Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Info Lengkap dan Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Edukasistan.com - Pernahkah Kamu membaca pernyataan yang mengklaim bahwa "jika masuk jurusan Filsafat, seseorang bisa menjadi kafir?" Barangkali ada aja diantara kalian yang berfikir bila masuk ke jurusan Filsafat tidak mempunyai peluang yang bagus dan bisa membuat seseorang jadi ateis.

Menurut aku, pemikiran seperti itu tidaklah benar. Kenapa? jika Kamu memahami lebih dalam tentang jurusan ini, Kamu akan menemukan banyak pengetahuan yang dapat Kamu peroleh lho.

Stereotipe yang muncul dan melekat pada mahasiswa jurusan Filsafat, seperti sulit mendapatkan pekerjaan, rentan menjadi ateis, dan stereotipe lainnya, sering kali didapatkan dari keterbatasan informasi yang dimiliki seseorang tentang topik tersebut (Madon, 2006).

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahpahaman tentang jurusan Filsafat, alangkah baiknya Kamu mencari informasi yang benar.

Pengertian Tentang Jurusan Filsafat

Prospek Kerja Jurusan Filsafat
Info Lengkap dan Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Kamu pasti pernah mendengar nama-nama seperti Aristoteles, Plato, Socrates, atau filsuf-filsuf besar lainnya. Sejak abad ke-6 SM, filsuf awal, Thales, dikenal sebagai seorang insinyur. Filsuf lain seperti Plato dan Aristoteles, berperan penting dalam penemuan dan kemajuan berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, biologi, ilmu hewan, etika, hingga astronomi.

Alasan itulah kenapa ilmu filsafat bisa disebut sebagai "ibu dari semua ilmu pengetahuan." Berasal dari bahasa Yunani (philo-sophia) yang berarti "cinta akan kebijaksanaan," filsafat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir bijaksana.

Dengan mempelajari filsafat, Kamu akan dilatih untuk memaksimalkan logika dan perspektif Kamu. Berasumsi dengan cara mendalam serta sistematis dalam menanggapi sesuatu permasalahan ataupun persoalan merupakan perihal yang wajib dipunyai oleh mahasiswa Filsafat.

Sebenarnnya apa sih yang dipelajari di jurusan Filsafat?"

Jurusan Filsafat yakni suatu jurusan yang senang menekuni berbagai pemikiran kehidupan serta pandangan orang, misalnya aja mulai dari adat, social, agama, dan lainnya.

Dalam mempelajari berbagai aspek ini, Kamu akan dituntut untuk berpikir kritis dan logis dengan mempertimbangkan fakta dan data yang ditemukan. Oleh karena itu, jurusan ini akan mempertajam kemampuan Kamu dalam menganalisis dan mengkritisi informasi, serta menyampaikan pendapat dengan tepat.

Mata Kuliah Jurusan Filsafat

Sebagai "ibu dari semua ilmu pengetahuan," di jurusan Filsafat Kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang berkembang di dunia, baik itu ilmu alam maupun ilmu sosial. Kamu akan menemukan banyak mata kuliah yang bervariasi dan pastinya menarik untuk Kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Di semester awal, Kamu akan dihadapkan dengan mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Filsafat, Sejarah Filsafat, dan Logika. Benar, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, Kamu akan dibekali dengan dasar berpikir logis untuk memahami berbagai fenomena dan konsep.

Diskusi tentang eksistensi diri, peristiwa yang terjadi di sekitar, hingga analisis mengenai rasa rindu, bisa Kamu temui di kelas kuliah. Tak ketinggalan, pembahasan mengenai hak-hak dasar manusia dan hewan juga akan menjadi topik pembicaraan.

Kamu juga akan mendapatkan penjelasan dasar dari berbagai disiplin ilmu lain, seperti ekonomi, hukum, seni, politik, sastra, hingga psikologi. Pembicaraan tentang multikulturalisme dan pluralisme juga menjadi mata kuliah wajib yang perlu Kamu ikuti.

Agar kamu mendapatkan gambarannya, mari kita lihat apa saja mata kuliah dijurusan Filsafat. Contoh ini aku ambil di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada ya dari semester 1 hingga 7, sebagai berikut.

Dunia Perkuliahan Jurusan Filsafat

Selain mempelajari filsafat, Kamu juga akan banyak melakukan penelitian selama menempuh pendidikan di jurusan Filsafat. Isu-isu sosial yang sedang ramai diperbincangkan juga akan diulas dan dijadikan materi analisis.

"Contohnya seperti apa?"

Sebagai catatan, didapatkan dari situs web Fakultas Filsafat UGM, 3 mahasiswa mereka mempelajari akun media sosial Instagram, Lambe Turah, dengan menggunakan filsafat komunikasi. Bahkan, hasil dari penelitian tersebut sudah pernah di presentasikan pada konferensi nasional yang pernah diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

" Sempat terdapat durasi kala aku menganalisa gaya bahasa agresif seseorang influencer di masa milenial dengan sasaran pasar angkatan Z," tutur WITA, mahasiswa jurusan Filsafat UI." Riset itu dicoba buat kewajiban mata kuliah Filsafat Adat."

" Kala di kategori Filsafat, aku diberi kewajiban buat menerangkan apa itu rindu. Sementara di kelas Etika Terapan, ada topik tentang eutanasia atau suntik mati. Pembahasan itu sangat menarik, karena mahasiswa diminta untuk merasakan kasus, di mana ada seorang pasien yang memiliki hak untuk mati," ungkapnya.

Melakukan tugas atau penelitian seperti ini membutuhkan pemikiran kritis dan logis, kemampuan menulis yang baik, serta merasakan permasalahan berdasarkan fakta dan data. Kemampuan-kemampuan yang dipelajari tersebut merupakan kelebihan dari mahasiswa jurusan Filsafat. Tentu saja, ilmu dan pengetahuan yang didapat tidak sia-sia. Jadi, mulailah sekarang untuk menghilangkan stigma tersebut.

Peluang Pekerjaan Jurusan Filsafat

Apakah kamu Masih ragu untuk masuk kejurusan Filsafat dikarenakan khawatir jika dimasa depan akan sulit mendapatkan pekerjaan? Untuk menghapus kebingungan Kamu, Kamu perlu mengetahui informasi penting ini. Pada tahun 1986, diartikel yang pernah diterbitkan New York Times menginformasikan bahwa seseorang dari lulusan Filsafat akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Kemampuan mereka diperlukan untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) agar semakin sempurna. Seiring dengan perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin bahwa peluang pekerjaan untuk lulusan Filsafat akan semakin besar juga.

Mempunyai uraian filosofis dari hampir seluruh disiplin ilmu membagikan independensi untuk para alumnus jurusan Filsafat di dunia kerja. Berbagai aspek profesi, semacam hukum, pendidikan, media, serta aspek yang lain, terbuka buat mahasiswa Filsafat.

" Di jurusan Filsafat, kita dilatih buat berargumentasi, Hal itu dapat jadi bekal buat kita, mempunyai daya berdiskusi di depan umum yang bagus," tutup WITA. 

Gelar Jurusan Filsafat => Setelah menyelesaikan pendidikan dan lulus dari jurusan Filsafat, Kamu akan mendapatkan gelar S.Fil. (Sarjana Filsafat).

Kampus dengan Jurusan Filsafat Terbaik

Di Indonesia itu sendiri, paling tidak sudah terdapat lebih dari 70 institusi pendidikan besar ttelah mempunyai jurusan Filsafat buat tingkatan S1. Adapun kampus dengan jurusan Filsafat terbaik ialan sebagai berikut:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Kristen Parahyangan
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
  • Universitas Sanata Dharma

Penting untuk diingat, belajar di jurusan Filsafat bukanlah sulit jika Kamu menikmati metode pembelajarannya. Kamu yang tertarik untuk masuk jurusan ini, mulailah belajar bersama ruangbelajar dengan ribuan video pembahasan materi yang animatif dan interaktif.

Jangan lupa untuk mempertajam kemampuan Kamu dengan mengerjakan soal-soal latihan yang lebih mendalam, serta menjelajahi kelas online atau offline yang membantu Kamu lebih memahami modul yang diajarkan.

Dengan semangat belajar yang tinggi dan keinginan untuk memperdalam pemahaman tentang berbagai fenomena dan konsep kehidupan, Kamu akan menjadikan pengalaman belajar di jurusan Filsafat sebagai sesuatu yang sangat berharga. Semoga informasi ini dapat membantu Kamu dalam memilih jurusan Filsafat sebagai pilihan pendidikan yang tepat. Selamat belajar dan sukses!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020