Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa. Kampus atau Universitas merupakan tempat kita untuk belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan.

Tidak sedikit juga ada beberapa diantara mahasiswa yang mencari pengalaman dengan cara memulai bisnis untuk memperoleh penghasilan tambahan selama kuliah. Jika kalian salah satu seorang mahasiswa yang pingin sekali memasuki dunia bisnis.

Mungkin artikel ini sangat cocok untuk kalian baca sampai habis. Dikarekan saat ini aku akan merekomendasikan Bisnis yang cocok untuk Mahasiswa. Tanpa banyak basa-basi lagi, Berikut Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa yang wajib kalian coba.

Bisnis Fotocopy

Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa
Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa

Yes salah satu rekomendasi yang sangat cocok dan wajib banget kalian coba ialah bisnis fotocopy. Seperti yang kalian tau, bahwa kegiatan di kampus sangat terkait dengan layanan digital printing atau fotocopy. Bisni ini dapat kalian manfaatkan untuk menjadi sumber pendapatan dalam memulai bisnis.

Kenapa aku merekomendasikan hal ini? Karena Lokasi yang tepat dekat dengan kampus akan meningkatkan jumlah pelanggan yang menggunakan layanan bisnis ini. Adapun sebelum memulai bisnis fotocopy, kalian perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini agar tidak mengalami kendala selama proses pembukaan usaha:

  • Carilah lokasi yang cukup strategis dan mudah diakses oleh mahasiswa
  • Siapkan Modal yang cukup untuk menyewa tempat, pembelian mesin fotocopy dan peralatan lainnya.
  • Melakukan promosi kepada teman-teman kalian agar semua orang mengetahui usaha yang sedang kalian jalani
  • Kalian harus memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan
  • Kalian juga jangan lupa untuk menghitung modal dan keuntungan dengan hati-hati dan memberikan harga yang cukup terjangkau bagi para pelanggan, dikarenakan target utama kalian ialah para mahasiswa

Bisa dikatakan bahwa bisnis ini sangat menguntungkan, Dikarekan keuntungan yang didapatkan cukup besar. Selain itu juga, layanan fotocopy pasti dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan promosi yang terus-menerus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Bisnis Pulsa

Walaaupun sekarang ini banyak e-commerce yang menyediakan layanan pulsa, bukan berarti bisnis kamu akan terhambat ya. Dikarenakan menurut Magnate.Id Bisnis Pulsa ini banyak sekali digemari oleh mahasisw, dikarenakan bisnis ini tergolong cukup mudah dan praktis dilakukan.

Serta Menurut Magnate.Id, bisnis pulsa dapat memberikan keuntungan yang besar apabila kalian memiliki pelanggan yang cukup banyak. Kalian dapat memanfaatkan teman kalian, atau kenalan kalia, atau bisa juga mahasiswa lainnya yang membutuhkan pulsa atau kuota internet.

Untuk menarik pelanggan yang banyak, Kalian bisa memberikan harga yang tergolong lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh outlet pulsa lainnya. Adapun Berikut ini keuntungan yang bisa kalian peroleh dari bisnis pulsa:

  • Pulsa dibutuhkan oleh semua orang untuk membeli paket internet, menelpon, dan lain-lain. kalian dapat memanfaatkan situasi ini untuk menghasilkan banyak keuntungan.
  • Bisnis Pulsa hanya memerlukan modal yang kecil. Sebagai mahasiswa, bisnis pulsa sangat dianjurkan karena hanya membutuhkan modal kecil. Kalian dapat menggunakan sedikit uang jajan sebagai modal awal untuk bisnis pulsa.
  • Bisnis Pulsa dapat dimulai dengan mudah karena tidak rumit. Kalian hanya perlu mendaftar ke distributor dan mengisi saldo, kemudian bisa langsung menjalankan bisnis ini.
  • Bisnis Pulsa dapat dikerjakan dimana saja dikarenakan produknya yang bersifat digital yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan dari pelanggan.

Jasa Kursus

Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa yang ke-3 ialah Jasa Kursus. Hal ini banyak dilakukan oleh mahasiswa, salah satunnya aku sendiri. Bisa dikatakan sih, bahwa Salah satu sumber penghasilan bagi mahasiswa adalah menjadi guru les atau kursus.

Kenapa demikian? Karena dengan menjadi guru kursus atau guru les, Kalian bisa mengasah keterampilan yang Kalian miliki, Sekaligus menghasilkan penghasilan. Ada 2 cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadi guru les atau guru private, yaitu:

a. Mendaftar menjadi guru kursus di suatu lembaga

Kalian bisa mendaftar di suatu lembaga dan menjadi bagian dari lembaga kursus yang menerima tenaga pengajar. Yang perlu kalian lakukan ialah mencari lembaga kursus dan hanya perlu mendaftar kemudian mengajar. Urusan promosi atau pemasaran biasanya ditangani langsung oleh pihak lembaga tersebut.

b. Membuka kursus sendiri

Cara kedua yaitu membuka kursus sendiri. Cara ke-2 ini yang aku lakukan, dikarenakan aku merasa kesulitan mencari lembaga kursus sebagai tenaga pengajar, terlebih lagi hasil yang aku dapatkan tidak dipotong seperti menjadi guru les di lembaga.

Kalian dapat membuat iklan pembukaan kursus dan menawarkannya ke banyak orang dengan cara membuat promosi iklan melalui media cetak maupun media sosial. kalian bisa mencantumkan keterampilan yang kalian punya beserta harga yang kalian tawarkan.

Menjadi guru kursus/les/dan private memungkinkan kalian untuk menghasilkan penghasilan yang besar tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Selain itu juga, Kalian dapat membagikan ilmu atau keterampilan yang kalian pelajari selama ini kepada orang lain. Udah dapat penghasilan dapat pahala juga. Menarik banget bukan?

Menjual Barang Bekas

Nah Rekomendasi Bisnis yang satu ini baru banget muncul di era milineal saat ini, sering disebut dengan Thriftin. Menurut aku pribadi sih, ini salah satu Rekomendasi dikarenakan dengan Menjual barang bekas juga merupakan salah satu sumber penghasilan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Menurut beberapa sumber yang aku baca, salah satu cara untuk memulai bisni ini, ialah seperti ini :

a. Membeli pakaian bekas dari thrift shop

Kalian semua dapat membeli pakaian bekas dalam bentuk bal dengan harga yang lebih murah dan jumlah yang banyak. Kemudian, Kalian harus menghilangkan kotoran atau bau yang tidak sedap pada pakaian tersebut dengan menggunakan jasa laundry. Setelah itu kalian dapat menjual pakaian yang telah dibersihkan tadi, kepada orang lain secara langsung atau melalui media sosial.

Tips dari aku untuk membeli barang bal ialah pastikan vendor yang kalian gunakan sering memberikan barang-barang terbaik untuk dijual agar kalian tidak merugi. Kamu dapat melakukan survey pasar terlebih dahulu sebelum memilih vendor yang dapat dipercaya.

b. Menjual kembali produk-produk yang sudah pernah dipakai

Cara kedua untuk memulai Bisnis Menjual barang bekas ialah Menjual kembali Produk yang sudah pernah dipakai dan tidak digunakan lagi. Contohnya aja dalam produk perawatan kulit. Banyak banget kan? orang yang sudah membeli produk perawatan kulit, tetapi ternyata produk yang dibeli tidak cocok dengan kulit mereka.

Kalian dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menjual kembali produk yang telah digunakan kepada konsumen yang membutuhkannya. Selain produk perawatan kulit, ada juga ide bisnis lainnya yang dapat kalian lakukan yaitu menjual peralatan rumah tangga bekas orang lain seperti meja, kursi, dispenser, lemari, dan lain sebagainya.

Kalian dapat membeli barang bekas tersebut dengan harga yang murah, kemuda dapat kamu jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Kamu bisa jual barang tersebut kepada orang-orang yang membutuhkannya. Sedangkan untuk Barang-barang elektronik bekas bisa seperti HP, laptop, komputer, AC, dan lain sebagainya, juga dapat kamu jual untuk menghasilkan keuntungan.

c. Memodifikasi barang bekas untuk meningkatkan nilai jual

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menjual barang bekas adalah dengan memodifikasi barang terlebih dahulu untuk meningkatkan nilai jual. Misalnya, kamu menemukan celana jeans yang sudah robek dan tidak memiliki nilai jual, kemudian kamu dapat memodifikasinya menjadi sebuah tas yang memiliki nilai jual yang tinggi. Selain menghasilkan keuntungan, kamu juga dapat terus menerus melatih kreativitas kamu."

Jasa Fotografi

Ide Bisnis yang ke-3 yaitu dengan membuka Jasa fotografi, Bisnis Jasa Fotografi ialah sebuah ide bisnis yang sangat menjanjikan, terutama untuk Kamu yang sedang berkuliah dibidang ini. Kamu bisa mempromosikan keterampilan fotografi yang kamu miliki, pada acara-acara kemahasiswaan seperti wisuda, sidang skripsi, dan lain-lainnya.

Jasa ini banyak dibutuhkan karena banyaknya momen-momen yang ingin diabadikan oleh mahasiswa, bahkan oleh masyarakat luas. Kamu bisa membuat iklan promosi yang disebar di media sosial serta membuat promosi untuk menarik pelanggan. Bisnis jasa fotografi dapat menghasilkan uang serta akan meningkatkan kemampuan kamu dalam dunia Fotografi.

Kamu juga dapat memiliki kesempatan untuk memperluas dan mengasah bidang usaha kamu ke luar kampus, seperti jasa foto pre-wedding, pernikahan, akikah, dan lain-lain yang pastinya memberikan lebih banyak keuntungan. Sebelum memulai bisnis fotografi, ada baiknya Kamu ahrus mempersiapkan alat-alat berikut ini:

a. Kamera

Dunia fotografi memang identik dengan kamera. Kamu dapat menyesuaikan kamera dengan kebutuhan fotografi. Jika kamu seorang pemula, kamu dapat menggunakan kamera dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu namun dengan kualitas yang baik.

b. Lensa

Lensa mampu membuat hasil foto dapat terliht lebih bagus dan berkualitas. Selain itu juga, Setiap lensa dapat membantu melakukan zoom untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jernih dan tajam. Unutk memilih lensa kamu dapat memilih dengan menyesuaikan kebutuhan selama pemotretan.

c. Memory card

Memory card diperlukan atau digunakan untuk menyimpan hasil foto yang ada di kamera kemudian dengan memory card hasil foto tadi dapat dipindahkan ke device lain untuk dapat dicetak atau diedit terlebih dahulu.

d. Laptop

Sedangkan untuk kebutuhan Laptop yaitu biasanya digunakan untuk mengedit foto dan video yang dihasilkan oleh kamera. Pengeditan yang dilakukan biasanya meliputi warna, filter, durasi, efek, dan lain-lain.

Jika Kalian kesulitan untuk mendapatkan barang-barang diatas, Kamu bisa menyewanya dari pihak yang menyediakan jasa tersebut. Akan Tetapi, Kamu harus memperhitungkan keuntungan yang akan kamu dapatkan agar tidak merugi saat memutuskan menyewa peralatan fotografi tersebut.

Oke Demikianlah artikel hari ini mengenai Rekomendasi Bisnis yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa. kamu bisa memulai dari hal-hal yang kamu minati kemudian mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mendapatkan keuntungan dan pengalaman bisnis selama duduk dibangku perkuliahan.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020