Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Edukasistan.com - Hello guys! pada kali ini kita akan membahas mengenai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia. Seperti halnya makhluk hidup lainnya, Manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk menunjang kehidupan.

Kita sering mengetahui bahwa manusia membutuhkan pangan, sandang, papan dan hal-hal lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan mencapai kehidupan yang sejahtera. Pada dasarnya, hidup mengacu pada bagaimana orang berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk bertahan hidup.

Ada banyak sekali jenis kebutuhan manusia, kalian harus mengetahui dan memahaminya agar dapat memenuhi kebutuhan ini secara efektif. Berikut ini uraian tentang kebutuhan manusia yang berbeda-beda, misalnya:

Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia
Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Alat pemuas kebutuhan adalah produk atau jasa yang dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhan seseorang. Misalnya, seseorang yang lapar, ia membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhannya.

Nah, alat untuk memenuhi kebutuhan manusia ini juga terdapat berbagai macam, loh! Adapun Jenis-jenis alat pemenuhan kebutuhan manusia dibagi ke dalam 7 jenis, yaitu berdasarkan wujud, cara mendapatkannya, fungsi, proses, hubungan, kualitas, dan sifatnya. Oke yuk langsung aja Kita bahas satu per-satu.

1. Wujud

Berdasarkan jenisnya, produk dibagi menjadi 2 jenis, yaitu konkret dan abstrak. Jenis konkret terdiri dari sesuatu yang dapat dideteksi. Contohnya adalah rumah, mobil dan rumah. Jenis abstrak yaitu Komoditas langka memiliki sesuatu yang tidak dapat disentuh, tetapi nilainya dapat diperoleh. Contohnya adalah kesehatan, pendidikan, pengajaran dan presentasi.

2. Bagaimana cara mendapatkan

Berdasarkan cara perolehannya, produk dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ekonomis, gratis, dan illith. Barang ekonomi yaitu Produk ekonomi dibuat untuk diperoleh dengan pengorbanan, seperti dengan membeli barang. Contohnya adalah seragam sekolah, buku dan alat tulis.

Gratis atau barang bebas yaitu Harta bebas terdiri dari sesuatu yang dapat diperoleh tanpa pengorbanan, yaitu tanpa berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Contohnya adalah sinar matahari, udara yang kita hirup dan pasir di pantai.

Sedangkan barang illith yaitu terdiri dari sesuatu yang jumlahnya berlebihan dan dapat menimbulkan bencana. Contohnya adalah terlalu banyak air untuk menyebabkan banjir dan terlalu banyak api untuk menyebabkan kebakaran.

3. Hubungan

Berdasarkan hubungannya, barang dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu substitusi (pengganti) dan Komplementer (produk yang terintegrasi.

a. Pengganti

Barang Substitusi adalah barang yang dapat diganti. Contohnya adalah nasi dengan kentang dan sepatu dengan sendal.

b. Produk terintegrasi

Barang komplementer adalah barang yang dapat saling melengkapi dan saling berhunbungan antara satu sama lain. Contohnya adalah mobil dan bensin, ponsel dan pulsa. dll

4. Fungsi

Berdasarkan fungsinya, Pemenuhan Kebutuhan Manusia dibagi kedalam 2 jenis, yaitu konsumsi dan produksi.

a. Barang konsumsi

Barang konsumsi ialah barang yang dapat langsung dikonsumsi atau siap pakai tanpa perlu pengolahan lebih lanjut. Contohnya adalah pakaian, mobil, dan furnitur.

b. Barang Produksi

Produk Produk ialah barang yang tidak dapat langsung digunakan butuhn pengelolaanya terlebih dahulu, tetapi dapat digunakan sebagai perangkat untuk membuat barang tambahan (barang pelanggan). Contohnya adalah mesin-mesin manufaktur, tanah untuk diperdagangkan, dan kapas sebagai bahan baku tekstil.

5. Kualitas

Dilihat pada kualitasnya, alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia dibagi kedalam 2 jenis, yaitu Barang Superior dan Barang Inferior.

a. Barang Superior

Produk Superior ialah suatu produk yang berkualitas tinggi. Contohnya adalah mobil baru, pakaian mahal dan perhiasan.

b. Barang inferior

Barang inferior ialah barang dengan kualitas yang rendah. Contohnya adalah produk yang dapat digunakan kembali.

6. Proses

Menurut sistemnya, alat dibagi untuk memenuhi kebutuhan dalam 3 jenis, yaitu produk mentah, produk setengah jadi dan produk jadi.

a. Produk mentah

Komoditas barang mentah yaitu barang yang menjadi bahan baku produksi. Contohnya adalah kayu gelondongan sebagai bahan baku mebel dan hasil pertanian sebagai bahan baku produk pangan.

b. Produk setengah jadi

Produk setengah jadi ialah produk yang telah menyelesaikan proses produksi, tetapi tidak dapat digunakan kembali karena belum sepenuhnya selesai. Contohnya ialah barang tekstil pada industri tekstil dan tepung pada industri makanan.

c. Produk jadi

Produk jadi adalah produk yang siap makan karena proses produksi telah berhasil diselesaikan. Contohnya adalah pakaian, mobil, handphone dan laptop.

7. Sifat

Menurut sifatnya, sarana pemenuhan kebutuhan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu barang yang bergerak dan tidak bergerak.

a. Barang bergerak

Barang bergerak ialah barang komoditi yang dapat dipindahkan yang biasanyya dapat dijadikan jaminan untuk sewa jangka pendek. Contohnya adalah mobil, sepeda motor, telepon seluler dan televisi.

b. Barang yang Tidak Bergerak

Barang yang tidak bergerak yaitu barang yang tetap ditempat, tetapi dapat digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman jangka panjang. Contohnya adalah tanah, rumah dan bangunan.

Nah itulah Materi Ekonomi kali ini mengenai Alat Pemenuhan Kebutuhan Manusia, semoga apa yang aku tulis diatas dapat kalian mengerti. Apabila ada salaha kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca. sampai bertemu di postingan selanjutnnya.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020