Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Sifat sifat aktiva akuntansi

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini kita akan membahas Sifat-sifat Aktiva. Kalian pernah denger gasih apa itu aktiva? Aktiva atau aset adalah salah satu istilah akuntansi untuk merujuk pada objek fisik dan non -fisik yang termasuk dalam kekayaan perusahaan.

Kekayaan yang dimaksud diatas yaitu sumber daya yang dapat berupa bentuk objek (benda) atau hak yang dikendalikan dan diperoleh perusahaan sebelumnya melakukan transaksi atau kegiatan pada masa lalu.

sifat aktiva
Sifat-Sifat Aktiva Akuntansi

Sebagai komponen jurnal, aset atau aktiva memiliki sifat dan klasifikasi mereka sendiri. Nah dibawah ini aku memiliki penjelasan tersendiri tentang Pengertian, sifat, jenis aktiva beserta dengan contohnya. Oke tanpa banyak basa-basi berikut penjelasnnya.

Pengertian Aktiva

Aset atau aktiva adalah kepemilikan aset, harta, atau kekayaan yang mendukung kegiatan perusahaan dan dapat ditukar dalam bentuk uang tunai. Semua aset perusahaan mengacu pada sumber daya fisik dan non -fisik yang diperoleh secara transaksional dan timbul dari kegiatan sebelumnya atau kegiatan yang dilakukan pada masa lalu.

Aktiva merupakan komponen yang penting dikarenakan aktiva menunjang pengoperasian kegiatan perusahaan. Tanpa aktiva tersebut, sebuah perusahaan tidak akan dapat mengelola jalan bisnisnya sama sekali. Jadi, tidak peduli seberapa kecil sebuah barang, jika itu diperlukan dalam operasi komersial, namanya tetap menjadi aset atau aktiva.

Sifat-Sifat Aktiva

Adapun aktiva itu sendiri memiliki beberapa karakteristik yang harus dipahami oleh semua perusahaan. Adapun berikut ini sifat-sifat dari aktiva

a. Memiliki Bentuk Fisik atau Non-Fisik

Pertama, sifat aktiva itu sendiri memiliki 2 bentuk diantarannya yaitu wujud fisik dan non-fisik. Bentuk fisik artinya ada kegiatan aktif untuk kegiatan operasional, seperti mesin, sumber daya manusia (SDM), inventaris, properti, atau kas, dll. Sedangkan, bentuk atau wujud aset non -fisik mengacu pada properti tidak berwujud, seperti hak paten, hak sewa, royalti, kekayaan intelektual dan sejenisnya.

b. Diperoleh dari kegiatan ekonomi/transaksi di masa lalu

sifat aktiva yang kedua yaitu sumber daya yang berasal dari kegiatan yang muncul di masa lalu. Transaksi ekonomi masing -masing perusahaan akan berdampak pada hal -hal pada saat ini, salah satunya adalah asetnya atau aktiva-nya. Akumulasi aset umumnya disebabkan oleh penambahan laba, subsidi, dll.

c. Dimiliki Atau Dikuasai Suatu Perusahaan/Badan

Sifat aktiva yang ketiga adalah memiliki properti dan dikendalikan oleh perusahaan untuk menghasilkan nilai yang lebih tinggi. Aset dapat berasal dari properti pribadi (dibeli dengan modal mereka sendiri), subsidi atau hak untuk digunakan untuk orang lain.

d. Mendatangkan Manfaat di Masa Depan

Selanjutnya, sifat aktiva yaitu dapat membawa manfaat di masa depan. Aset harus memiliki sifat produktif, yang berarti mampu meningkatkan kas perusahaan dan mengurangi utang piutang. Selain itu, aset juga dapat menghasilkan barang dan jasa, aset juha harus bisa membayar kewajiban perusahaan, memenuhi kebutuhan komersial dan bisa ditukarkan dalam bentuk aset lainnya.

e. Dapat Dipinjamkan

Dan Terakhir, sifat aset atau aktiva dapat dipindah kepada orang lain. Aset juga harus dapat dipinjamkan ke perusahaan/lembaga lain, tanpa menghilangkan kepemilikan perusahaan pemiliknya. Namun, aset yang diperoleh dari pinjaman akan memasukkan laporan neraca sebagai dua hal, yaitu, aset dan kewajiban.

Nah itu pembahasan kita kali ini mengenai sifat sifat aktiva yang ada didalam akuntansi, smeoga bermanfaat. dan jangan lupa untuk follow instagram kita agar mendapatkan info menarik lainnnya. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terima kasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020