Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Contoh Soal UAS Analisa Bisnis

Contoh Soal UAS Analisa Bisnis

Contoh Soal UAS Analisa Bisnis
Contoh Soal UAS Analisa Bisnis
1. Jelaskan apa Pengertian dan Manfaat-manfaatnya dari ANALISA KELAYAKAN BISNIS yang dilakukan oleh para pelaku binis dalam menjalankan bisnisnya….?

Pengertian Analisa Kelayakan Bisnis

Pengertian Analisa Kelayakan Bisnis yaitu rangkaian suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengamati sesuatu secara mendetail. Mulai dari kita menguraikan,dan membedakan serta memilah sehingga kita bisa menafsirkan apa yang menjadi maknanya.

Secara sederhana pengertian Analisa Kelayakan Bisnis merupakan suatu proses untuk melakukan evaluasi, apakah bisnis yang sedang dijalankan itu memiliki banyak resiko yang mungkin akan terjadi dan juga untuk mengetahui sejauh mana kemungkinan jangkauan prospeknya.

Dengan kata lain Analisa Kelayakan Bisnis perlu dilakukan untuk mengurang risiko kerugian yang akan terjadi dan juga bisa untuk mengantisipasi dengan cara yang tepat.

Manfaat-manfaat Analisa Kelayakan Bisnis

Seperti yang kita tau Pada dasarnya, Manfaat dari analisa kelayakan bisnis ialah untuk mengukur peluang keberhasilan suatu usaha di masa mendatang. Sehingga, semua pengusaha bisa menilai apakah bisnis itu layak di jalani atau tidak.

Adapaun manfaat Analisa Kelayakan Bisnis lainnya, antara lain :

  1. Mempermudah perencanaan bisnis
  2. Melancarkan pelaksanaan bisnis
  3. Memperkecil risiko kerugian
  4. Mempermudah pengawasan
  5. Mempermudah pengendalian


2. Setiap gagasan bisnis yang memproduksi barang atau jasa mempunyai aspek teknis yang harus dianalisis sebelum usaha implementasi gagasan dilaksanakan… Jelaskan terdiri dari apa saja ?

Setiap kita ingin menjadi wirausahawan terdapat beberapa gagasan untuk bisa memproduksi barang atau jasa. Dalam hal ini untuk memproduksi barang atau jasa terdapat beberapa aspek teknis yang harus dilakukan analisis, adapun sebelum usaha ini di implementaskan.

Terdapat Dua langkah penting yang harus dilakukan dalam proses ini yaitu

  1. identifikasi spesefikasi teknis penting dan
  2. melakukan uji coba produk pada barang atau jasa agar kita bisa menentukan apakah barang atau jasa tersebut memenuhi spesifikasi kinerja


3. Pendekatan analitis bagi masalah kelayakan finansial dipusatkan pada empat langkah dasar, Jelaskan apa saja ..?

Untuk melakukan Analisis pada kelayakan finansial dari bisnis baru memerlukan beberapa tahapan alternatif agar bisa diterapkan di perusahaan. Adapun Pendekatan analitis yang bisa dilakukan bagi masalah ini dipusatkan pada 4 langkah dasar, diantaranya yaitu :
  1. menentukan semua kebutuhan finansial dengan dana dana yang akan di perlukan untuk kegiatan operasional.
  2. menentukan sumber daya finansial yang sudah tersedia serta semua biaya biayanya, antara lain berupa pencarian sumber dana atau invesor untuk biaya modal.
  3. Menentuan aliran arus kas di masa yang akan datang yang nantinya bisa di harapkan dari operasional dengan cara menganalisa aliran arus kas pada jenjang waktu yang relatif singkat, biasanya untuk aliran arus kan pasti bulanan.
  4. Menentukan kapan pengembalian bisa dilakukan melalui analisa pengembalian dari investasi


4. Jelaskan apa penyebab Kegagalan dalam BISNIS…terhadap factor-faktor apasaja itu penyebab tersebut ….?

Penyebab kegagalan bisnis terdapat berbagai faktor, diantaranya ialah kesalahan manajemen, faktor ekonomi, dan bencana alam. Bukan hanya itu saja, Pada Perusahaan yang mengalami kegagalan dalam operasinya biasanya terdapat beberapa faktor lainnya, antara lain :
  1. Pengetahuan pasar yang tidak memadai
  2. Kinerja produk yang salah.
  3. Usaha untuk melaukan penjualan dan pemasaran tidak efektif.
  4. Tidak menyadari adanya tekanan dari pesaing.
  5. Produk yang memilik daya usang yang terlalu cepat.
  6. Saat memulai usaha baru waktu yang diperhitungkan tidak tepat.
  7. Kapitalisasi yang tidak memadai


5. Jelaskan apa saja informasi-informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh Analisa Kelayakan Bisnis pada Aspek Pasar dan Pemasaran...?

  1. Pertaman menelitian besarnya potensi pasar serta mengidentifikasi konsumer yang potensial
  2. Kedua menganalisis seberapa besar bagi perusahaan baru untuk bisa memanfaatkan potensi pasar.
  3. Ketiga menentukan berpaa peluang nyata pasar serta resiko-resiko apa saja yang akan terjadi melalui uji coba pasar.


Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020