Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

9 Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Edukasistan.com - Hello guys! Pada kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Hayo, siapa nih yang pernah alami momen-momen seperti ini?

  • Susah konsentrasi saat menyimak pelajaran di sekolah dan kepikiran pengen pulang main game.
  • Jalan-jalan di suatu tempat, ketemu teman lama, pengen sapa tapi... "Eh, namanya siapa ya?"
  • Baru semalam nonton film X, tapi besoknya udah lupa deh jalan ceritanya.
  • Atau Mau masak makanan spesial, tapi pas di pasar lupa satu bahan penting. aduh, gimana ini

Pernah mengalami situasi di atas? Tenang, guys! Enggak perlu panik, itu wajar kok. Seiring kita bertambah umur, memori kita memang berkurang, enggak se-tajam dulu. Tapi, bisa kok diatasi. Yuk simak 9 cara seru berikut ini!

1. Doodle

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Pernah nggak sih, teman-teman merasa bosan dan mulai menggambar dengan acak di kertas? Nah, tahu nggak? Itulah yang dinamakan doodle! Doodle itu sebenarnya bisa membantu kita biar otak tetap aktif, lho.

Pada tahun 2009, ada seorang profesor bernama Jackie Andrade yang melakukan penelitian yang membuktikan kalau orang yang suka doodling itu bisa mengingat informasi 30% lebih baik daripada yang nggak suka doodling. Jadi, ternyata doodling bukan cuma iseng belaka, tapi bisa bikin kita jadi lebih pinter!

2. Rosemary

Nah, yang satu ini pasti bikin kalian nggak nyangka! Ternyata menghirup aroma daun rosemary bisa meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat kita sebesar 60-75%!

Dalam sebuah penelitian di Northumbria University, minyak rosemary dicoba pada 66 orang dan hasilnya mengejutkan! Orang yang berada di ruangan beraroma rosemary punya performa lebih baik dalam uji daya ingat dibandingkan yang tidak.

Rosemary juga bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala sebelah, sebagai antibakteri, penambah kekebalan, mengatasi gangguan pencernaan, menyegarkan napas, dan detoksifikasi hati.

Nah, kalian bisa mencoba menempatkan tanaman rosemary di pinggir jendela dan menghirup aromanya setiap hari. Siap-siap jadi pahlawan ingatan, ya!

3. Mengepalkan tangan

Eits, Ternyata mengepalkan Tangan Juga Bisa lho untuk mendongkrak Ingatan! Percaya nggak kalau mengepalkan tangan ternyata bisa mempengaruhi daya ingat kita? Sebuah penelitian di Amerika melibatkan 50 orang dewasa dan hasilnya cukup mengejutkan.

Rupanya, dengan mengepalkan tangan kanan, kita bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu, misalnya daftar belanjaan atau nomor telepon. Setelah itu, mengepalkan tangan kiri bisa membantu mengingat kejadian yang terjadi di masa lalu.

Dokter Ruth Propper, salah satu peneliti, bilang, "Aksi tubuh sederhana bisa mengubah cara kerja fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat."

Dari penelitian ini, kita jadi tahu kalau aksi menggenggam tangan ternyata berhubungan dengan bagian otak yang berkaitan dengan ingatan. Jadi, kalau kalian ingin mengasah ingatan, bisa mulai dengan membeli stress ball, nih!

4. Game asah otak

Agar otak kita tetap bekerja dengan baik, kita perlu terus mengasahnya, lho! Otak kita itu ibarat mesin. Kalau mesin terus dibiarkan diam, lama-kelamaan pasti rusak. Sebaliknya, kalau rutin dipakai, mesin akan jadi lebih lincah.

Kalian bisa coba main game klasik seperti Sudoku atau teka-teki silang yang bisa memperkuat ingatan dan mencegah pikun.

Game asah otak ini diyakini mampu meningkatkan kemampuan kognitif, melatih perhatian, dan juga kecepatan berpikir. Kalian bisa mencoba berbagai game di gadget yang didesain khusus untuk membantu orang dewasa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, bahkan mood.

5. Menguasai keterampilan dan bahasa baru

Para peneliti mengatakan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya ingat kita. Cobalah untuk belajar bahasa baru, menulis, memasak, atau menjadi relawan. Lakukan dengan konsisten dan lihat perubahan yang terjadi setelahnya. Belajar sesuatu yang baru setiap hari, pasti seru!

6. Keluar dari zona nyaman

Ketika kita ada di zona nyaman, kita pasti enggan untuk pergi. Tapi, di luar zona nyaman itulah kita bisa berkembang. Cobalah untuk mencoba hobi baru dan nikmati petualangan yang kalian dapatkan. Ingat, jangan takut untuk menciptakan tantangan baru agar hidup kalian jadi lebih berwarna!

7. Memakai font unik

Biasanya kita suka baca teks dengan font yang gampang dibaca, kan? Tapi, ternyata baca teks dengan font yang aneh bisa bikin kita lebih mudah ingat loh! Karena kita harus fokus buat baca teks yang susah, kita jadi lebih mudah ingat. Jadi, mau baca dengan gaya dan ingatan tajam? Coba deh baca teks dengan font yang aneh-aneh!

8. Neurobics

Neurobics ini berkaitan dengan mengubah kebiasaan kita. Jadi, otak melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk menciptakan jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, coba gunakan tangan yang nggak biasa kamu pakai untuk menggosok gigi. Atau, mengganti rute perjalananmu dari rumah ke sekolah, kampus, atau kantor juga bisa jadi ide yang menarik.

9. Mengajar

Pernah nggak sih kalian heran, gimana sih guru, dosen, atau pembimbing bisa mengingat materi yang diajarkan dengan baik? Nah, rahasianya adalah mereka mengajari kalian semua. Dengan mengajar, kalian akan selalu berbagi ilmu dengan orang lain, yang pada akhirnya akan membuat kalian semakin paham dan mengingat materi tersebut.

Itulah 9 cara seru untuk meningkatkan daya ingatmu. Jangan lupa untuk memberi otak asupan yang baik, berolahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Cobalah satu per satu, teman-teman! Lalu, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Nah, sekarang kalian sudah tahu dong beberapa cara unik untuk meningkatkan daya ingat? Semoga bermanfaat, dan jangan lupa terapkan tips-tips di atas supaya kita jadi lebih pinter dan nggak mudah lupa, ya! Selamat mencoba, teman-teman!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020