Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Apa Itu Ekonomi? Pelajari Pengertian dan Konsep Dasarnya

Edukasistan.com - Hello guys! ayo kita ngobrol santai sejenak tentang si "E" besar, yap benar Ekonomi! Tidak perlu mengerutkan dahi, kok. Aku janji akan coba bungkus topik ini dengan bumbu humor dan gaya penulisan yang friendly.

Bagi sebagian besar dari kita, kata "ekonomi" mungkin terdengar serius dan rumit. Tapi, jika kita mengenalnya lebih dekat, ekonomi ini sebenarnya kerabat dekat kita yang selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mari kita buka-bukaan tentang si Ekonomi.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa sih ekonomi itu? Atau, bagaimana cara kerjanya dan dampaknya pada kita? Jangan khawatir, artikel ini akan membahasnya dari A sampai Z, dengan gaya yang mudah dipahami dan tentunya asyik untuk dibaca.

"Ekonomi," katanya sambil berpose ala model, "adalah ilmu sosial yang khususnya mempelajari bagaimana manusia, seperti kamu dan aku, mengatur sumber daya yang terbatas untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan kita yang tak terbatas." Wow, keren ya!

Lalu, bagaimana ekonomi ini mempengaruhi kita? Eits, jangan buru-buru. Sebelum menjawab itu, mari kita belajar tentang beberapa konsep dasar dalam ekonomi.

Pengertian Ekonomi

Pengertian dan Konsep Dasar Ekonomi
Pengertian dan Konsep Dasar Ekonomi

Jadi, apa itu ekonomi? Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mengkaji bagaimana kita sebagai manusia mengoptimalkan sumber daya yang terbatas ini agar dapat menghasilkan barang dan jasa demi memenuhi kebutuhan manusia.

Di dalamnya, kita belajar bagaimana mengenai individu, perusahaan, serta pemerintah dalam mengelola sumber daya yang ada seperti mengatur bagaimana pola kerja di pasar, dan membuat keputusan yang berdampak pada distribusi sumber daya.

Ekonomi memiliki ruang lingkup yang beragam mulai dari harga dan produksi, kebijakan ekonomi, hingga perdagangan internasional. Intinyadidalamnya nanti, kita akan belajar bagaimana seorang individu, perusahaan, dan pemerintah membuat kebijakan tentang menggunakan sumber daya yang terbatas.

Cabang-cabang ilmu Ekonomi

  • Ekonomi Makro yaitu Menganalisis berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi disuatu negara secara keseluruhan.
  • Ekonomi Mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang berfokus pada tindakan individu dan perusahaan dalam menghadapi keputusan ekonomi dengan ruang lingkup yang lebih kecil dari ekonomimakro.
  • Ekonomi Internasional yaitu cabang ilmu ekonomi yang Menganalisis hubungan ekonomi antara negara-negara.
  • Ekonomi Pembangunan yaitu yang Berkaitan dengan proses pertumbuhan ekonomi. Khususnya dalam peningkatan kesejahteraan di negara berkembang.

Konsep Dasar Ekonomi

Ada beberapa konsep dasar yang wajib banget untuk kalian pahami dalam mempelajari ekonomi. Berikut ini beberapa konsep utama yang akan kita bahas:

1. Sumber Daya

Yes bener bangt, Sumber daya ialah elemen dasar dalam ekonomi. Setidaknya ada 4 jenis sumber daya utama, yaitu tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Lalu apa sebenarnya fungsi dari ke-4 elemen tersebt? yang pertama Tanah yaitu meliputi semua sumber daya alam yang bisa kalian gunakan dalam tahap produksi.

Tenaga kerja yaitu upaya fisik dan mental yang dapat dilakukan manusia atau robot dalam memproduksi barang dan jasa. Modal yaitu merujuk pada nilai aset fisik contohnya gedung, mesin, dan peralatan yang sering digunakan dalam produksi. Kewirausahaan yaitu melibatkan pengelolaan dan organisasi sumber daya lainnya untuk menciptakan nilai.

2. Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan itu sendiri ialah jumlah barang serta jasa yang diinginkan oleh pembeli, sedangkan sebaliknya Penawaran ialah jumlah barang dan jasa yang tersedia di pasar. FYI aja ya! dalam menentukan Harga barang dan jasa disebabkan oleh interaksi antara permintaan dan penawaran.

Pasti kalian sudah tidak asing lagikan? dengan hukum permintaan dan penawaran! Ketika penawaran melebihi permintaan, harga yang ditentukan cenderung turun, sedangkan sebaliknya jika permintaan melebihi penawaran, harga cenderung akan naik.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Apa itu pertumbuhan ekonomi? Pertumbuhan ekonomi selalu mengacu pada meningkatnya jumlah barang serta jasa yang akan diproduksi dalam suatu negara selama periode waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi ini sering banget diukur dengan menggunakan PDB (Produk Domestik Bruto), yaitu seluruh nilai total semua barang dan jasa yang dapat dihasilkan dalam suatu negara.

4. Inflasi dan Deflasi

Inflasi merupakan peningkatan yang umum terjadi diharga barang dan jasa dari waktu ke waktu. Dengan demikian Inflasi dapat mengurangi daya beli. Di sisi lain, Deflasi merupakan penurunan dalam harga barang dan jasa. Sedikit info aja ya! bahwa Inflasi dan deflasi memiliki dampak yang sangat besar pada ekonomi dan kehidupan sehari-hari, seperti pada tahun 1998 pernah terjadi inflasi dan menyebabkan krisis moneter.

Bagaimana Ekonomi Memengaruhi Kehidupan Kita?

Ekonomi memiliki dampak yang kuat pada kehidupan sehari-hari kita. Berikut adalah beberapa cara di mana ekonomi memengaruhi kita:

1. Pekerjaan dan Penghasilan

Ekonomi menentukan ketersediaan pekerjaan dan tingkat penghasilan. Ketika ekonomi sedang tumbuh, kesempatan kerja cenderung meningkat, dan penghasilan juga cenderung meningkat. Sebaliknya, dalam situasi ekonomi yang lesu, lapangan kerja menjadi sulit ditemukan, dan penghasilan mungkin stagnan atau bahkan menurun.

2. Harga Barang dan Jasa

Ekonomi mempengaruhi harga barang dan jasa. Ketika inflasi tinggi, harga barang dan jasa cenderung naik, yang berarti kita harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli hal-hal yang sama. Ini juga dapat mempengaruhi daya beli kita.

3. Investasi dan Tabungan

Ekonomi memainkan peran penting dalam keputusan untuk berinvestasi dan menabung. Contohnya ketika uang kita mengalami pertumbuhan, orang cenderung lebih mungkin untuk berinvestasi dalam saham, obligasi, atau properti. Di sisi lain, jika terjadi situasi ekonomi yang tidak stabil, orang mungkin lebih condong untuk menyimpan uang mereka sendiri di bank atau bentuk investasi yang jauh lebih aman.

4. Kebijakan Pemerintah

Nah sedangkan untuk Pemerintah, mereka menggunakan ilmu ekonomi agar dapat membuat suatu kebijakan ekonomi untuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas. Mereka bisa aja menggunakan instrumen seperti kebijakan moneter dan Kebijakan fiskal agar dapat mengatur suku bunga, pajak, dan pengeluaran publik dengan kebijakan tersebut mempengaruhi ekonomi secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah dijelaskan, dapat disimpulan bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu yang sangat relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak? Ilmu Ekonomi meliputi studi mengenai bagaimana kita sevagai manusia dapat mengelola sumber daya yang terbatas ini, agar dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka sendiri.

Seperti halnya konsep dasar ekonomi yang meliputi sumber daya, permintaan dan penawaran, pertumbuhan ekonomi, serta deflasi dan inflasi, yang memiliki dampak signifikan pada kehidupan kita.

Dengan kita memahami konsep Ekonomi, kita dapat memiliki strategi untuk mengasi masalah pekerjaan, penghasilan, harga barang serta jasa, investasi, tabungan, dan kebijakan pemerintah.

Dengan pemahaman yang lebih baik tersebut, tentunya kita dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dan lebih siap menghadapi perubahan dan tantangan dalam lingkungan ekonomi. Sekian pembahasan mengenai Pengertian dan Konsep Dasar Ekonomi, semoga bermanfaat dan see u next time

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020