Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim 2023

Edukasistan.com - Hai, Sobat Pelajar! Di pembahasan kita kali ini yang akan berfokus pada Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim. Sebelumnya, aku sudah berbagi tentang Perkiraan Angka Rapor SNBP sebagai strategi sukses masuk universitas impian.

Kali ini, aku siap membekali kalian dengan strategi mutakhir lainnya, yaitu Passing Grade SNBP. Dengan menggabungkan kedua data ini, kalian akan lebih mudah merancang strategi untuk masuk ke universitas pilihan. Tapi, tahu nggak sih, apa itu Passing Grade?

Passing Grade adalah persentase atau nilai batas kelulusan yang digunakan untuk mengukur tingkat kesulitan suatu jurusan. Biasanya, strategi ini sering diaplikasikan oleh bimbingan belajar ternama. Berbeda dengan Nilai Rapor SNMPTN yang cukup rumit dalam perhitungannya, kalkulasi passing grade cenderung lebih simpel.

Namun, kali ini aku tidak akan membahas cara menghitungnya. Aku akan langsung memberikan persentase Passing Grade SNBP Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, sehingga kalian tidak perlu repot mencari atau menghitung sendiri.

Tentang Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim
Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim

UIN Sultan Syarif Kasim, yang kerap disingkat UIN Suska, adalah salah satu universitas Islam terkemuka di Indonesia. Berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kampus ini menawarkan nuansa pendidikan yang islami, berkualitas, dan modern.

UIN Suska didirikan pada tahun 2005 sebagai penggabungan dari dua institusi pendidikan tinggi agama Islam yang telah ada sebelumnya, yaitu IAIN Sultan Syarif Kasim dan STAIN Sultan Syarif Kasim.

Di UIN Suska, Sobat Pelajar akan menemukan berbagai program studi yang menarik dan relevan dengan kebutuhan zaman, baik dari Fakultas Ilmu Agama, Ilmu Sosial dan Humaniora, hingga Ilmu Sains dan Teknologi.

Inilah yang membuat UIN Suska menjadi universitas yang unik, karena Sobat Pelajar bisa mendalami ilmu agama dan ilmu umum secara seimbang dan terintegrasi. Salah satu keunggulan UIN Suska adalah para dosen dan staf pengajar yang berkompeten dan berpengalaman.

Mereka akan membantu Sobat Pelajar untuk menggali potensi diri dan mengembangkan minat serta bakat. Selain itu, UIN Suska juga memiliki fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman, mulai dari perpustakaan, laboratorium, hingga ruang kelas yang modern.

Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim

Tahun ini, SNBP akan menggantikan SNMPTN, meskipun ada perbedaan aturan antara kedua sistem tersebut. Pada seleksi PTN tahun ini, kalian bisa memilih jurusan. Oleh karena itu, informasi Passing Grade SNBP Prodi Saintek dan Soshum yang akan aku bagikan berikut ini, akan aku satukan.

Untuk memahami aturan SNBP dengan lebih baik, kalian bisa membaca artikel mengenai apa itu SNBP. Tanpa berlama-lama, berikut adalah Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim Prodi Saintek dan Soshum.

Program Studi Daya Tampung 2023 Peminat 2022 Passing Grade
Agroteknologi 30 154 19,48%
Akuntansi 49 259 18,92%
Gizi 4 203 1,97%
Ilmu Administrasi Negara 49 254 19,29%
Ilmu Hukum 32 209 15,31%
Ilmu Komunikasi 21 407 5,16%
Manajemen 49 520 9,42%
Matematika 12 31 38,71%
Pendidikan Bahasa Indonesia 18 243 7,41%
Pendidikan Ekonomi 24 117 20,51%
Pendidikan Geografi 18 135 13,33%
Pendidikan Kimia 15 33 45,45%
Pendidikan Matematika 18 102 17,65%
Peternakan 30 81 37,04%
Psikologi 25 507 4,93%
Sistem Informasi 12 206 5,83%
Teknik Elektro 18 105 17,14%
Teknik Industri 12 199 6,03%
Teknik Informatika 15 261 5,75%

Dari data yang tersedia, kompetisi untuk masuk ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim memang sedikit sulit. Untuk bisa masuk ke universitas ini, kalian harus bersaing dengan 9 orang lainnya untuk masuk ke program studi yang kalian inginkan.

Sebagai contoh, untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, terdapat 18 pendaftar dan 243 orang yang diterima, yang berarti peluang kalian adalah 7,41%. Akan tetapi UIN Sultan Syarif kasim masih tegolong lebih mudah jika dibandingkan dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, di mana peluang masuknya kurang dari 6%.

Hal yang perlu kalian ketahui adalah semakin kecil persentase yang diberikan, semakin sulit untuk masuk ke jurusan yang kalian inginkan. Jadi, kesimpulannya adalah Passing Grade UIN Sultan Syarif Kasim untuk program studi Saintek dan Soshum adalah 16,28%.

Informasi ini berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya dan jumlah pendaftar tahun 2023. Mungkin pada tahun depan akan berbeda dan tingkat kompetisi dapat berubah. Data ini hanya bisa dijadikan sebagai referensi dan jangan menjadikannya sebagai faktor utama dalam pengambilan keputusan.

Setelah mengetahui Passing Grade SNBP UIN Sultan Syarif Kasim, aku harap kalian dapat menentukan dan merancang strategi terbaik agar bisa masuk ke jurusan yang kalian inginkan. Semoga catatan ini memberikan informasi yang kalian butuhkan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan terima kasih telah membacanya. Semangat, Sobat Pelajar!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020