Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Alasan utama kegagalan usaha baru

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai alasan utama kegagalan usaha baru. Adapun hal yang pertama kali harus dilakukan dalam memulai usaha baru adalah analisa kelayakan bisnis . Tingginya biaya kegagalan menjadikan perlunya penelitian secara komprehensif dan sistematis variabel strategis yang menentukan kelayakan dan kemampuan memperoleh laba dari usaha baru tersebut dalam jangka panjang.

Banyak dana telah dikeluarkan di dalam memulai usaha baru. Banyak pula usaha baru yang mengalami kebangkrutan dalam satu atau dua tahun dan hanya sedikit saja yang berhasil dalam usahanya. Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan usahabaru adalah kendali wiraswastawan.

Untuk lebih lengkap mengenai alasan utama kenapa usaha baru sering kali gagal adalah sebagai berikut:

Alasan utama kegagalan usaha baru

Alasan Utama Kegagalan Usaha Baru
Alasan Utama Kegagalan Usaha Baru

a. Pengetahuan pasar yang tidak memadai.

Kelemahan ini termasuk juga kurangnya informasi mengenai potensi permintaan untuk produk, ukuran pasar sekarang dan masa yang akan datang, pangsa pasar yang bisa diharapkan secara realistis, dan metode distribusi yang memadai.

b. Kinerja produk yang salah.

Sering kali produk barn tidak berfungsi seperti yang disebutkan yang disebabkan terlalu cepatnya pengembangan produksi dan uji coba produk, atau kendali mutu yang tidak memadai.

c. Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif.

Hasil yang buruk sering menunjukkan usaha promosi yang salah arah dan tidak memadai dan kurangnya kemampuan memecahkan masalah yang ada dalam penjualan, pelayanan, atau kedekatan dengan pasar.

d. Tidak disadarinya tekanan persaingan.

Usaha baru sering gagal karena wiraswatawan tidak memperhitungkan reaksi yang mungkin dilakukan pesaing, seperti potongan harga yang tinggi dan diskon khusus kepada pengecer.

e. Keusangan produk yang terlalu cepat.

Daur hidup dari produk baru cenderung menjadi semakin pendek pada banyak industri kemajuan teknologi demikian cepat sehingga produk baru cepat menjadi usang sesudah ia diluncurkan.

f. Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat.

Pemilihan waktu yang salah untuk meluncurkan usaha baru sering menyebabkan kegagalan komersial. Produk baru mungkin diperkenalkan sebelum adanya keinginan riil pasar dan teknologi baru atau produk tersebut mungkin terlambat diperkenalkan di pasar, ketika minat dari konsumen mulai menurun.

g. Kapitalisasi yang tidak memadai.

Pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebih-lebihan pada aset tetap dan kesulitan keuangan yang berkaitan. Masalah finansial tersbut merupakan salah satu penyebab kegagalan usaha baru.

Suatu analisis kelayakan yang komprehensif dan sistematis hendaknya mampu mengidentifikasi masalah di atas jika ada, dan menunjukkan cara untukmengendalikannya.

Rangkuman di atas menyatakan syarat-syarat yang penting bagikeberhasilan usaha baru di masa depan, pengetahuan pasar yang memadai, produk yang kompetitif yang menjalankan fungsinya dengan baik, kesadaran akan situasipersaingan, basis finansial yang memadai dengan strategi investasi yang tepat, sertawaktu memulai usaha yang tepat.

Persyaratan tersebut akan bisa dilakukan oleh manajemen yang kompeten. Hakekat dari analisa kelayakan bagi usaha barn yang dimaksudkan adalah menemukan jawaban bagi pertanyaan mendasar yang sangat sulit :

apa yang akan dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan usaha baru (produk) ?
Bisakah dijual ? Berapa biayanya ? Mampukah produk tersebut mendatangkan laba ?

Nah itulah postingan kali ini mengenai Alasan utama kegagalan usaha baru, semoga apa yang aku tulis bermanfaat. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf adn terima kasih sudah membaca. Sampai ebrtemu diartikel selanjutnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020