Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Jenis-jenis Kebutuhan Manusia. Mulai dari pengertian sampai dengan Macam-macam kebutuhan Manusia. Pada dasarnya, masing-masing Manusia mempunya berbagai jenis Kebutuhan.

Berdasarkan klasifikasi kebutuhan manusia, ada beberapa kebutuhan manusia yang sangat penting, dan ada juga kebutuhan manusia yang tidak terlalu penting. Bnayak sekali manusia yang membeli kebutuhan tidak penting. Menurut kalian kenapa ya! barang yang tidak penting tersebut tetep aja dibeli orang-orang?

Ya, betul! mungkin saja barang tersebut terlalu kiyowo untuk tidak dibeli ....!

Hahahah, mungkin saja diantara kalian ada yang seperti itu, guys? Setiap kali ada barang yang lucu dan mengemaskan kalian langsung membelinnya, Nah hal ini lah yang disbeut dengan membeli barang yang tidak penting dan masuk kedalam Kebutuhan Sekunder

Nah, agar kalian tidak terus-terusan boros, ada cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah belajar tentang berbagai kebutuhan dan cara memenuhinya.

Dengan mengetahui apa kebutuhan dari diri kita, mungkin kamu akan lebih bijak dalam menentukan apakah ada satu kebutuhan tertentu yang harus segera dipenuhi, atau mungkin itu kebutuhan parsial yang bisa diprioritaskan, atau ditunda terlebih dahulu.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Jenis Kebutuhan Manusia
Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Sebelum kita mempertimbangkan kebutuhan orang, mari kita lihat dulu hal-hal yang benar-benar penting? Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup alamiahnya dengan mencapai kesejahteraan. Nah, kebutuhan ini terdiri dari berbagai macam dan jenis. Lalu Jenis-jenis apa yang dibutuhkan?

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia dibagi menjadi empat kategori, yaitu menurut sifat, Intensitas, waktu dan subjek. Lalu dari ke-4 kategori tersebut, kebutuhan dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya langsung aja kita bahas dibawah ini.

1. Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas atau jumlah dan frekuensi produk dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kebutuhan Sekunder, Primer dan Tersier.

a. Kebutuhan Primer

Kebutuhan dasar atau kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang paling diperioritaskan untuk dipenuhi dibandingkan dengan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, kebutuhan dasar disebut juga sebagai kebutuhan primer atau basic needs. Contoh dari kebutuhan primer ialah sandang seperti pakaian, pangan sepert makan dan minuman dan papan seperti rumah.

b. Kebutuhan Sekunder

Sedangkan Kebutuhan sekunder ialah suatu kebutuhan penunjang dari kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder tidak memiliki perioritas tinggi seperti kebutuhan prime, ya. Misalnya Hiburan, hobi, dan internet merupakan salah satu contoh dari kebutuhan sekunder. Dari sebuah contoh tersebut, kalian dapat memahami, kan perbedaan dari kebutuhan sekunder dan primer?

c. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Manusia yang ke-3 ialah kebutuhan yang memiliki potensi paling rendah dan mirip dengan barang-barang mewah. Contoh dari kebutuhan Tersier ialah rumah mewah, mobil mewah dan perhiasan.

Nah, sekarang pertanyaan pertama! Coba kalian bnayangkan, apakah barang-barang yang selama ini kamu beli itu masuk kedalam jenis kebutuhan yang mana? kebutuhan primer, sekunder, atau tersier Anda?

Jawabannya bisa jadi prioritas kedua atau ketiga, ya, tergantung jenis dan harga produknya. Jika barang lucu tapi tidak penting yang ingin kalian beli dan tidak mahal, berarti termasuk dalam kebutuhan sekunder.

Namun, jika barang tersebut mahal atau mewah, itu berarti masuk kedalam kebutuhan tersier. Misalnya, kalian mobil mewah yang terdapat karakter favorit kalian. Dan kalian juga sudah punya mobil tersebut, tetapi kalian masih ingin membeli lebih banyak, maka itu masuk kedalam kebutuhan tersier

2. Kebutuhan Menurut Sifat-nya

Kebutuhan Manusia selalu Sejalan dengan sifat-nya, Kebutuhan Manusia menrut sifat-nya terbagi menjadi dua jenis, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

a. Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani atau kebutuhan fisik adalah semua kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga manusia dapat mempertahankan kondisi fisik tubuh. Contoh dari kebutuhan jasmani ialah makan dan minum, tidur dan olahraga.

b. Kebutuhan Rohani

Kebutuhan Rohani atau kebutuhan spiritual ialah kebutuhan yang berhubungan dengan psyche atau jiwa. Contoh dari kebutuhan spiritual adalah ibadah, hobi, musik, dan film. Nah, generasi Z sering menyebutkan healing-healing dan itu masuk kedalam kebutuhan rohani!

3. Kebutuhan Manusia Menurut Subjek

Kebutuhan Manusia menurut subjek dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kebutuhan individu dan kelompok. Kebutuhan individu adalah kebutuhan pribadi berdasarkan status, rutinitas, atau pekerjaan orang yang hidup.

Contoh dai kebutuhan individu ialah mahasiswa yang membutuhkan buku dan dokumen. Contoh lain adalah seorang dokter yang membutuhkan peralatan medis, seperti stetoskop dan pakaian kerja.

Sedangkan untuk Kebutuhan kelompok ialah kebutuhan akan barang atau layanan yang umumnya diperlukan oleh masyarakat banyak. Contoh kebutuhan kelompok adalah infrastruktur publik, seperti rumah sakit, jalan, keamanan, dan stasiun kereta api.

4. Kebutuhan Manusia Menurut Waktu

Sedangkan kebutuhan Manusia Menurut waktu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kebutuhan masa kini dan kebutuhan yang akan datang atau masa depan.

a. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang ialah kebutuhan yang harus segera dipenuhi karena memiliki sifat yang mendesak dan penting. Contoh dari kebutuhan saat ini ialah obat-obatan atau perawatan medis jika terjadi penyakit.

b. Kebutuhan Masa yang akan datang/masa depan

Kebutuhan yang akan datang atau kebutuhan masa depan ialah kebutuhan yang akan terjadi di masa depan, tetapi membutuhkan pengorbanan sekarang. Contoh kebutuhan masa depan ialah tabungan. karena suatu saat kita akan memerlukannya seperti tabungan sekolah untuk menyekolahkan anak dimasa depan.

Nah itulah Materi kali ini mengenai Jenis-jenis Kebutuhan Manusia, gimana kalian udah pahamkan? Oke sekian pembahasan kali ini. Apabila ada salah tulisan atau typo mohon maaf dan sampai bertemu diartikel selanjutnya. Terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020