Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

5 Tips Menjadi Mahasiswa yang Produktif

Edukasistan.com - Hello guys! Saat ini, kita akan membahas mengenai Menjadi Mahasiswa yang Produktif. Seorang mahasiswa harus bisa mengelola waktu dengan baik agar nantinya memiliki bekal yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan baik di masyarakat. Menjadi mahasiswa yang ideal, memang tidak mudah. Kamu juga harus benar-benar bisa mengelola kehidupanmu dengan baik.

Banyak mahasiswa yang tidak berkembang dengan baik saat di kampus, bukan karena mendapatkan banyak hal baru yang dapat dikembangkan. Namun yang sering terjadi saat ini adalah terjadinya kemunduran, dan malah sibuk dengan kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki manfaat untuk masa depan mereka.

Sebenarnya apa sih Mahasiswa Produktif itu? Mahasiswa Produktif adalah mahasiswa yang bisa mengelola waktu dengan baik untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan manfaat besar. Baik manfaat yang dihasilkan itu untuk diri sendiri atau juga bisa untuk orang lain.

Adapun Perbedaan Mahasiswa Produktif dengan Mahasiswa sibuk antara lain sebagai berikut Mahasiswa Produktif melakukan hal-hal yang dianggap memberikan dampak yang positif bagi dirinya, sehingga banyak melakukan pertimbangan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan mahasiswa sibuk merupakan mahasiswa yang senang melakukan banyak kegiatan, akan tetapi semua kegiatan yang ia lakukan belum tentu bermanfaat.

Tips Menjadi Mahasiswa yang Produktif

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif
Tips Menjadi Mahasiswa Produktif

Nah kira-kira apakah dianatar kamu semua, kamu seorang mahasiswa produktif atau malah yang satunya yaitu mahasiswa super sibuk? Untuk kalian yang ingin menjadi mahasiswa produktif, mulai dari sekarang kamu harus membentuk budaya dan kebiasaan sebagai mahasiswa produktif. Lalu apa saja yang harus kamu lakukan agar menjadi mahasiswa produktif? yuk langsung aja baca penjelasannya dibawah ini:

1. Manajemen Waktu

Keberhasilan dari seorang mahasiswa produktif di kampus dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti budaya mengajar, dosen, sistem perkuliahan, lingkungan kampus, keluarga, dan yang paling penting itu diri kamu sendiri.

Oleh karena itu, manajemen waktu jadi hal yang paling utama. Jika mahasiswa tidak pandai dalam mengatur waktu, tentu ia akan kewalahan dengan rutinitas yang padat. Akibatnya, mahasiswa mengalami burnout.

Menurut Waode yang dikutip dari laman resmi kampus UM Surabaya "Pertama adalah manajemen waktu. Misalnya, mahasiswa harus sadar betapa pentingnya manajemen waktu, jika tidak dipahami dengan benar bisa menjadi masalah karena mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan baru,"

2. Buat Daftar Tugas

Tips kedua untuk menjadi Mahasiswa Produktif yaitu Buat lah List Tugas yang harus dikerjakan. Setiap Mahasiswa dapat membuat daftar tugas atau agenda-agenda yang dilakukan secara terstruktur. Membuat daftar tugas bisa dilakukan di ponsel ataupun buku catatan yang selalu dibawa.

Fungsi dari membuat daftar tugas ini yaitu akan membantu mahasiswa untuk mengatur jadwal kegiatan sehari-hari sehingga tugas yang dikerjakan tidak bertabrakan satu sama lain.

3. Atur Waktu Istirahat

Memaksimalkan diri secara terus-menerus tidak baik, kamu juga butuh istirahat untuk memulihkan energi kembali. Mungkin kamu ingin memaksimalkan apa yang sedang dikerjakan, dengan menambah waktu lebih yang terkadang sampai melupakan waktu istirahat. Namun itu tidak baik, yang ada hasilnya bukannya membaik. Jadi untukmu, mulai sekarang perbaiki waktu istirahatmu ya.

4. Merencanakan Waktu Penyelesaian Tugas

Tips yang satu ini tidak kalah pentingnya. Mahasiswa produktif biasanya memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar tidak menjadi seseorang yang menunda-nunda penyelesaian tugas hingga terlambat atau selalu mengerjakan tugas di malam hari.

Menurut Waode "Jika mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, biasanya akan ada banyak masalah yang muncul, seperti gagal mengunggah tugas, printer bermasalah, dan lainnya. Merencanakan waktu penyelesaian tugas bertujuan agar dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya,"

5. Ikuti Kegiatan Kampus

Memang benar mengikuti berbagai kegiatan yang berada di kampus juga termasuk kedalam tips menjadi mahasiswa produktif. Kegiatan kampus yang kamu lakukan tidak selalu tentang mengurus organisasi, Tetapi juga bisa hal lainnya, seperti mengikuti lomba dan UKM.

Menurut aku Kegiatan yang berada dikampus itu bertujuan agar bisa mengasah kemampuan dasar mahasiswa, yang nantinnya akan dapt berguna saat berada di dunia kerja nantinya ataupun di lingkungan perkuliahan.

Menurut waode "Organisasi memang penting untuk mencapai kemampuan nonteknis yang dibutuhkan, tapi jangan lupa tanggung jawab dan komitmen awal,"

Selain 5 Tips Menjadi Mahasiswa yang Produktif di atas, Waode juga mengingatkan para mahasiswa baru untuk membuat ekosistem belajar yang nyaman. Biasanya bisa dengan menentukan tempat belajar yang sesuai, mengatur suhu ruangan, menyesuaikan waktu pencahayaan, dan bahkan menyalakan musik yang sesuai.

Oke demikianlah pembahasan hari ini mengenai Tips Menjadi Mahasiswa yang Produktif, semoga tulisan yang aku buat diatas dapat bermanfaat. Apabaliah ada penulisan yang typo atau salah ketik, aku mohon maaf dan Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020