Cara Mengerjakan Tes Draw A Person {DAP}

Edukasistan.com - DAP atau Draw a Person bentuk psikotest gambar yang digunakan untuk perekrutan Pegawai Swasta, Pegawai Pemerintah, dan lembaga lainnya. Tes DAP dapat dilakukan secara kelompok {klasikal} atau individual.


Tes Draw A Person (DAP)

Pada umumnya Tes DAP dilakukan secara individual, peserta tes diminta untuk menggambarkan tiga orang pada tiga lembar terpisah, yaitu gambar laki-laki, gambar perempuan dan gambar peserta tes itu sendiri. Akan tetapi, apabila Tes DAP dilakukan secara kelompok, peserta tes hanya diminta untuk menggambar satu orang saja.

Lihat Juga : Tes Kepribadian MBTI

Penjelasan Gambar Pada Tes DAP
1. Gambar seseorang wanita dengan aksesoris yang banyak
Jika kamu menggambar seseorang wanita dengan aksesoris atau perhiasan yang banyak menandakan bahwa kamu mempunyai kepribadian yang materialistis. jadi sebisa mungkin jangan menggambar terlalu banyak aksesoris ya

2. Gambar Orang yang mengenakan sabuk ataupun jam tangan
Kalau kamu menggambar orang dengan memakai sabuk ataupun jam tangan menjelaskan bahwa kepribadian kamu adalah seseorang yang disiplin dan tepat waktu.

3. Gambar Orang Berukuran Besar atau Kecil
Jika kamu gambar orang yang berukuran besar menandakan bahwa kamu seseorang yang mendominasi atau yang paling populer dan mudah bergaul serta sangat percaya diri, sedangkan Jika kamu menggambar seseorang dengan ukuran kecil menandakan bahwa kamu seseorang yang mempunyai kepribadian yang tertutup serta kurang percaya diri.

4. Penekanan Garis Gambar Wajah
Jika kamu menebalkan garis wajah secara berlebihan menandakan bahwa kamu seseorang yang kurang percaya diri dengan wajah yang dimiliki.

5. Penekanan Garis Gambar Leher
Penekanan pada gambar yang berada dileher menginterprestasikan seseorang yang memiliki kemauan yang tinggi.

6. Gambar Bahu orang
Gambar bahu orang yang proposional menjelaskan bahwa kamu sangat percaya diri dengan kemampuan kamu, sedangkan gambar bahu orang yang tidak proposional menjelaskan seseorang yang kurang percaya diri.

7. Gambar Tangan
Gambar tangan yang terbuka dan terlihat secara detail menandakan bahwa hubungan sosial kamu sangat baik dan cenderung orang yang ekstrovet, serta suka bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, sedangkan jika kamu menggambar tangan yang tidak detai seperti menyembunyikan tangan di belakang tubuh atau saku menandakan bahwa kamu seseorang yang introvet dan tidak mudah percaya kepada orang lain.

8. Memberi Bayangan pada Gambar
Jika kamu memberikan bayangan pada gambar yang kamu buat menandakan kamu orang yang bahagia dan mudah bergaul kepada siapapun.

Lihat Juga : Tips dan Trick cara mengerjakan Tes Wartegg

B. Pelaksanaan Tes DAP
Saat mengikuti Tes DAP disarankan menggambar orang dengan jenis kelamin yang sama dengan kamu. Pahami dan ikuti instruksi yang ada pada saat proses tes DAP. Umumnya waktu yang digunakan dalam menggambar di tes DAP adalah 10-15 menit. Penggunaan penghapus pada tes DAP disesuaikan dengan kebutuhan tes yang akan dilakukan.

Tips Menghadapi Tes DAP
  • Buatlah gambar yang menunjukan kepribadian kamu, sesuai dengan jenis kelamin kamu serta gambarlah orang dengan ekspresi bahagia serta sedang melakukan aktifitas seperti gambar orang yang sedang membaca buku dengan tersenyum atau lain-lain.
  • Jika kamu menggambar seorang dokter usahakan dokter tersebut mengenakan pakaian lab, menggunakan stetoskop dilehernya, dan sedang memeriksa pasien diruang rawat. yang terpenting gambar tersebut harus dilengkapi aktivitas yang dilakukan serta jangan terlalu memakai aksesoris yang berlebihan.
  • Hindari gambar wanita yang sedang berbelanja karena itu memerlukan banyak aksesoris dan jika itu kamu lakukan , menandakan bahwa kamu orang yang materialistis
  • Gambarlah wajah seseorang secara detail seperti menggambar telinga,mata, hidung, rambut, mulut dan lain-lain serta usahakan wajah tersebut menunjukan ekspresi yang bahagia.
  • Terakhir jangan menggambar orang pada kertas dengan posisi terlalu condong kekiri atau kekanan. Usahakan menggambar orang pada bagian tegah kertas
Nah seperti itu Cara Mengerjakan Tes Draw A Person {DAP} beserta Tipsnya. Semoga bermanfaat dan apabila ada salah kata atau ada yang kurang mohon maaf dan Terima Kasih sudah membaca.

0 Response to "Cara Mengerjakan Tes Draw A Person {DAP}"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel