Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

4 Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Manusia

Edukasistan.com - Sobat Belajar, tahukah kamu bahwa tubuh kita memiliki sistem pertahanan yang canggih? Layaknya tim sepak bola yang memiliki strategi bertahan, tubuh kita juga memiliki sistem pertahanan sendiri, lho! Sistem ini bekerja keras setiap hari untuk melindungi kita dari berbagai 'penyusup' yang bisa membahayakan kesehatan.

Namun, pertahanan yang kuat ini pun bisa terganggu dan bahkan mungkin bisa terkalahkan. Ada berbagai faktor yang bisa mengganggu kinerja sistem pertahanan tubuh kita, mulai dari alergi hingga gangguan imun lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas empat jenis gangguan pada sistem pertahanan tubuh manusia, yaitu hipersensitivitas (alergi), autoimun, imunodefisiensi, dan isoimunitas. Penasaran? Yuk, kita selami satu per satu.

1. Hipersensitivitas (Alergi)

Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Manusia
Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Manusia

Pernah mengalami alergi? Hipersensitivitas adalah respons tubuh kita yang berlebihan terhadap 'penyusup' yang sudah dikenal sebelumnya. Dalam istilah gaul, tubuh kita jadi 'lebay' terhadap beberapa zat atau antigen.

Antigen ini bisa berupa bakteri, virus, atau bahan kimia tertentu. Kalau antigen ini bikin alergi, kita sebut dia alergen. Gejala alergi bisa bervariasi, tapi biasanya meliputi gatal-gatal, ruam, mata merah, kram berlebihan dan sesak napas. Sayangnya, alergi nggak bisa dibasmi total.

Jadi, kamu harus jeli menghindari pemicu alergen biar alergi nggak kambuh. Tapi tenang, gejalanya bisa dikendalikan kok dengan obat-obatan. Dokter biasanya bakal meresepkan obat berdasarkan jenis alergen, gejala, dan reaksi yang kamu alami.

2. Autoimun

Autoimun itu kayak film horor, lho! Kenapa? Karena sistem imun kita jadi sulit membedakan mana sel tubuh kita, mana sel asing. Akhirnya, sistem imun malah menyerang sel-sel tubuh kita sendiri. Serem, kan?

Beberapa contoh penyakit autoimun termasuk rheumatoid arthritis, penyakit Graves, anemia pernisiosa, penyakit Addison, dan diabetes melitus tipe I. Meski nggak bisa disembuhkan total, gejalanya tetap bisa diobati kok.

3. Imunodefisiensi

Imunodefisiensi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh kita 'lemah'. Ada dua jenis imunodefisiensi, yaitu imunodefisiensi kongenital dan AIDS. Orang dengan imunodefisiensi kongenital harus hidup di lingkungan yang steril karena kekurangan sel B dan sel T sejak lahir.

Sementara penderita AIDS mengalami penurunan jumlah sel T penolong, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV. Dalam penanganan imunodefisiensi, dokter biasanya fokus pada pencegahan infeksi, pengobatan infeksi, dan penguatan sistem kekebalan tubuh.

4. Isoimunitas (Alloimunitas)

Pernah denger istilah Isoimunitas? Isoimunitas itu lho, ketika tubuh kita mendapatkan 'pertahanan' dari orang lain terhadap sel-sel tubuh kita sendiri. Ini biasanya terjadi setelah transfusi darah atau transplantasi organ.

Makanya, sebelum melakukan transfusi atau transplantasi, ada tes-tes yang harus kita lakukan untuk memastikan kecocokan antara donor dan penerima. Jadi, kita bisa terhindar dari masalah ini.

Dari pembahasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa sistem pertahanan tubuh manusia sangat penting dalam menjaga kesehatan kita. Meski demikian, sistem ini bisa mengalami gangguan yang berpotensi membahayakan kesehatan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami berbagai jenis gangguan tersebut dan cara pencegahannya.

Ingatlah, menjaga kesehatan adalah investasi jangka panjang. Selalu jagalah pola makan, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Selain itu, tetap semangat belajar dan jangan lupa untuk selalu menjaga keceriaan hati. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita lebih menghargai pentingnya kesehatan.

Jadi, sudah paham kan tentang berbagai 'gangguan' pada sistem pertahanan tubuh kita? Ingat ya, menjaga kesehatan itu penting agar kita dapat Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh supaya belajar tetap bisa menjadi semangat. Sekian pembahasan kita mengenai Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh Manusia hari ini. Semoga bermanfaat and see u.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020