Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

10 Tips dan Trik Lolos SNBT 2023

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Tips dan Trik Lolos SNBT. Untuk Bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) memang tidak mudah. Hampir semua pelajar di Indonesia ingin kuliah di PTN pilihan mereka. Jadi, jika Kalian sudah memtuskan dan berniat melanjutkan pendidikan di PTN, Kalian harus siap bersaing dengan banyak orang.

Seperti yang kalian tau bahwa pada tahun 2023, ada perubahan skema untuk menuju Perguruan Tinggi Negeri. Dimana pada tahun 2023, UTBK-SBMPTN dan SNMPTN ditiadakan! dan diganti dengan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Jalur utama yang paling diminati siswa ialah SBMPTN atau sekarang disebut dengan SNBT. SNBT sendiri merupakan penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi negeri dengan menggunakan sistem penilaian tingkat nasional.

SNBT ialah ujian tertulis yang akan menyeleksi Kalian untuk masuk ke perguruan tinggi negeri pilihan Kalian. Nantinya, ujian tulis SNBT terdiri dari Materi TPS. Adapun Tips dan Trik agar kalian Bisa Lulus Tes SNBT ialah sebagai berikut:

Tips dan Trik Lolos SNBT

Tips dan Trik Lolos SNBT
Tips dan Trik Lolos SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau yang dikenal dengan SNBT, telah menarik banyak perhatian dari mahasiswa di seluruh Indonesia. Banyak orang ingin masuk ke sekolah bergengsi karena alasan tertentu.

Karena biaya rendah dan prospek pekerjaan perusahaan publik dan swasta di Indonesia diperhitungkan. Untuk menambah semangat menghadapi SNBT mendatang, Adapun Tips dan Trik agar kalian Bisa Lulus Tes SNBT ialah sebagai berikut:

1. Urutkan Peluang Terbesar berdasarkan Peminat dan Daya Tampung

Kalian harus memiliki strategi yang bagus dalam memilih jurusan, seperti melihat Peminat dan Daya Tampung. Jangan kecewakan diri kalian hanya karena salah memilih jurusan yang menarik minatmu. Pertama, kalian harus menemukan orang-orang yang menyukai topik yang kalian minati. Kedua, kalian harus mengurutkan dari opsi pertama, yang paling menarik hingga paling sedikit. Hal lain yang perlu kalian perhatikan ialah gelar dan kualitas universitas.

2. Pastikan ketiga Jurusan yang Dipilih Mengarah ke arah yang sama

Saat memilih jurusan dari ketiga pilihan tersebut, usahakan untuk memasukkan jurusan yang sama walaupun pada universitas yang berbeda. Peluang kalian untuk lolos SBMPTN akan sangat tinggi. Karena startegi ini akan membuat kalian mendapatkan poin tambahan.

3. Pilih Jurusan berdasarkan Minat dan Keterampilan Kalian

Jurusan yang kalian pilih harus sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Jangan hanya dinilai dari prospek kerja atau gaji setelah selesai berkuliah. Kalian tidak perlu takut akan kesulitan di jurusan ini. Selama kalian mau berusaha, kesulitan-kesulitan tersebut akan mudah diatasi.

4. Manfaatkan Sistem Penilaian Baru

Penilaian SNBT kali ini, akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalian tidak perlu khawatir jika mendapat poin negatif karena menjawab pertanyaan yang salah. Terlebih lagi, pada tahun ini SNBT bisa diikuti 2 kali.

5. Ikuti Ujian Try Out SNBT untuk Mengasah Kemampuan Kalian

Banyak Sekalian Bimbel yang menawarkan tes SNBT untuk Para Pelajar. Hal ini penting agar peserta SNBT dapat mengukur kemampuannya melalui soal-soal dan menentukan tingkat keberhasilan peserta dalam berbagai tes.

6. Jaga Kesehatan Tubuh Kalian

Kalian perlu mempersiapkan tubuh dan kesehatan kalian agar dapat menjawab setiap pertanyaan dengan benar. Untuk itu, Kalian harus menjaga agar mata tidak cepat lelah dan tidak terus-terusah aktif di depan layar komputer.

Usahakan untuk selalu tidur tepat waktu dan jangan memaksakan diri selama belajar. Ingatlah untuk menjaga kesehatan Kalian sehingga ketika ujian, kalian berada dalam kondisi terbaik. Bila perlu, minumlah vitamin dan suplemen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ingatlah untuk mengurangi aktivitas yang dapat membuat lelah dan merusak kesehatan, terutama kesehatan mata.

7. Belajar Keras

Hal lainnya yang perlu kalian lakukan agar lulus SNBT adalah Belajar dengan keras. Itu sudah menjadi proses dan semuanya dimulai dengan niat. Jika Kalian berniat masuk PTN favorit, Kalian harus belajar dengan baik. Apalagi jika ingin masuk ke jurusan favorit, akan banyak persaingan.

8. Mengatur Jadwal Belajar

Langkah selanjutnya adalah menjadwalkan Kegiatan Belajar. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kurva belajarnya sendiri. Beberapa merasa lebih baik di pagi hari, beberapa di sore hari, beberapa di siang hari, dan mungkin aja ada yang di malam hari.

Jadi, pastikan Kalian belajar dengan baik di jam sibuk, dan tentunya otak akan lebih baik daripada di luar jam kerja. Itu ilmu ya kalau waktu terbaik saya misalnya subuh jam 5-9 pagi, setelah itu baru ketiduran dan capek.

Buat kalian yang masih banyak bermain, akan lebih baik jika berhenti dan fokus belajar sekarang. Ingat, pesaing kalian ada di seluruh Indonesiayang saat ini sedang bersiap belajar untuk mengikuti SNBT.

9. Mencari Soal- Soal SNBT

Tidak ada salahnya mencoba mencari soal-soal ujian SBMPTN tahun lalu dan belajar dengan baik. Format soal ujian SBMPTN dari tahun ke tahun tidak berbeda jauh, jadi jika kalian mengetahui soal-soal tersebut atau sudah familiar dengannya, Kalian tidak akan kesulitan dalam mengerjakannya. Pelajari soal-soal dari yang paling mudah dari tingkat menengah ke tingkat yang sulit. Pastikan Kalian mengetahui jenis soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian lanjut ke level berikutnya.

10. Buat kelompok belajar

Bagi yang merasa kesulitan untuk belajar sendiri, cobalah buat komunitas kecil bersama teman-teman Kalian untuk mengobrol. Temukan teman yang akan membuat Kalian lebih berkembang. Kalian bisa belajar di akhir pekan di rumah, atau ditempat lainnya misalnya, mencari suasana yang bagus untuk belajar.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai Tips dan Trik Lulus SNBT, Semoga apa yang aku tulis diatas dapat bemanfaat. Apabila ada salah tulis atau typo Mohon Maaf dan terimakasih sudah membaca. Sampai ebrtemu diartikel selanjutnnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020