Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

4 Jurusan IPS Soshum dengan Peminat terbanyak

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai jurusan IPS Soshum dengan peminatnya yang cukup banyak. Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi atau biasa disingkat SBMPTN merupakan salah satu cara untuk masuk ke PTN, Selain dengan SNMPTN atau Ujian Mandiri.

Setiap tahunnya, banyak sekali calon mahasiswa yang mengikuti ujian ini untuk tembus ke kampus impiannya. Adapun Berikut ini 4 jurusan IPS yang paling banyak diminati di SBMPTN.

Note !!!
Untuk Kalian yang ingin belajar Materi UTBK SBMPTN Soshum silakan klik disini

4 Jurusan IPS dengan Peminat Tertinggi

Peminat Jurusan IPS Terbanyak
Peminat Jurusan Soshum Terbanyak

1. Jurusan Ilmu Hukum

Yap bukan rahasia lagi jika Ilmu Hukum merupakan jurusan yang paling dimanti di SBMPTN. Bahkan pada SBMPTN Tahun 2021 Ilmu menjadi daftar no 1 dengan jurusan yang paling diminati oleh peserta SBMPTN.

Seperti yang terjadi pada Universitas Indonesia. Melansir dari Laman Simak UI, Peminat SBMPTN dengan jurusan hukum mencapai 土 3.161 orang, Tetatpi sayangnya Daya Tampung yang diberikan sangatlah sedikit sekita 90 kursi.

Ester Lubis Seorang mahasiswi ilmu hukum, berpendapat bahwa lulusan dijurusan ilmu hukum dapat bekerja diberbagai sektor pekerjaan. Misalnya saja bisa menjadi Jurnalis ataupun Politikus. Akan Tetapi untuk Mereka, yang tidak berasal dari jurusan ini, tidak dapat bekerja di sekotor hukum seperti jaksa, notaris, atau hakim.

Ester Lubis berpendapat bahwa jurusan ilmu hukum meruapakan jurusan yang unik. Oleh sebab itu, Tidak Heran Jika jurusan ini mendapatkan peminat yang cukup banyak.

2. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen menjadi jurusan terfavirit no 2. Tertutama untuk jurusan Manajemen di UGM, dapat dikatakan jurusan ini sering menjadi primadona setiap tahunnya. Pada tahun 2021 saja pendaftar SBMPTN dijurusan ini mencapai 土 3.119 orang.

Alasan kenapa banyak peserta memilih jurusan ini salah satunya ialah prospek cabang peminatnnya cukup banyak. Contoh peminat dijurusan ini anatara lain Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan.

Sedangkan untuk contoh prospek kerjannya antara lain bisa jadi Dosen, Konsultan Finansial hingga Bidang lainnya.

3. Jurusan Psikologi

Pada tahun 2021 saat SBMPTN 2021 dibuka, sekita 2.910 peserta merebutkan 57 kursi untuk jurusan psikologi di Universitas Indonesia. Hal ini dapat menunjukan bahwa jurusan psikologi memiliki banyak minat dari para calon mahasiswa.

Bisa dikatakan untuk lulusan psikologi banyak dibutuhkan di dunia pekerjaan. Karena disebabkan, lulu psikologi dapat memetakan karyawan baru berdasarkan dengan karakter dan potensi yang di miliki oleh calon karyawan.

Hal ini disebabkan lulusan psikologi memiliki kemampuan menilai perilaku seseorang dengan cukup baik. Dibandingkan dengan dengan lulusan dijurusan lainnya.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Nah terakhir adalah jurusan Ilmu Komunikasi, tidak lengkap bukan kalau kita tidak memasukan jurusan Ilmu Komunikasi didalam list dengan jurusan peminat yang cukup diminati. Pada saat Pendaftaran SBMPTN tahun 2021.

Di Universitas Padjadjaran tercatat sekitar 3.134 orang yang memilih jurusan Ilmu Komunikasi. Padahal saat itu daya tampung yang dimiliki Unpad tidak banyak sekitar kurang lebih 32 kursi saja.

Hal ini dapat kita simpulkan bahwa Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki peminat yang cukup banyak. Bahkan untuk lulusan di jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang cukup luas, diantarannya seperti jurnalis, hubungan masyarakat, pembawa acara hingga dosen.

Nah itulah postingan kali ini mengenai Jurusan IPS dengan peminat Terbanyak, Semoga bermafaat. Jangan lupa untuk Follow Instagram kita untuk mendapatkan info menarik lainnya. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020