Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBP UIN Walisongo 2023

Edukasistan.com - Hai teman-teman! Kali ini kita mau bahas soal Passing Grade SNBP UIN Walisongo nih. Ini penting banget buat kalian yang mau lulus di Universitas Islam Negeri Walisongo, terutama buat jurusan Saintek dan Soshum. Sebelumnya aku udah pernah memberikan Prediksi nilai rapor SNBP biar kalian bisa buat strategi yang oke.

Sekarang aku mau bagi strategi baru lagi, yaitu Passing Grade SNBP. Biar kalian bisa bikin strategi yang lebih efektif buat masuk ke jurusan impian di universitas yang kalian mau, gunakan secara maksimal 2 tips yang aku berikan ini ya!

Tapi, ada yang udah tau belum apa itu Passing Grade? Passing Grade itu sebenernya persentase atau angka kelulusan buat ngecek tingkat kesulitan di setiap jurusan. Biasanya strategi ini dipake sama bimbingan belajar gede untuk menghiting ketetatan setiap jurusan.

Bisa diakatakan bahwa hitung Passing Grade lebih gampang daripada hitung Nilai Rata-Rata SNMPTN yang ribet banget. Tapi, di artikel ini aku ga bakal bahas cara hitung Passing Grade. Aku langsung bagi persentasenya aja biar kalian ga perlu repot nyari atau hitung Passing Grade SNBP Universitas Islam Negeri Walisongo.

Tentang Universitas Islam Negeri Walisongo

Passing Grade SNBP UIN Walisongo
Passing Grade SNBP Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo adalah perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang terletak di Semarang, Jawa Tengah di jalan Jalan Walisongo Nomor.3-5, Tambakaji, Kecamatan. Ngaliyan. Nama "Walisongo" diambil dari sembilan tokoh Islam yang dikenal sebagai Walisongo, yang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada abad ke-15 dan ke-16.

UIN Walisongo menyediakan program studi di berbagai fakultas, termasuk Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Selain itu, UIN Walisongo juga memiliki beberapa program pascasarjana dan pusat penelitian yang mengkhususkan diri dalam berbagai bidang, seperti studi Islam, bahasa Arab, dan sejarah Islam. UIN Walisongo juga terkenal sebagai pusat penelitian dan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.

UIN Walisongo adalah salah satu dari beberapa universitas Islam negeri di Indonesia dan memiliki reputasi yang baik dalam dunia pendidikan dan penelitian Islam.

Nah, kabar gembira nih guys! Tahun ini, UIN Walisongo dapet sertifikat "A" dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Jadi udah dipastikan kualitasnya oke banget. Ini juga udah diatur di Surat Perintah BAN-PT nomor 49/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019 lho.

Terus, buat kalian yang ingin cari-cari info soal ranking perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia, UIN Walisongo itu nangkring di peringkat ke-178 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat ke-7178 sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia versi webometrics tahun 2022.

Passing Grade SNBP UIN Walisongo Prodi Saintek dan Soshum

Nah, pada penerimaan PTN tahun ini, SNBP bakal gantikan SNMPTN. Meski beda aturannya, tapi ada yang bikin beda banget yaitu pada Sistem SNBP punya opsi jurusan yang lebih fleksibel. Jadi, kamu bisa daftar ke 2 prodi yang berbeda di SNBP atau yang orang-orang sebut dengan Lintas Jurusan.

Dulu, di SNMPTN cuma Prodi Saintek yang bisa lintas jurusan, yang lainnya ga bisa. Tetapi pada sistem kali ini, semua prodi bisa lintas jurusan. Sekarang, aku mau memberikan data Passing Grade SNBP untuk Prodi Saintek dan Soshum di Universitas Islam Negeri Walisongo.

Catatan ya! Karena saat ini kita boleh lintas jurusan, Maka Prediksi yang aku berikan dibawah ini bakal aku gabungkan.

Kalo kalian mau tau aturan SNBP lebih detil, bisa baca artikel tentang aturan memilih jurusan di SNBP dan apa itu SNBP. Ga usah lama-lama lagi, ini dia Passing Grade SNBP Universitas Islam Negeri Walisongo buat Prodi Saintek dan Soshum.

Program Studi Daya Tampung 2023 Data Peminat 2022 Passing Grade
Biologi 26 135 19,26%
Fisika 18 31 58,06%
Gizi 30 402 7,46%
Ilmu Hukum 40 337 11,87%
Ilmu Politik 30 151 19,87%
Kimia 26 67 38,81%
Manajemen 40 809 4,94%
Matematika 26 123 21,14%
Psikologi 40 464 8,62%
Sosiologi 30 339 8,85%
Teknologi Informasi 26 239 10,88%
Teknik Lingkungan 18 (Prodi Baru) -

Berdasarkan data di atas, terlihat persaingannya bisa dibilang cukup sengit buat masuk ke Universitas Islam Negeri Walisongo. Kamu harus berkompetisi sama beberapa orang biar bisa diterima di program studi di sana. Contohnya, Prodi Psikologi cuma punya daya tampung buat 40 orang tapi yang daftar sampe 464 orang, jadi peluang kamu cuma sekitar 8,62%.

Walaupun tida seketat UI dan UGM yang peluangnya dibawah 6%. Kok susah banget sih? Emang sih persaingannya ketat di Universitas tersebut, beda sama ITERA yang peluangnya lebih dari 40%.

Nah, ini penting banget buat kalian inget ya guys! Semakin kecil persentase Passing Grade yang aku kasih di atas, semakin susah buat masuk ke jurusan yang kamu mau. Jadi, secara keseluruhan, Passing Grade UIN Walisongo buat program studi Saintek dan Soshum sekarang sekitar 19,07%.

Data daya tampung yang tadi aku kasih itu emang beneran loh, tapi jumlah orang yang mau daftar tahun ini bisa beda dari tahun sebelumnya. Makanya, tingkat persaingannya bisa beda-beda. Jadi, informasi yang aku kasih cuma buat jadi patokan atau perbandingan aja, jangan jadi satu-satunya faktor buat kamu memutuskan.

Sekarang kan kalian udah tau Passing Grade SNBP UIN Walisongo, jadi buruan siapin strategi terbaik buat masuk jurusan impian kalian. Mudah-mudahan info yang aku kasih bisa bermanfaat ya. Kalo ada salah kata atau apapun, aku minta maaf dan terima kasih banyak buat kalian yang udah baca artikel ini. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020