3 jenis analisis dalam bidang ilmu ekonomi

Edukasistan.com - Hallo guys! postingan kali ini kita akan membahas tentang 3 jenis analisi dalam bidang ekonomi. Pertama tujuan dari analisi ilmu ekonomi, Apa sih analisis dalam bidang ilmu ekonomi?Analisis ekonomi adalah salah satu analisis yang awal tujuannya digunakan untuk model teknik fundamental.

3 jenis analisis dalam bidang ilmu ekonomi

Nah didalam Analisis ini kita cenderung menggunakannya untuk mengetahui bagaimana keadaan atau situasi yang bersifat makro dari suatu kegiata ekonomi. Didalam analisis ekonomi terbagi menjadi 3 jenis, antara lain : Ekonomi Deskriptif, Teori Ekonomi, dan Ekonomi Terapan. untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Analisis Ekonomi


1. Ekonomi deskriptif

Bidang ekonomi merupakan analisis ekonomi yang digunakan untuk menggambarkan situasi yang sebenarnya atau disebut dengan vase manifestasi dalam perekonomian. dalam analisis situasi petani yang  berpusat di Jawa tengah diklasifikasikan sebagai ekonomi deskriptif. 

dan Asal kalian tau ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial. Nah Di dalam ilmu sosial itu kita tidak mudah untuk mengetahui sifat yang sebenarnya dari kenyataan. dan itu disebabkan karena didalam lingkungan masyarakat kenyataan dan tidak kenyataaan sangat berkaitan satu sama lain sehingga sering menimbulkan rasa ketidakjelasan untuk menggambarkan kenyataan yang sebenarnya dan ini berlaku dalam perekonomian.

Contohnya aja kita ingin mengetahui penyebanya kenaikan harga terhadap kenaikan produksi pangan. Ini tidak bisa dijelaskan dikarenakan produksi pangan tidak dipengaruhi oleh harganya tetapi dipengaruhi oleh banyak faktor lain seperti iklim, harga barang dikompetitor lain dan juga dipengaruhi oleh keadaan ekonomi.

2. Teori Ekonomi

Teori ekonomi merupakan pandangan yang dapat menggambarkan sifat keterkaitan dalam kegiatan ekonomi. dan juga bisa dapat memprediksi tentang peristiwa yang akan terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. 

Selain itu juga, didalam teori ekonomi kita dapat memberikan gambaran tentang beberapa sifät-sifat utama dari sistem ekonomi yang berjalan dan juga dapat melihat bagaimana sistem ekonomi berfungsi.

Mengetahui bahwa kenyataan dalam perekonomian hanya tidak cukup untuk belajar ilmu ekonomi. Yang lebih penting adalah mengkompilasi kenyataan ini secara sistematis, dan menciptakan deskripsi umum tentang kegiatan ekonomi dan komponennya.

Tugas ini sering dijalani oleh para pelaku teori ekonomi. Saat kita mempelajari teori and kenyataan, ilmu ekonomi menjadi sangat penting di masyarakat. Pentingnya peran kedua hal tersebut telah ditegaskan oleh para ahli ekonomi seperti berikut: Teori tanpa kenyataan tidak digunakan, tetapi mengetahui bahwa kenyataan tanpa teori tidak berarti sama sekali.

3. Ekonomi Terapan

Bidang ini pada umumnya disebut dengan teori kebijakan ekonomi, yang artinya cabang ekonomi yang meneliti beberapa kebijakan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ekonomi. 

Nah didalam Peran  teori ekonomi antara lain: berfungsi sebagai dasar untuk merumuskan beberapa kebijakan ekonomi. Cara membuat beberapa kebijakan untuk mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi kita harus menganalisis beberapa teori kebijakan ekonomi. 

Saat merumuskan kebijakan ekonomi, yang pertama harus kita  pertimbangkan ialah  tujuan dari kebijakan ekonomi tersebut. Dalam sistem perekonomian khususnya ekonomi terapan, beberapa tujuan yang ingin kita capai ialah:
  • Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat.
  • Penciptaan stabilitas harga.
  • Mengatasi masalah pengangguran.
  • Melakukan distribusi pendapatan yang adil.

Dalam perumusan kebijakan ekonomi pandangan yang harus kita lihat seperti ini  "apa yang harus dicapai," .Nah Pandangan dalam bahasa Inggris sering disebut dengan "value judment" yang peranmnya itu sangat penting. 

Untuk menjelaskan seberapa pentingnya value judment maka kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini. Jika dalam ekonomi kita menghadapi masalah kekurangan makanan, Nah kebijakan apa yang harus kamu lakukan? 

Seseorang bisa saja berpendapat bahwa yang terbaik adalah untuk membeli makanan dari luar negara, karena harganya yang terjangkau. dengan cara itu masyarakat tidak perlu lagi menderita karena kenaikan harga pangan. 

Yang lain bisa juga berpendapat juga bahwa kekurangan makanan harus diatasi dengan meningkatkan produksi dalam negeri. Dalam jangka pendek, langkah ini bisa menaikkan harga, tetapi dalam jangka panjang, produksi dalam negeri akan meningkat dan penggunaan tenaga kerja semakin meningkat.

Baca juga : Materi Ekonomi UTBK-SBMPTN 

Nah Perbedaan kedua visi ini disebabkan oleh pertimbangan nilai yang berbeda. akibatnya pendukung kebijakan pertama berpendapat bahwa kepentingan konsumen harus diprioritaskan. 

Sementara pendukung kebijakan kedua mengutamakan kepentingan negara secara keseluruhan. ini yang disebut dengan ekonomi terapan dikarenakan  perbedaan ini akan selalu terjadi dalam merumuskan beberapa kebijakan ekonomi.

Itulah beberapa yang bisa aku sampaikan mengenai Jenis-Jenis Analisis Ekonomi, semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat untuk kalian dan apa bila ada salah kata mohon maaf atau typo mohon maaf. dan terima kasih sudah membaca. sampai bertemu di materi selanjutnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel