersebut dapat dipahami dan bermanfaat dalam menyelesaikan masalah tertentu.

12. EO (penyelenggara program)

EO atau Event Organizer sangat membutuhkan public speaking yang baik dan prospek kerja yang baik bagi lulusan ilmu komunikasi adalah seorang EO, terutama di perusahaan besar. EO menangani semua jenis acara mulai dari turnamen, pernikahan, Seminar dan lain-lain. EO berpartisipasi dalam manajemen acara.

13. Copywriting

Tujuan copywriting adalah untuk memasarkan dan mempromosikan suatu produk atau jasa. Untuk kalian yang Lulusan Ilmu komunikasi aku merekomendasikan untuk menjadi seorang copywriter, terutama bagi kamu yang suka menulis. Seorang penulis harus mampu membuat para pembacanya merasa nyaman dan tidak bosan membaca tulisannya hingga akhir.

14. Juru Berbicara

Seorang juru bicara adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menjelaskan situasi. Seorang juru bicara bertanggung jawab untuk menyampaikan pernyataan resmi kepada publik atas nama seseorang atau kelompok. Seorang juru bicara adalah pekerjaan yang sangat menarik, terutama bagi lulusan komunikasi.

15. Dosen

Setiap universitas dengan ilmu komunikasi membutuhkan guru yang nyata. Tak heran jika lulusan ilmu komunikasi bisa menjadi Dosen dengan syarat minimal bergelar magister.

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) telah mengeluarkan daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia dengan jurusan ilmu komunikasi. WUR 2023 merupakan lembaga yang menilai universitas-universitas di seluruh dunia.

Indikator riset THE didasarkan pada lima sektor dengan 13 indikator, di antaranya: Teaching (pengajaran), Research (penelitian), Transfer knowledge (transfer pengetahuan, dan International outlook. Indikator-indikator tersebut digunakan untuk menganalisis lebih dari 430.000 data kunci dari 2.100 istitut pendidikan yang mengirimkan data ke WUR.

Berdasarkan hasil WUR tahun 2023, universitas terbaik untuk ilmu komunikasi adalah Universitas Indonesia (UI) pada posisi pertama, Universitas Airlangga (Unair) pada posisi kedua, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada posisi ketiga.

Sebenarnnya Untuk studi ilmu komunikasi terdapat di banyak perguruan tinggi negeri. Tetapi menurut aku pribadi Jurusan ilmu komunikasi terpopuler antara lain ilmu komunikasi UI, ilmu komunikasi UGM, ilmu komunikasi Undip, dan masih banyak lainnya.

Gaji dan Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Gaji seseorang setelah lulus tergantung pada pengalaman, posisi yang didapat, dan situasi tertentu. Gaji di luar negeri tentu berbeda dengan di Indonesia. Menurut situs Indeed.com, gaji seorang spesialis komunikasi per tahun bisa mencapai $46.915 atau sekitar Rp695 juta (14.800/USD).

Sedangkan, menurut Kumparan.com, gaji lulusan komunikasi, khususnya jurnalis, masih tergolong rendah, yaitu sekitar Rp2,7 juta hingga Rp5 juta. Berikut ini adalah informasi peluang kerja dan prospek bagi lulusan ilmu komunikasi yang perlu kamu ketahui.

Namun, perlu diingat bahwa masih banyak jenis pekerjaan yang sesuai bagi lulusan ilmu komunikasi, terlepas dari jurusan yang diambil. Jika kamu memiliki saran atau komentar, silakan tambahkan informasi kamu di kolom komentar.

Demikian Pembahasan mengenai Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi hari ini. Semoga apa yang aku tulis diatas dapat bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya di sosial media kalian. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020