Pengertian, Fungsi dan Makna Ideologi Pancasila

Edukasistan.com - Hallo guys kali ini gw akan kasih tau kalian Materi SKD untuk CPNS dan PKN STAN khusus di bagian TWK. di materi kali ini kita akan bahas secara ringkas tentang Pengertian Ideologi Pancasila.

Ideologi Pancasila disepakati sebagai landasan dasar Negara Republik Indonesia oleh pendiri bangsa. Karena sebagai ideologi maka pancasila mempunyai makna dari setiap gerakan dan arahan kehidupan bangsa ini, oleh karena itu kita sebagai warna negara harus memahami ideologi ini, untuk lebih jelasnya yuk simak artikel dibawah ini.


A. Pengertian Ideologi Dan Pancasila
Ideologi berasal dari bahasa yunani, ideologi terdapat 2 kata, yaitu " idea " yang artinya melihat, dan " logi [ logos ] " yang artinya ajaran atau pengetahuan. 

Secara sederhana ideologi dapat diartikan dengan pengetahuan tentang ide,keyakinan atau gagasan, dan secara luar ideologi diartikan sebagai seperangkat prinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah serta tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan Pancasila adalah dasar untuk mengatur pemerintahan negara Indonesia yang mengutamakan semua komponen di seluruh wilayah Indonesia.

Secara Etimologi, Pancasila berasal dari bahasa sangkreta. yang terdiri dari 2 kata yaitu " Panca " yang artinya lima, dan " Sila " yang artinya dasar. Sehingga Pancasila secara harfiah dapat diartikan sebagai Lima Dasar. Pancasila dibentuk pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 mei - 1 juni 1945. dan Pancasila terlahir pada tanggal 1 juni 1945

B. Dasar dan Ideologi Negara Republik Indonesia
1. Pancasila sebagai dasar negara
Pancasila yang menjelaskan sebagai dasar negara tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 pada alinea ke-4.

2. Pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia
Pancasila sebagai ideologi negara dapat diartikan dengan suatu konsep tentang sistem nilai secara individu maupun kebersamaan dipandang sebagai prinsip hidup yang ideal dan diinginkan untuk diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan negara.

3. Pancasila sebagai Pandangan hidup Bangsa Indonesia
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dapat diartikan sebagai petunjuk atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. selain itu pancasila juga memiliki nilai-nilai sebagai arah serta tujuan menuju masyarakat yang adil dan makmur.

C. Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara
Ideologi pasti memiliki fungsi yang telah disepakati oleh pendiri bangsa. Lalu apa saja Fungsi Pancasila sebagai ideologi negara ?

  • Memperkokoh dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa indonesia.
  • Sebagai prinsip dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • mewujudkan cita-cita yang terkandung didalam pancasila
  • Sebagai Pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.
  • Untuk tumbunhnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.
D. Makna Ideologi Pancasila
Pancasila selain menjadi dasar negara, Juga berkedudukan sebagai ideologi negara indonesia.

Sehingga nilai-nilai yang tercantum pada pancasila menjadi cita-cita bagi penyelenggaraan dalam berbangsa dan bernegara. Pancasila Mempunyai makna sebagai berikut :
  1. Nilai yang tercantum dalam pancasila menjadi cita-cita bangsa indonesia
  2. Nilai-Nilai yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai yang sudah disepakati oleh masyarakat indonesia dan oleh karena itu Nilai tersebut menjadi pemersatu bangsa

Pancasila sebagai Ideologi dasar negara dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menetapkan kekuasaan. Fungsi ini tentu saja bersifat negatif. Dalam sejarahnya, kita Pernah mengalami masa dimana pancasila nyaris kehilangan makna karena hanya digunakan sebagai instrumen kekuasaan belaka contoh pada kasus orde baru dimana pancasila sudah tidak digunakan dengan baik dikarenakan pada saat itu pancasila ditafsirkan oleh rezim sebagai alat untuk monopoli. Oleh karena itu kita sebagai rakyat indonesia harus mempertahankan ideologi pancasila. sekian dari artikel kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Makna Ideologi Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel