Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Pendaftaran PKN STAN resmi dibuka! Berikut Tata cara pendaftarannya

Edukasistan.com - Hello guys! gimana nih kabarnya? ets mimin pingin ngasih kabar nih, pengumuman yang kita tunggu-tunggu akhirnya resmi keluar. yap bener banget hari ini Pendaftaran PKN STAN 2022 Resmi dibuka. dengan kouta penerimaanya cukup banyak dari pada tahun 2021. Oke kita bahas lebih dalem lagi yuk.

Pendaftaran PKN STAN Resmi dibuka, dan suratnya telah dikeluarkan pada tanggal 07-04-2022 (Bisa kalian lihat di ig STAN atau portal PKN STAN). Pada tahun ini PKN STAN menerima kouta peserta lebih banyak dari tahun kemarin sekitar 750 mahasiswa/i.

Pendaftaran PKN STAN 2022
Pendaftaran PKN STAN Resmi dibuka

yap seperti yang aku bilang waktu itu, bahwa PKN STAN kecil kemungkinan tidak membuka jurusan untuk Diplomat 3. Tetapi kamu jangan khawatir ditahun ini, PKN STAN telah membuka jurusan Diploma IV diantaranya ialah Dengan Jurusan Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Jumlah Kouta PKN STAN 2022
Jumlah Kouta PKN STAN 2022

Untuk peserta Reguler Diploma IV Akuntansi Sektor Publik menerima sebanyak 280 peserta, untuk Diploma IV Manajemen Keuangan Negara menerima sebanyak 330 peserta, dan untuk program studi Diploma IV Manajemen Aset Publik menerima sebanyak 90 peserta.

Sedangkan Untuk peserta Afirmasi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik menerima sebanyak 20 peserta, untuk Diploma IV Manajemen Keuangan Negara menerima sebanyak 200 peserta, dan untuk program studi Diploma IV Manajemen Aset Publik menerima sebanyak 10 peserta.

Jadi bisa dikatakan seluruh total peserta yang diterima yaitu sekitar 750 peserta. lalu apa saja syarat-syarat serta tata cara pendaftarannya? untk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Note !!!
Untuk Kalian yang ingin belajar Materi PKN STAN silakan klik disini

Syarat-Syarat Pendaftaran PKN STAN 2022

  1. Kamu harus lulusan SMA atau yang sederajat dengan tahun 2022 atau (2021 dan sebelumnya)
  2. Untuk kamu lulusan tahun 2021 harus punya nilai ijazah dengan rata-rata tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. sedangkan untuk kamu yang lulusan tahun 2022 harus memiliki nilai rapot dengan rata-rata tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 untuk komponen pengetahuan pada 5 semester.
  3. usia maksimal 21 tahun pada 1 september 2022. Jadi jika kalian lahir sebelum tangga 1 september 2021 tida boleh mendaftra ya, sedangkan untuk usia minimal itu 15 tahun.
  4. Untuk peserta Reguler harus Memiliki nilai UTBK TPS 2022 minimal 600 dan TBI minimal 450, sedangkan untuk program afirmasi Minimal skor TPS 400 dan TBI 375
  5. Untuk laki-laki tidak boleh ditato atau tindik kecuali ada ketentuan agama atau adat, sedangkan untuk wanita boleh ditindik asala di lebih dari 1 pasang (kiri dan kanan)
  6. Belum pernah menikah dan bersedian untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  7. Peserta tida pernah dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan sebelumnya. artinya untuk kamu yang pernah kena DO udah ga boleh daftar lagi ya. atau kamu diterima ditahun sebelumnya tapi tidak diambil itu juga ga boleh daftar lagi ya.

Syarat Tambahan Untuk Program Afirmasi

  1. Untuk pendaftar dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: harus Memiliki surat keterangan dari SMA (Sekolah Menengah Atas) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
  2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur: telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yangsederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa TenggaraTimur; memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Tata Cara Pendaftaran PKN STAN 2022

  1. Membuat akun SSCASN kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan No KK (Kartu Keluarga). lalu kemudian cetak kartu informasi akun
  2. Login ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan Pasword yang tadi udah didaftarkan
  3. Setelah itu kamu Pilih Sekolah Kedinasan PKN STAN dan programnya juga (Reguler dan Afirmasi)
  4. Lengkapin Biodata, Nomor UTBK, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan unggah beberapa dokumen diantarannya (untuk Program Reguler ya, Jika kamu Program Afirmasi Skip aja penjelasan yg ini langsung kebawah):
    1. Pas foto berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos. Khusus untuk kamu yang berjilbab tolong gunakan jilbab warna putih polos ya (biar ga nanya-nanya lagi). inget satu lagi ukuran foto maksimal 200 kb dan formatnya JPG ya
    2. KTP untuk yang sudah 17 tahun keatas atau jika belum 17 tahun bisa menggunakan Kartu Keluarga ukuran maksimalnya 200 kb dan formatnya JPG)
    3. Kartu peserta UTBK ukurannya 500 kb dan formatnya PDF ya
    4. untuk lulusan tahun 2022 jgn lupa rapotnya dari semester 1-5, dan lulusan sebelumnya pakai ijazah dengan ukuran 1.000 KB dan formatnya PDF
    5. Terakhir Kartu Keluarga ukuran maksimal 700 KB dan formatnya PDF
  5. Untuk Program Afirmasi dokumen yang diperlukan diantaranya:
    1. Pas foto berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih polos. Khusus untuk kamu yang berjilbab tolong gunakan jilbab warna putih polos ya (biar ga nanya-nanya lagi). inget satu lagi ukuran foto maksimal 200 kb dan formatnya JPG ya
    2. KTP untuk yang sudah 17 tahun keatas atau jika belum 17 tahun bisa menggunakan Kartu Keluarga ukuran maksimalnya 200 kb dan formatnya JPG)
    3. Kartu peserta UTBK ukurannya 500 kb dan formatnya PDF ya
    4. untuk lulusan tahun 2022 jgn lupa rapotnya dari semester 1-5, dan lulusan sebelumnya pakai ijazah dengan ukuran 1.000 KB dan formatnya PDF.
    5. Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)
    6. Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat mengunggah tambahan dokumen antara lain: Surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Papua dan Papua Barat. Formulir surat keterangan dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.
    7. Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur mengunggah tambahan dokumen antara lain: i. Ijazah SD dan Ijazah SMP; ii. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung; dan iii. Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.
  6. Setelah kamu upload dokumen diatas cek kembali apakah sudah betul lalu cetak kartu pendaftaran
  7. setelah itu logout dan selesai sudah kamu daftar di SSCASN. tetapi ini belum berakhir ya skearang kita lanjut ke portal PKN STAN-nya

Sebagai Catatan !!! Untuk Kamu yang mendaftar lebih dari 1 sekolah kedinasan, maka langsung dinyatakan gugur.

Oke Selanjutnya setelah kamu mendaftar di SSCASN sekarang saatnya kamu mengisi pendaftaran online di PKN STAN memlalui portal https://spmb.pknstan.ac.id untuk tahapannya seperti ini :

  1. Login dengan username dan password yg telah kamu daftar kan sebelumnnya di portal https://dikdin.bkn.go.id;
  2. Mengisidata pilihan Program Studi
  3. lalu melengkapa beberapa data tambahan pada formulir pendaftaran
  4. terakhir kunci datanya

Nah itulah mengenai Syarat Pendaftaran PKN STAN dan Tata cara pendaftaran PKN STAN 2022 untuk lebih lengkapnya silakan kamu kunjungin Surat Pendaftaran ini. oke sekian artikel kali ini, Semoga bermanfaat. Jika ada salah kata atau Typo mohon Maaf dan Terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020