Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBP UNTIDAR 2024

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini kita akan membahas Passing Grade SNBP UNTIDAR yang dapat membantu kalian untuk lulus di Universitas Tidar untuk program studi Saintek dan Soshum. Sebelumnya, aku pernah membagikan Prediksi Nilai Rapor SNBP agar kamu bisa menyusun stategi yang baik.

Sekarang, aku ingin memberikan strategi baru lagi yaitu Passing Grade SNBP. Oleh sebab itu, Gunakan 2 tips ini agar kamu dapat membuat strategi yang lebih efektif dalam masuk ke program studi impian di universitas yang kamu inginkan.

Table Of Contents

    Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu Passing Grade? Passing Grade adalah persentase atau angka kelulusan untuk mengecek tingkat kesulitan di setiap jurusan. Biasanya strategi ini digunakan oleh bimbingan belajar besar. Menghitung Passing Grade lebih mudah daripada menghitung Nilai Rata-Rata SNBP yang cukup rumit.

    Namun, dalam artikel ini, aku tidak akan membahas cara menghitung Passing Grade. Aku langsung membagikan persentasenya agar kalian tidak perlu repot mencari atau menghitung Passing Grade SNBP Universitas Tidar 2024.

    Tentang Universitas Tidar

    Passing Grade SNBP UNTIDAR
    Passing Grade SNBP Universitas Tidar

    Universitas Tidar adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1979 dan dulunnya universitas ini merupakan universitas swasta, Baru pada tanggal 1 April 2014 berubah menjadi Kampus Negeri. Hal ini telah tercantum dalam PP Nomor 23 Tahun 2014.

    Saat ini, Universitas Tidar memiliki berbagai fakultas dan program studi, antara lain Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian.

    Selain itu, Universitas Tidar juga memiliki pusat-pusat penelitian dan pengembangan, seperti Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

    Universitas Tidar juga memiliki berbagai fasilitas pendukung kegiatan akademik, seperti perpustakaan, laboratorium, gedung perkuliahan, serta fasilitas olahraga dan rekreasi. Universitas Tidar juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga di dalam dan luar negeri.

    Dalam menjalankan visinya untuk menjadi universitas unggulan yang berperan dalam pengembangan masyarakat dan pembangunan bangsa, Universitas Tidar terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter.

    Alamat lengkap Universitas Tidar adalah di Jalan Kapten Suparman Nomor 39, Tuguran, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara. Perguruan tinggi negeri ini telah mendapatkan sertifikat "B" dari Badan Akreditasi Nasional Tinggi (BAN-PT) pada tahun ini.

    Sebagaimana tertera dalam Surat BAN-PT nomor 334/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Pada tahun 2024, UNTIDAR berhasil menempati peringkat ke-196 sebagai institusi pendidikan terbaik di Indonesia dan ke-7464 di dunia menurut peringkat webometrics.

    Passing Grade SNBP UNTIDAR

    Pada Penerimaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini, SNBP akan menggantikan SNMPTN meskipun keduanya memiliki aturan sendiri-sendiri. Salah satu perbedaannya, SNBP memiliki pilihan jurusan yang lebih fleksibel. Jadi, pada SNBP kamu bisa mendaftar ke berbagai jurusan atau yang biasa disebut Lintas Jurusan.

    Dulu, pada SNMPTN hanya program studi Saintek yang bisa lintas jurusan, sedangkan program studi lainnya tidak bisa. Nah, sekarang aku ingin membagikan data Passing Grade SNBP untuk Prodi Saintek dan Soshum di Universitas Tidar.

    Jika kalian ingin mengetahui aturan SNBP secara lebih detail, baca saja artikel tentang aturan memilih jurusan di SNBP dan apa itu SNBP. Tanpa berlama-lama, langsung saja, ini dia Passing Grade SNBP UNTIDAR Tahun 2024.

    Nama Daya Tampung 2024 Peminat 2023 Passing Grade
    Agroteknologi 45 305 14,75%
    Akuakultur 45 128 35,16%
    Akuntansi 40 612 6,54%
    Ekonomi Pembangunan 40 420 9,52%
    Hukum 46 443 10,38%
    Ilmu Administrasi Negara 75 493 15,21%
    Ilmu Komunikasi 40 658 6,08%
    Manajemen 40 912 4,39%
    Pariwisata 26 309 8,41%
    Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 40 499 8,02%
    Pendidikan Bahasa Inggris 40 314 12,74%
    Pendidikan Biologi 32 193 16,58%
    Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam 32 169 18,93%
    Pendidikan Matematika 32 239 13,39%
    Peternakan 45 227 19,82%
    Teknik Elektro 24 167 14,37%
    Teknik Industri 16 97 16,49%
    Teknik Mekatronika 16 27 59,26%
    Teknik Mesin 32 229 13,97%
    Teknik Sipil 24 317 7,57%
    Teknologi Informasi 16 164 9,76%
    Teknologi Pangan 30 118 25,42%
    Akuntansi Perpajakan 20 (Prodi Baru) -

    Kesimpulan Passing Grade SNBP UNTIDAR

    Dari data di atas, terlihat persaingan untuk diterima di Universitas Tidar cukup sengit. Minimal kamu harus bersaing dengan beberapa orang untuk bisa diterima di program studi Universitas Tidar. Sebagai contoh, program studi Manajemen hanya memiliki daya tampung untuk 40 orang tetapi jumlah peminatnya mencapai 912 orang, sehingga peluangmu untuk diterima hanya sekitar 4,39%.

    Sangat sulit, bukan? Persaingan di Universitas Tidar memang ketat, jika dibandingkan dengan ITERA yang memiliki peluang lebih dari 40%.

    Penting banget, untuk perlu kalian ingat guys! Semakin kecil persentase Passing Grade yang aku berikan di atas, maka semakin sulit untuk diterima di jurusan yang ingin kamu masuki. Jadi, secara keseluruhan, Passing Grade UNTIDAR untuk tahun 2024 ini sekitar 15,76%. Peluangnya lebih besar, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 10,71%.

    Data kapasitas atau Daya Tamung yang aku berikan tadi merupakan data aktual, namun jumlah peminat untuk tahun ini mungkin berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini dapat memengaruhi tingkat persaingan. Oleh karena itu, informasi yang aku berikan hanya boleh dijadikan sebagai referensi atau perbandingan saja, jangan jadi faktor utama untuk mengambil keputusan.

    Jadi, sekarang kalian sudah tahu Passing Grade SNBP UNTIDAR, kan? langsung aja persiapkan strategi terbaik untuk bisa masuk jurusan yang kalian impikan. Semoga informasi yang aku berikan bermanfaat ya. Jika ada kesalahan kata atau apa pun, mohon maaf dan terima kasih banyak untuk kalian yang sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

    Teacher Live
    Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020