Apa itu Tes Baum ?

Edukasistan.com - Tes baum merupakan tes yang diciptakan oleh Emil Jucker dan dikembangkan oleh Charles Koch. Lalu apa itu Tes Baum ? Tes Baum adalah tes yang dilakukan orang-orang pada saat menjalankan Tes Psikotets yang dilakukan untuk menggambarkan pohon ddan tujuannya untuk mendeskripsikan diri kamu.


Tes Baum

Hal yang harus diperhatikan dalam Tes Baum adalah tidak boleh menggambarkan tumbuhan yang berbentuk perdu, cemara, pinus, kelapa, bambu, beringin, pisang, randu, dan rumput-rumputan.

Pada saat Tes Baum kamu harus menggambarkan pohon atau tumbuh-tumbuhan dikotil yang berkayu dan Apabila kamu sudah selesai menggambar pohon jangan lupa untuk menuliskan nama pohon yang kamu gambar

Tujuan Gambar Pohon pada Tes Baum
Tujuannya adalah untuk minginterpretasikan diri anda. ada macam-macam cara penilaian dari Tes Baum. Mulai dari mahkota, Cabang, Batang, Akar dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

1. Gambar Mahkota {Daun, Bunga, Buah}
Jika kamu menggambar Mahkota itu menunjukan bahwa diri kamu memiliki Cita-Cita, Etika, Kebahagian, Kontak Sosial, Kebanggan diri, dan hubungan timbal balik kamu dengan lingkungan luar.

Lihat Juga : Tes Kepribadian MBTI

Gambar pohon dengan banyak daunnya menunjukan bahwa diri kamu mampu mengintropeksi diri, memiiki pemikiran yang mendalam dan bisa melihat sebuah masalah. Gambar pohon tanpa daun menunjukan bahwa diri kamu tidak ingin membuang waktu dan ingin bertindak secara cepat. Gambar Bunga menandakan bahwa diri kamu seorang yang selalu bahagia, Gambar pohon yang ada buahnya menandakan diri kamu akan bahagian dengan jeripayah atau usaha yang telah kamu kerjakan.

2. Gambar Cabang atau Dahan
Gambar cabang atau dahan menandakan bahwa anda mampu dalam berorganisasi dan cara kamu untuk memperoleh kepuasan dalam lingkungan yang kamu tepati. Jika kamu menggambar Cabang atau dahan pohon maka menandakan bahwa kamu memiliki sifat yang realistis dan cenderung menggunakan otak kiri, Tetapi Jika kamu tidak menggambarkan Cabang atau Dahan pohon maka kamu mempunyai sifat yang intuitif dan cenderung menggunakan otak kanan. 

3. Gambar Batang Pohon
Jika kamu menggambar Batang Pohon  menandakan bahwa kamu mampu menyalurkan perasaan dan motivasi pada diri sendiri. Gambar pohon yang lebar menjelaskan bahwa kamu mempunyai kekuatan emosional. Jika menggambar Batang pohon yang ramping menandakan bahwa kamu memiliki sifat yang fleksibel dan keterbukaan pada lingkungan.

4. Gambar Akar
Keberadaan Akar adalah untuk menjelaskan sejarah dan tradisi yang diwariskan dan tujuannya adalah untuk memahami diri sendiri dan menjadikan diri sendiri untuk berkembang menjadi lebih baik. Sedangkan gambar pohon yang tidak memiliki akar menandakan diri kamu memikirkan masa depan, dan menjadikan hal baru untuk memahami diri sendiri

5. Letak Pohon Pada Kertas
Jika kamu menggambar pohon di bagian tengah menunjukan bahawa kamu siap menghadapi apapun hal yang terjadi. Jika kamu menggambar Pohon dibawah menunjukan bahwa kamu memerlukan riset untuk meyakinkan diri sendiri dalam mengambil keputusan. dan jika kamu menggambar pohon di bagian atas menunjukan bahwa kamu orang yang pasrah terhadap sesuatu yang terjadi dan menjadikan hal itu sebagai pengalaman kamu.

Lihat Juga : Latihan Soal dan Tips Mengahadapi Tes MBTI

6. Gambar Arah Pohon
Bila kamu menggambar arah pohon ke arah kiri menunjukan kamu mempunyai sifat yang introvert dan konservatif. dan Jika kamu menggambarkan Arah Pohon kearah kanan menunjukan bahwa kamu mempunyai sifat yang ekstrovert, menyukai tindakan, dan mampu mengungkapkan yang ada dipikiran.

7. Gambar lain disekitar Pohon
Gambar lain disekitar pohon seperti menggambar rumput yang menunjukan orang lain merasa nyaman terhadap kamu dan betah berada disamping kamu. Jika disamping pohon kamu menggambar hewan menandakan bahwa kamu menyayangi keluarga kamu. dan Jika pohon tersebut ada taman bermain menandakan bahwa kamu akan selalu bahagia jika memiliki waktu untuk senang-senang

8.  Ukuran Pohon
Gambar pohon dengan ukuran Besar menunjukan bahwa kamu mempunyai sifat yang percaya diri tinggi dan ambisius, sedang kan Jika kamu menggambar pohon dengan ukuran kecil menunjukan bahwa kamu orang yang tidak percaya diri dan penuh hati-hati dalam mengambil tindakan.

9. Gambar Ketinggian Pohon
Gambar ketinggian pohon yang kamu buat menggambarkan hasrat kamu untuk berprestasi, kemampuan dalam mengelola keuangan, dan mampun untuk melakukan semua pekerjaan.

10. Goresan Gambar
Goresan Gambar yang kuat menunjukan bahwa diri kamu seseorang yang agresif. Untuk Goresan Gambar yang lembut menunjukan bahwa diri kamu seseorang yang memiliki sifat yang halus,lembut,tenang dan tertutup. Sedangkan Jika Goresan Gambar kamu berulang-ulang menandakan bahwa kamu memiliki sifat yang ragu-ragu dan penuh rasa cemas.

Pelaksanaan Tes Baum
Pelaksanaan tes Baum dapat secara individual maupun klasikal. Dalam menggambar pohon pada tes Baum biasanya menggunakan pensil tipe medium soft {Pensil HB}. dan dilakukan pada kertas kosong A4 dengan posisi potrait {Tegak}. Tes Baum dapat dilaksanakan guna memeriksa klinis maupun nonklinis. Jika Tes Baum digunakan untuk pemeriksanan klinis maka tes baum tidak batas waktu dan boleh menggunakan penghapus. Akan Tetapi Jika digunakan untuk nonklinis Biasanya Tes Baum dilaksanakan dengan batas waktu {土10 menit} dan tidak boleh menggunakan penghapus.

Lihat Juga : Bimbel Gratis PKN STAN

Nah seperti itu Gambar Pohon dari Tes Baum, Jadi jangan menggambar asal-asalan ya karena itu mempengaruhi nilai dari diri kalian. Sekian artikel kali ini Jika ini bermanfaat tolong dishare ya dan Terima kasih sudah membaca.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Tes Baum ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel