Tipe-Tipe Kepribadian Seseorang Dalam Tes MBTI

Edukasistan.com - Tipe kepribadian adalah sistem yang digunakan untuk mengategorikan seseorang dalam hal berpikir dan bertindak dengan cara tertentu. Kepribadian seseorang dikatogerikan menjadi 16 macam Tipe Kepribadi yang kemudian dikembangkan untuk menciptakan kerangka tipe kepribadian yang lebih lengkap. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel dibawah ini.
16 Tipe-Tipe Kepribadian Seseorang Dalam Tes MBTI
Tipe Kepribadian Tes MBTI 1.1

16 Tipe-Tipe Kepribadian Seseorang Dalam Tes MBTI
1. ENFJ (Extraversion-Intuition-Feeling-Judgement)
Tipe kepribadian ENFJ adalah tipe orang yang suka memberi dan mengajar. Orang dengan tipe kepribadian ENFJ merupakan orang yang terbuka, menggunakan intuisi,perasaan, dan mampu membuat suatu keputusan sejak awal. seseorang dengan kepribadian ENFJ sangat loyal dan mampu meberikan saran serta memotivasi orang lain sehingga dapat menghadirkan kepemimpinan yang pandai diplomasi,inspiratif serta penuh semangat. Orang dengan tipe kepribadian ENFJ cocok jika dipasangkan dengan tipe kepribadian INTP atau ISTP.

2. ENFP (Extravertion-Intuition-Feeling-Perception)
Tipe Kepribadian ENFP adalah tipe orang yang dapat menjadi sang juara atau inspiration. Orang dengan tipe kepribadian ENFP adalah orang yang terbuka, penyanyang serta suka menunda dalam mengambil sebuah keputusan. Orang dengan kepribadian ini sangat pandai berdiplomasi, kreatif serta mampu memberikan apresiasi pada orang lain. Tipe Kepribadian ENFP cocok dalam profesi konsultan.psikolog, pemain film, guru, pakar ilmupengetahuan, seniman, programmer, jurnalis atau pengusaha. Orang dengan Tipe ENFP cocok dipasangkan dengan Tipe kepribadian INTJ atau INFJ.

3. ENTJ (Extraversion-Intuition-Thingking-Judging)
Tipe Kepribadian ENTJ adalah tipe orang yang dapat menjadi pelaksana atau petinggi dalam suatu perusahaan. karena tipe kepribadian ini mempunyai rasa terbuka, imajinatif, dan selalu menggunakan logika serta mampu membuat keputusan sejak awal. Orang dengan kepribadian ini mampu menggunakan strategi dalam melakukan suatu tugas karena tipe kepribadian ENTJ menyukai hal yang bersifat teknik,teori dan konseptual. Tipe Kepribadian ENTJ cocok sebagai profesi pengusaha, profesor,staf pelaksana, atau hakim. agar tipe kepribadian ini berkembang lebih baik harus dapat mengungkapkan perasaan,relaks, mampu mengelola emosi, dan tidak arogan. Orang dengan kepribadian ENTJ cocok dipasangkan dengan Tipe kepribadian INTP ataupun ISTP.

4. ENTP (Extraversion-Intuition-Thingking-Perception)
Tipe kepribadian ENTP adalah tpe seseorang penemu dan visioner. Orang dengan kepribadian ini sangat rasional,kreatif,fleksibel,menyukai pembuatan ide, namun tidak suka dibatasi dengan waktu serta rutinitas yang padat. Tipe dengan kepribadian ENTP dalam hal profesi cocok sebagai pembisnis, fotografer, ahli keilmuan, pemain film, atau staf pemasaran. Agar tipe ini berkembang lebih baik maka harus lebih disiplin,menghindari pertikaian, menggunakan perasaan, serta jangan mengambil resiko yang realistis. Orang dengan kepribadian ENTP cocok dipasangkan dengan Tipe kepribadian INFJ dan INTJ.

5. ISFJ (Introversion-Sensing-Feeling-Judging)
Tipe kepribadian ISFJ adalah tipe yang pelindung dan pengasuh. Tipe kepribadian ini termasuk orang yang pendiam, menyukai hal yang konkret, perasa, dan mampu membuat keputusan sejak awal. Orang dengan kepribadian ini merupakan seseorang yang pekerja keras, dapat diandalkan, stabil, praktis, menyukai peraturan, dan berorientasi dalam melayani seseorang. Tipe kepribadian ini cocok sebagai desainer, perawat,pengasuh anak, penasehat atauun pekerja sosial. Agar Tipe Kepribadian ini berkembang lebih baik maka yang harus dilakukan adalah harus bersemangat, jangan plin-plan, dan mencoba hal-hal baru. Tipe Kepribadian ini cocok dipasangkan dengan tipe ESTP ataupun ESFP.

Lihat Juga : Pasangan Preferensi Tes MBTI

6. ISFP (Introversion-Sensing-Feeling-Perception)
Tipe kepribadian ISFP adalah tipe kepribadian seniman atau pengarang. Orang yang memiliki tipe ini termasuk orang yang pendiam, menyukai hal konkret, Perasa, dan suka menunda dalam mengambil keputusan. Orang yang memiliki kepribadian ISFP memiliki kesadaran mendalam terhadap lingkungan sekitar, tenang, setia, loyal, menyikapi sesuatu hal dengan serius, dan menyukai kebebasan. tipe kepribadian ini cocok dalam profesi desainer, seniman, pekerja sosial, pemerhati anak, atau dokter hewan. Bila ingin berkembang lebih baik tipe ini harus memiliki sifat yang terbuka, mampu mengekpresikan perasaan dan memikirkan masa depan. Tipe Kepribadian ISFP sangat cocok jika disandingkan dengan Tipe Kepribadian ESFJ ataupun ENFJ.

7.  ISTJ (Introversion-Sensing-Thingking-Judging)
Tipe kepribadian ISTJ adalh tipe orang yang pekerja keras, tertutup, menyukai hal konkret, menggunakan logika, dan dapat mengambil keutusan sejak awal secara objective. Orang dengan kepribadian ini lebih suka bekerja sendiri, sangat stabil, praktis, dapat diandalkan dalam mengerjaka tugas, realistis, jeli dan terstruktur. Tipe ini cocok sebagai polisi, dokter, hakim, esekutif bisnis, akuntan serta pegawai keuangan. Tipe ini cocok disandingankan dengan tipe kepribadian ESFP ataupun ESTP

8. ISTP (Introversion-Sensing-Thingking-Perception)
Tipe kepribadian ISTP adalah tipe kepribadian yang pendiam, tertutup , menggunakan logika serta suka menunda dalam mengambil keputusan. Orang dengan kepribadian ini cocok dengan pekerjaan perajin, mekanik, polisi insinyur, pilot atau progammer. Tipe ini cocok disandingkan dengan Tipe kepribadian ESTJ atau ENTJ

9. ESFJ ( Extraversion-Sensing-Feeling-Judging)
Tipe kepribadian ESFJ adalah tipe kepribadian yang terbuka, menyukai hal yang konkret, menggunakan perasa serta mampu mebuat keputusan sejak awal. Orang dengan kepribadian ini memiliki kehidupan yang teroganisir, loyal, sangat kooperatif, praktis, serta mampu bekerja dengan baik. Tipe kepribadian ini sangat cocok dengan pekerjaan sebagai akuntan, perawat, pengajar, pengasuh, atau asisten administratif. Tipe kepribadian ini sangat cocok jika disandingkan dengan Tipe Kepribadian ISFP atau INFP.

Lihat Juga : Latihan Tes MBTI beserta Tips menjawabnya

10. ESFP (Extraversion-Sensing-Feeling-Perception)
Tipe kepribadian ESFP adalah tipe kepribadian yang menyukai hal yang konkret, terbuka, dan suka menunda dalam mengambil keputusan. Tipe ini sangat menyukai hal yang baru, praktis, realistis, spontan namun tidak menyukai hal yang berbau teori.  Tipe ini cocok dengan pekerjaan pemain film, fotografer, desainer, atau pekerja sosial. Tipe kepribadian ini cocok disandingkan dengan tipe kepribadian ISTJ dan ISFJ.

11. ESTJ (Extraversion-Sensing-Thingking-Judging)
Tipe kepribadian ini adalah tupe yang terbuka akan suatu hal, pemikir serta menilai orang secara objective. Orang dengan kepribadian ini merupakan orang yang praktis, realistis, pekerja keras, teliti, jujur, serta bertanggung jawab aka sesuatu hal yang dikerjakan. Tipe cocok berprofesi sebagai polisi, hakim, pengajar, dan manajer dalam suatu perusahaan. Agar tipe ini berkembang lebih baik maka yang harus dilakukan adalah menghargai orang lain, sabar, serta mampu mengontrol emosi dan bisa introspeksi diri sendiri. Tipe kepribadian ini cocok disandingkan dengan Tipe ISTP dan INTP.

12. ESTP (Extraversion-Sensing-Thingking-Perception)
Tipe kepribadian ESTP adalah tipe kepribadian yang terbuka, menggunakan logika, serta suka menunda dalam mengambil keputusan. Orang dengan tipe ini sangat mudah dalam beradaptasi dilingkungan, fleksibel, banyak akal, energik,dan simple. Tipe kepribadian ini cocok berprofesi sebagai tenaga pemasaran, promotor, polisi, teknisi ataupun pengusaha. 
Tipe kepribadian ini cocok disandingkan dengan tipe kepribadian ISFJ atau ISTJ.

13. INFJ (Introversion-Intuition-Feeling-Judging)
Tipe kepribadian INFJ adalah tipe orang yang pendiam, tertutup, menyukai hal abstrak serta dapat mengambil kepurusan dengan cepat. Orang bertipe ini berorientasi dengan masa depan, memiliki banyak ide, kreatif, idealis, prefeksionis, realistis, sensitif, dan selalu bersemangat. Tipe kepribadian ini cocok berprofesi sebagai pengajar, fotografer, doktor, psikologi, pekerja sosial atau dokter. Tipe kepribadian INFJ cocok disandingkan dengan Tipe kepribadian ENTP dan ENFP.

14. INFP (Introversion-Intuition-Feeling-Perception)
Tipe kepribadian INFP adalah tipe yang pendiam,tertutup, menyukai hal abstrak, dan suka menunda dalam mengambil keputusan. Tipe kepribadian INFP cocok berprofesi sebagai pengajar dan penulus. agar tipe ini berkembang lebih baik maka yang harus dilakukan adalah harus mampu menerima kritikan, bersikap tegas, dan lebih menghargai diri sendiri. Tipe ini cocok disandingkan dengan tipe kepribadian ENFJ atau ESFJ.

15. INTJ (Introversion-Intuition-Thinking-Judging)
Tipe Kepribadian INTJ adalah tipe kepribadian yang tertutup, selalu menggunakan logika dalam berfikir dan mampu mengambil keputusan sejak awal. Orang dengan kepribadian ini mampu memahami teori dengan baik serta mampu meyusun strategi yang baik dan cenderung bekerja secara mandiri. Tipe ini sangat cocok berprofesi hakim, pengajar, programer, manajer dan insinyur. Agar tipe ini berkembang lebih baik maka yang harus dilakukan adalah mengepresikan perasaannya, lebih terbuka dengan lingkungan, dan belajar menggunakan perasaannya. Orang dengan tipe ini sangat cocok disandingkan dengan tipe kepribadian ENFP atau ENTP.

16. INTP (Introversion-Intuition-Thinking-Perception)
Tipe kepribadian INTP adalah tipe yang tertutup dalam segala hal, menyukai hal abstrak, menggunakan logika dalam berfikir, serta suka menunda dalam mengambil keputusan. Orang yang bertipe ini biasanya orang yang kreatif, meletakan pengetahuan diatas segalanya, suka menganalisis suatu hal dan bekerja denagn baik secara mandiri. Orang yang bertipe ini sangat cocok berprofesi penulis,penyidik, profesor, dan programmer. Agar tipe ini berkembang lebih baik maka yang harus dilakukan adalah harus pandai besosialisasi dengan aik, relaks, dan fokus pada ide yang ingin diwujudkan. Tipe Kepribadian INTP sangat cocok bila disandingkan dengan Tipe kepribadian ENTJ atau ESTJ

0 Response to "Tipe-Tipe Kepribadian Seseorang Dalam Tes MBTI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel