Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

Edukasistan.com - Hello guys! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK. Meskipun pendidikan SMK siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus, ternyata banyak lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke lebih tinggi lagi.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah sekolah menengah yang mempersiapkan siswa untuk bekerja segera setelah lulus. Jadi selain belajar teorinya, siswa juga belajar dengan melakukan praktek. Biasanya, siswa SMK langsung bekerja setelah lulus, tanpa perlu melanjutkan ke perguruan tinggi.

Namun, banyak juga yang memutuskan untuk kuliah terlebih dahulu dan terjun ke dunia kerja. Persaingan di pasar kerja semakin ketat, yang membuat gelar sarjana begitu penting akhir-akhir ini!

Seperti yang aku bilang bahwa keunggulan siswa SMK adalah karena sering praktek, mereka paham betul bidang yang dipelajari, paham proses dan tempat kerja, sehingga mereka memiliki arah yang jelas dalam memilih perguruan tinggi.

Namun, ada beberap diantara mereka yang mempunyai masalah sendiri yaitu memilih jurusan yang tepat. Oleh sebab itu, berikut ini adalah 10 jurusan yang bisa kamu jadikan referensi saat bingung memilih jurusan apa. Jika memungkinkan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan keahlian kamu sebelumnya.

1. Spesialisasi Arsitektur

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK
Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

Salah satu jurusan studi yang cocok untuk kamu yang lulusan sekolah kejuruan teknik bangunan, adalah jurusan arsitektur. Karena apa yang dipelajari di SMK seperti proses menggambar proyeksi dengan tangan dan secara digital dengan Autocad bisa menjadi dasar ketika ingin melanjutkan studi di bidang ini.

Di jurusan arsitektur ini, kamu akan belajar tentang desain dan konstruksi bangunan, termasuk firmitas (kekuatan bangunan), venustas (estetika bangunan), dan utilitas (layanan bangunan). Jadi, untuk masuk ke jurusan ini, kamu harus tertarik dengan matematika, grafis, seni, dan teknologi.

Selama studi nanti, kamu akan sering masuk ke pengukuran bangunan, merencanakan anggaran dan bahan, memperkenalkan detail bahan bangunan, dan membuat rencana. Oleh karena itu, diperlukan skill dan kreativitas yang tinggi untuk dapat membuat bangunan rumah apapun dengan baik dan sesuai dengan permintaan klien.

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang ini? kamu tidak perlu khawatir, di Indonesia banyak sekolah yang bisa Anda pilih, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP )danUniversitas Brawijaya (UB) . Setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi arsitek, kamu juga dapat bekerja sebagai konsultan arsitek, analis pembangunan kota, kontraktor, atau bahkan analis kuantitatif

2. Jurusan Teknik Mesin

Bagi mahasiswa Fakultas Teknik Mesin yang setelah lulus ingin melanjutkan pendidikan, Jurusan Teknik Mesin bisa menjadi pilihan utama. Mereka yang sudah familiar dengan bidang teknik akan mudah untuk mempelajari semua mata pelajaran di bidang ini.

Selain mempelajari perawatan mesin, desain mesin, dan proses produksi mesin, kalian juga bisa menguasai bidang ilmu teknik seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Karena hampir semua yang berhubungan dengan mesin saat ini dapat bekerja sebagai insinyur, perancang, teknisi atau orang yang bekerja di berbagai industri seperti otomotif, pabrik industri, industri dirgantara, bahkan minyak dan gas.

3. Teknik Komputer

Bidang teknologi dan ilmu komputer merupakan salah satu bidang favorit siswa SMK. Bidang ini mencakup banyak program teknis, seperti teknik informatika dan komputer, teknik komputer dan jaringan, dan teknik komunikasi.

Jika kamu ingin terjun dan masuk kedalam bidang ini , kamu bisa memilih bidang teknik komputer. Pengetahuan tentang perangkat lunak dan TI. Mata Pelajaran yang kamu peroleh di SMK dapat kamu gunakan sebagai dasar untuk belajar di bidang ini.

Selama kuliah di Jurusan Teknik Komputer, kamu akan mempelajari secara detail proses pembuatan perangkat lunak, cara kerja, dan cara pembuatannya. Di Indonesia, jurusan ini dapat ditemukan di banyak universitas negeri seperti Universitas Gadjah Mada (UGM),Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Menurut haaman Tirto, di masa pandemi Covid-19 jumlah pelanggan e-commerce meningkat 38,3% dibandingkan tahun lalu. Ini berarti akan ada banyak e-business yang dapat menyerap tenaga kerja dengan latar belakang teknik komputer.

Tidak hanya prospek kerja yang menjanjikan di bidang e-commerce, ternyata lulusan bidang ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan perbankan.

4. Jurusan Farmasi

Untuk kamu yang lulusan sekolah kejuruan dengan program spesialis klinik, jika kamu ingin melanjutkan studi, maka kamu dapat memilih jurusan farmasi untuk melanjutkan studi di bidang ini. Di jurusan ini, selain belajar cara meracik, mengolah, dan memproduksi obat, kamu juga dapat terlibat dalam bidang kedokteran.

Jadi, ketika kamu belajar di bidang farmasi, kamu tidak selalu belajar di kelas, tetapi juga kamu dapat terlibatlangsung dalam berbagai praktek. Selain bekerja di apotek, sebagai lulusan jurusan ini, kamu juga bisa bekerja di bidang farmasi lainnya seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, perusahaan farmasi, dan perusahaan pencari industri kecantikan dan kesehatan dan lainnya.

5. Jurusan Akuntansi

Salah satu pilihan jurusan yang popular bagi lulusan program akuntansi SMK adalah jurusan akuntansi. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari debit-kredit, pasar modal,dan pembukuan. Dengan demikian, kamu dapat memperdalam dasar-dasar akuntansi yang telah dipelajari di SMK.

Setelah lulus dari Jurusan ini, kamu akan menerima gelar sarjana Ekonomi (SE). Dengan gelar ini, kamu dapat memulai karir sebagai akuntan pajak, spesialis keuangan, akuntan, atau bankir.

Banyak sekolah yang menawarkan jurusan akuntansi seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran

Sebagai lulusan SMK dengan jurusanAdministrasi Perkantoran ,kamu dapat melanjutkan studi di bidang yang sama yaitu bidang administrasi perkantoran ataupun manajemen perkantoran. Dalam jurusan ini, kamu akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pengumpulan data, dan penyediaan semua manajemen perusahaan. Setelah lulus, kamu bisa menjadi sekretaris, staf administrasi, atau staf hukum di bisnis seperti manufaktur, TI, dan perbankan.

7. Jurusan Pariwisata

Apakah kamu ingin melanjutkan pendidikan di dunia pariwisata? karena telah lulus dari sekolah profesional di bidang teknik yang sama? Tentu saja bisa. kamu dapat meningkatkan pengetahuan di bidang ini dan mewujudkan impian karier kamu di jurusan ini.

Setelah selesai, kamu akan belajar lebih banyak tentang sektor pariwisata, termasuk manajemen destinasi, manajemen pariwisata dan perjalanan, hingga perhotelan. Salah satu keterampilan yang harus kamu miliki selama belajar di bidang ini adalah keterampilan komunikasi yang baik.

Keterampilan ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak turis dari berbagai negara. Setelah lulus dari jurusan ini, prospek kerjanya cukup luas. kamu dapat menjadi pemandu wisata, operator tur, manajer tur, dan manajer hotel.

8. Jurusan Tata Busana

Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan program tata busana, kamu juga akan memiliki keterampilan lain seperti desain pakaian, pembuatan pola, gaya, dan pelaksanaan proyek mode. Keterampilan tersebut dapat menjadi dasar untuk melanjutkan studi di bidang seperti fashion design.

Di jurusan ini, kamu juga akan belajar cara marketing dengan baik di dunia fashion, termasuk dari fotografi ke mode hingga menulis fashion blog. Sebagai mahasiswa Jurusan tata busana, biasanya di akhir semester kamu akan bertanggung jawab menyelenggarakan fashion show dengan menampilkan busana karya desainer kamu sendiri.

Lulusan jurusan ini dapat berkarir di dunia fashion sebagai fashion designer, fashion photographer, fashion artist, dan fashion journalist. Banyak perusahaan dan brand fashion yang membutuhkan lulusan departemen ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.

9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jika kamu merupakan lulusan SMK dengan spesialisasi seni grafis dan ingin mengembangkan kreativitas, kamu dapat memilih Departemen Komunikasi Visual (DKV) untuk mendapatkan gelar sarjana kamu. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar tentang teknik media sosial menggunakan visual.

Terdapat tiga jurusan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu, yaitu komunikasi media visual, komunikasi grafis, dan komunikasi massa. Di Indonesia, banyak kampus yang memiliki jurusan DKV, seperti Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Seni Indonesia (ISI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Lulusan mata kuliah ini akan mendapatkan gelar Bachelor of Design (S.Des). Anda dapat menggunakan gelar ini untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang seperti fotografer, artis, animator, dan pengembang web.

10. Jurusan Film dan Televisi

Setelah lulus SMK, Salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih di program seni media adalah jurusan film dan televisi. Selain mempelajari teknik produksi film dan televisi yang telah dipelajari di sekolah menengah kejuruan, kamu juga akan memperoleh keterampilan lain seperti penulisan naskah video, manajemen produksi video, pengarahan program, pengeditan foto elektronik, dan edisi elektronik.

Dengan majunya dunia perfilman, tak heran jika lulusan di bidang ini banyak diminati. kamu dapat mencoba pekerjaan di industri media dan film sebagai asisten set film, sutradara, editor, manajer seni, juru kamera, dan fotografer.

Nah itulah beberapa jurusan yang cocok untuk kamu para lulusan SMK yang masih bingung mau masuk jurusan apa. Agar tidak salah pilih, kamu harus dapat menyesuaikan jurusan kuliah dengan kemampuan kamu di bidang yang kamu sukai.

Oke sekian pembahasan kita hari ini, mengenai Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK. Semoga tulisan diatas dapat memberikan informasi, Apabila ada penulisan yang typo atau kurang jelas mohon maaf dan Terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020