Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Kapan Pendaftaran SNBT dibuka? Menurut Kemendikbud

Kapan Pendaftaran SNBT Di Buka
Kapan Pendaftaran SNBT Di Buka

Edukasistan.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang mengimplementasikan rencana untuk mengubah undang-undang masuk universitas untuk tahun 2023. Namun, sejak Pak Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan mengumumkan pada September lalu, bahwa tidak ada informasi lebih lanjut tentang undang-undang tersebut secara rinci.

Seperti yang kta tau bahwa salah satu cara untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN ditahun 2023 yaitu dengan mengikuti SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Yang ditahun Sebelumnya, dua ujian tersebut bernama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ).

Banyak sekali Calon Mahasiswa dan orang tua yang saat ini penasaran mengani kapan dibukannya pendaftaran dan penjadwalan lengkap tersebut untuk dapat masuk PTN. Pasalnya, mereka sangat khawatir dengan ujian TPS atau Tes Potensi Skolastik yang lebih sulit dari Tes TKA.

Seperti yang kita tau bahwa Pak Nadiem Makarim Selaku Menteri Pendidikan telah membatalkan atau meniadakan tes akademik untuk seleksi SNBT atau SBMPTN ditahun 2023 dan sepenuhnya diganti dengan soal yang berfokus pada penalaran peserta.

Sri selaku ibu dari salah satu siswa SMA di Jakarta, mengaku khawatir dengan undang-undang baru tersebut. Ia menilai peraturan yang dibuat Nadiem tidak konsisten. Padahal Menurut Nadiem, undang-undang baru yang menghapus tes akademik itu, lebih membantu.

Dikarekan hanya Siswa yang berasal dari kalangan ke atas saja yang dapat mengikuti les privat untuk meningkatkan nilai akademik mereka. Sementara, mereka yang tidak mampu tidak dapat mengikuti Les Privat. Hal ini yang menurut Nadiem terjadi yang namanya ketimpangan Sosial

Akan Tetapi, Menurut Sri peraturan baru itulah yang akan mendorong anak-anak untuk mencari pendidikan di luar dikarenakan saat di sekolah mereka tidak diajarkan tes potensi skolastik.

Sedangkan Nizam selaku Pelaksana tugas Dirut Jenderal Kemendikbud-Ristek, mengatakan bahwa pengumuman lengkap mengenai sistem dan proses penerimaan universitas untuk tahun 2023 akan diumukan pada bulan Desember.

"Tunggu saja notifikasinya keluar awal Desember," kata Nizam, Kamis, 13 Oktober 2022. Mengenai kabar bahwa tahun depan ujian UTBK SNBT 2023 dapat didaftarkan dua kali, Nizam mengatakan ujian UTBK hanya dapat didaftarkan satu kali, tetapi lihat aja nanti pengumuman lengkapnnya dibulan desember.

Pada tahun 2023, program SNBT diperbolehkan untuk mengikuti dua kali pada gelombang pertama dan kedua. "Setahu saya, ujian SNBT tahun depan hanya bisa didaftarkan satu kali," katanya. Meski demikian, kata Nizam, masyarakat diminta bersabar menunggu pengumuman resmi dari Kemendikbud pada Desember mendatang.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020