Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Kapan Pendaftaran PKN STAN 2022 dibuka, dan bagaimana alur pendaftarannya?

Edukasistan.com - Hello guys ! pada artikel kali ini kita ga bahas materi ya. sesuai dengan judulnya disini aku bakal spill ke kalian kapan sih Pendaftaran PKN STAN 2022 dibuka? soalnya Banyak banget nih yang nanya ke aku di DM Instagram.

Kapan sih kak PKN STAN 2022 dibuka? ujiannya apaan aja? trus alurnya gmna? oke diartikel kali ini aku akan bahas semua-nya. Menurut aku pribadi sih seperti tahun sebelum-sebelumnya PKN STAN bakal dibuka pada tanggal 9-30 april 2022. aku ingetin lagi ini BUKAN RESMI ya. Karena belum ada pengumuman kapan PKN STAN dibuka.

Pendaftaran PKN STAN
Pendaftaran PKN STAN

Memang berita ini belum resmi, Tetapi aku bisa pastikan bahwa kemungkinan besar PKN STAN bakal buka diantara tanggal tersebut. Dikarenaka PKN STAN mempunyai pola yang sama ketika membuka pendaftaran dengan tahun-tahun sebelumnya, paling hanya beda beberapa hari saja.

Tes yang akan diujikan

dan untuk ujiannya, PKN STAN menggunakan nilai TPS dari SBMPTN. kalau berita ini SUDAH RESMI ya karena menurut Prof. Budi Prasetyo Widyobroto Direktur Eksekutif LTMPTN mengatakan "Dari PKN STAN mensyaratkan harus memiliki nilai UTBK". jadi kalau kamu pingin mengikuti pendaftaran PKN STAN, pastikan kamu mempunyai nilai TPS UTBK-SBMPTN

Tapi jangan salah ya, menurut peserta tes thn 2021 yang ada digrup aku, mengatakan bahwa hampir 90% soal di TPS SBMPTN materinya sama dengan TPA dan TBI yang sering diujikan di PKN STAN. Bahkan mereka mengatakan bahwa soal TPA dan TBI PKN STAN lebih sulit dibandingkan TPS UTBK-SBMPTN.

Jadi bisa dikatakan bahwa, jika kamu bisa menguasai Materi TPA dan TBI otomatis kamu bakal bisa menguasai materi TPS UTBK-SBMPTN. Oke sampai disini sudah jelas dong apa aja yang diujikan di TES PKN STAN. kalau belum jelas aku urutin nih apa aja yang diujikan dalam tes STAN

  1. Nilai TPS UTBK-SBMPTN
  2. Tes SKD, terdiri dari => TWK, TIU dan TKP
  3. Tes Kesehatan dan Kebugaran
  4. Tes Psikologi
  5. Tes wawancara

Tenang aja Materi PKN STAN diatas sudah aku buat, bisa kaliah lihat dimenu navigasi ya! kamu bisa mengaksesnya secara gratis kok. yang penting jangan lupa Follow Instagram kita ya

Nah satu lagi sebagai Catatan! menurut pengumuman tahun 2021 biaya administrasi-nya sekotar 350ribu dan minimal score TPS UTBK-SBMPTN yang harus kalian dapat adalah sebesar 600 untuk peserta reguler atau 400 untuk peserta afirmasi.

Alur Pendaftaran PKN STAN

  1. Kalian Registrasi dulu di https://sscasn.bkn.go.id/ dan bikin akun disana.
  2. lalu masukin ijazah SD dan ijazah SMP
  3. lalu masukin juga akta kelahiran, KTP orang tua, atau kartu keluarga
  4. lalu masukin surat rekomendasi dari sekolah
  5. setelah itu masuk kemenu Dikdin
  6. dan daftar diri menggunakan NIK untuk mendapatkan password
  7. setelah itu login dengan password yang diberikan
  8. Memilih sekolah kedinasan STAN, dan milih kalian siswa reguler atau afirmasi (hanya boleh memilih satu sekolah kedunasan)
  9. setelah itu lengkapi biodata dan masukan nomor utbk
  10. lalu setalah itu cetak kartu dan logout dari sscan
  11. login ke https://www.spmb.pknstan.ac.id/ dengan akun yang diberikan di web sscasn tadi
  12. mengisi data pemilihan program studi
  13. mengisi data tambahan
  14. terakhir mengunci data dan segera lakukan pembayaran
Nah itulah beberapa info mengenai Kapan dibukannya Pendaftaran STAN serta Alur Pendaftaran PKN STAN yang bisa aku berikan ke kalian, semoga apa yang aku berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan Lupa Follow Instagram Kita, apa bila ada salah kata mohon maaf dan Terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020