Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBP UIN Sunan Gunung Djati

Edukasistan.com - Hai guys! Kali ini kita mau bahas tentang Passing Grade SNBP UIN SGD yang super penting buat kalian yang pengen lulus di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, khususnya buat yang mau ambil jurusan Saintek atau Soshum. Sebelumnya aku juga udah kasih Prediksi Nilai Rapor SNBP biar kalian bisa bikin strategi yang lebih oke.

Sekarang aku mau bagi-bagi strategi baru nih tentang Passing Grade SNBP yang bisa bantu kalian bikin strategi yang pas buat masuk ke jurusan impian di kampus yang kalian mau.

Kalo ada yang belum tau, Passing Grade itu persentase atau angka buat ngecek tingkat kesulitan di setiap jurusan. Biasanya bimbel gede pake strategi ini buat hitung tingkat kesulitan di setiap jurusan.

Walaupun ngitung Passing Grade lebih gampang dari pada ngitung Nilai Rata-Rata SNMPTN yang susah, aku ga akan bahas caranya di sini. Aku cuma mau kasih persentase Passing Grade SNBP biar kalian ga usah bingung nyari informasi tentang Passing Grade UIN SGD.

Tentang Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Passing Grade SNBP UIN Sunan Gunung Djati
Passing Grade SNBP UIN Sunan Gunung Djati

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) merupakan perguruan tinggi Islam negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Menurut Wikipedia UIN SGD didirikan pada tanggal 8 April 1968 dan awalnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Gunung Djati.

Pada 10 Oktober 2005, IAIN Sunan Gunung Djati diubah statusnya menjadi universitas dengan nama UIN SGD Bandung Hal ini tercantu dalam PP No 57 tahun 2005. Saat ini, UIN SGD menawarkan program studi di berbagai fakultas, seperti Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Selain itu, UIN SGD juga memiliki program pascasarjana dan berbagai pusat penelitian. UIN SGD memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan dan pengembangan Islam yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan internasional.

Nah, buat kalian yang penasaran tentang UIN Sunan Gunung Djati, aku punya sedikit info nih! Jadi, UIN Sunan Gunung Djati itu adalah salah satu kampus negeri yang ada di Indonesia, tepatnya di Bandung, Jawa Barat. Alamat lengkapnya di Jalan A.H Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru.

Dan kabar baiknya nih, UIN Sunan Gunung Djati baru-baru ini dapet sertifikat "A" dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Bisa di cek lagi kalau nggak percaya! Surat BAN-PT nomor 125/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019 menyatakan bahwa sertifikat tersebut berlaku sampai tahun 2023.

Buat tahun 2023, UIN Sunan Gunung Djati juga mendapat peringkat ke-23 sebagai institusi pendidikan terbaik di Indonesia dan peringkat ke-2561 sebagai institusi pendidikan terbaik di dunia menurut webometrics. Wah, keren banget kan!

Passing Grade SNBP UIN SGD Prodi Saintek dan Soshum

Dari tahun 2023, cara nerima mahasiswa PTN udah pake sistem SNBP, ga pake lagi SNMPTN ya!. Tapi chill aja, sebenarnya ga beda jauh kok. Perbedaannya cuma di pilihan jurusan yang lebih fleksibel di SNBP.

Dengan SNBP, kalian bisa daftar ke dua jurusan yang beda-beda, namanya Lintas Jurusan. Kalo pake SNMPTN, cuma Saintek yang bisa Lintas Jurusan, tapi sekarang semua jurusan bisa lho.

Nah, berikut Passing Grade SNBP buat Prodi Saintek dan Soshum di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Tapi inget ya, karena sekarang udah bisa Lintas Jurusan, maka prediksi dibawah ini akan aku gabungin jadi satu.

Kalo kalian mau tau aturannya lebih detail, bisa baca artikel tentang pemilihan program studi di SNBP dan apa itu SNBP. Oke, berikut Passing Grade SNBP buat Prodi Saintek dan Soshum di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Program Studi Daya Tampung 2023 Data Peminat 2022 Passing Grade
Administrasi Publik 68 718 9,47%
Agroteknologi 27 286 9,44%
Bahasa Dan Sastra Inggris 81 576 14,06%
Biologi 27 377 7,16%
Fisika 14 80 17,50%
Ilmu Hukum 54 597 9,05%
Ilmu Kom. Konst. Humas 54 453 11,92%
Ilmu Kom. Konst. Jurnalistik 54 517 10,44%
Ilmu Politik 36 191 18,85%
Kimia 27 219 12,33%
Manajemen 81 1.634 4,96%
Matematika 27 244 11,07%
Psikologi 60 1.318 4,55%
Sosiologi 68 596 11,41%
Teknik Elektro 27 236 11,44%
Teknik Informatika 41 883 4,64%

Dari data diatas, bisa disimpulin kalo persaingannya buat masuk Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati cukup ketat. Tapi, jangan nyerah ya, kalian cuma bersaing sama beberapa orang aja kok buat masuk jurusan yang kalian pengenin. Semangat terus!

Misalnya nih, di jurusan Ilmu Politik di UIN SGD cuma ada kuota untuk 36 orang aja, tapi peminatnya ada 191 orang loh! Tapi tenang aja, peluang diterima masih 18,85% gitu, itu udah lumayan bagus banget!

Kalau di bandingin sama masukin ke Univeritas Gadjah Mada atau Universitas Indonesia yang peluangnya kurang dari 5%, jelas beda banget ya. Perlu kalian tau! Makin kecil persentase yang kau berikan, makin susah masuknya ke jurusan yang kamu mau.

Tapi gak usah khawatir, berdasarkan data Passing Grade Prodi Saintek dan Soshum di UIN SGD secara keseluruhan sekitar 10,52%. Tapi kamu perlu tau, data ini cuma berlaku untuk tahun ini ya, dan bisa berubah setiap tahun.

Oleh sebab itu, jangan cuman bergantung sama data ini aja buat menentukan jurusan yang kamu mau. Tapi gunakan Prediksi Nilai SNBP yang pernah aku kasih sebagai bahan perbandingan. Jadi kamu bisa memakai kedua data ini buat bikin strategi yang bagus buat menentukan jurusan impian kamu.

Sekian pembahasan kita hari ini, Mudah-mudahan info tentang Passing Grade SNBP UIN SGD yang aku kasih bisa bermanfaat buat kamu merancang strategi buat lulus. Kalo masih ada yang kurang jelas, tanya aja ya! Makasih banget udah baca sampe habis!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020