Tes HTP (House Tree Person Test)

Edukasistan.com - Hello guys! dimateri kali ini kita akan membahas tentang Tes HTP (House Tree Person Test). apa itu Tes HTP (House Tree Person Test)? Tes HTP (House Tree Person Test) adalah Sebuah Tes yang menggunakan teknik proyektif untuk mengungkapkan karakteristik kepribadian serta latar belakang seseorang.

Apa itu Tes HTP
 illustrations by Storyset

Tes Gambar atau drawing test tergolong sebagai tes yang menggunakan teknik projektif dan memiliki dua karakteristik utama, yang pertamastimulus yang artinya bersifat "kabur" atau ambigous stimuli, dan yang kedua free-response format yang berarti semua respon setiap individu adalah benar sehingga individu tersebut dapat bebas memberikan respon apa pun.

Sejarah Tes HTP

House Tree Person Testatau dikenal sebagai tes HTP merupakan tes yang pertama kali diperkenalkan oleh John N. Buck sekitar tahun 1948 dan mengalami beberapa perkembangan salah satunya direvisi oleh Buck & Warren pada tahun 1992. pada awalnya, tes ini dilakukan sebagai gambaran yang dapat mewakili kepribadian seseorang. 

Lalu kemudian, tes ini digunakan untuk mengumpulkan serangkaian data tentang kemajuan orang yang menerima perawatan. Tes HTP juga digunakan untuk melihat interaksi seseorang dengan lingkungannya khususnya untuk interaksi antar anggota keluarga.

Tes HTP sama dengan tes menggambar orang atau tes menggambar pohon yang dapat memberikan karakateristik analisis kepribadian seseorang, tetatpi taukah kamu kenapa objek rumah, pohon, dan orang sering digunakan dalam tes tersebut? karena setiap manusia atau individu sering melihat ketiganya  sehingga John Duck menyakini bahwa ketiga objek tersebut dapat mewakili kepribadian seseorang.

Baca Juga : Tes Pauli Kraepelin (Tes Koran)

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah HTP yang digunakan oleh ahli psikolog untuk mendapatkan data penting yang memiliki diagnosis atau prognosis sehubungan dengan semua orang dari individu yang bersangkutan, dapat juga menemukan bagaimana interaksi pribadi dengan lingkungan baik yang umum atau yg tidak umum.

Menurut John Duck, HTP dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah data tentang beberapa kemajuan individu yang sedang dalam pengobatan. HTP atau tes grafis lainnya dapat disertai dengan warna dan interpretasi termasuk sesuai atau tidak penggunaan warna objek. Yang paling penting dalam interpretasi adalah orientasi individu tersebut (terhadap ruang dan abstraksi).

Waktu yang digunakan Tes HTP

Tes HTP (House tree Person) tujuannya adalah untuk mengukur pribadi latar belakang dan pribadi seseorang. biasanya Waktu yang digunakan dalam tes psikologi HTP  kurang lebih 10 menit. dan Berikut  alasan mengapa Tes HTP selalu digunakan untuk mengetahui karater seserang.
  • Karena rumah orang dan pohon paling sering dijumpai oleh setiap individu.
  • Hampir semua tidak menentang apabila diminta untuk menggambar House Tree Person.
  • dan apabila Dibandingkan dengan benda-benda lainnya, objek ini dapat mudah untuk digambar

Tips dan Trik Mengerjakan Tes HTP

Kita tidak pernah tau bagaimana cara penilaian setiap penguji, tetapi akau akan kasih beberapa tips dan trik yang umumnya sering digunakan pada saat pengerjaan Tes HTP.

1. Tips 

Logika kamu saat menggambar,contoh saat kamu menggambar rumah dan orang usahakan rumahnya lebih tinggi dari orangnya karena kenyataanya tidak mungkin orang lebih besar dari rumah. Kemudian, pada saat kamu menggambar pohon maka harus dibuat lebih detail.

Baca Juga : Tes Draw A Person (DAP)

Contoh jika kamu menggambar rumah 1 tingkat lalu ada pohon kelapa maka pohon kelapanya harus lebih tinggi dari rumah. dan terakhir ketika kamu menggabar lebih baik perlihatkan suatu aktivitas dimana ada keharmonisa dalam rangkaian gambar tersebut.

2. Trick

  • Buat gambar seseorang terlebih dahulu dan fikirkan kegiatan apa yang sedang ia lakukan, sebagai titik referensi. setelah itu buat jenis pohonnya sehingga kamu tahu nanti pohonya lebih tinggi dari rumah atau tidak (saran buatlah jenis pohon yang lebih tinggi dari rumah)
  • Gambarlah sebuah rumah, pohon, dan orang-orang secara keseluruhan dan proporsional.
  • Gunakan garis yang ketat dan tidak berulang kali atau bercoret-coret.
  • Cobalah untuk tidak menggunakan penghapus selama menggambar karena ini bisa mendefinisikan karakter kamu  

3. Extrem Trick

  • Ketika kamu menggambar rumah, usahakan rumah tersebut mempunyai pondasi yang kuat. caranya kamu bisa mewarnai atau mengarsir gambar tetapi jangan terlalu tebal.
  • Tambahkan juga detail gambar,  seperti menambahkan pintu, jendela, langit-langit, teras, pagar serta halaman dengan berlatar lingkungan yang indah.
  • Gambarkan jendela dan pintu yang sebaiknya dalam keadaan terbuka.
  • Jangan pernah menggambar Pagar rumah terlalu tinggi, terutama sampai menyembunyikan bentuk rumah atau gambar rumah tidak terlihat secara jelas
  • ketika menggambar sebuah pohon, usahakan pohon tersebut ada buahnya untuk mendifinisakan karakter kamu.
  • Saat menggambar orang, usahakan orang tersebut sedang melakukan aktifitas contohnya sedang berolahraga atau menyapu halaman
  • dan Akan lebih baik jika kamu dapat menggabungkan dengan aktivitas ketiga objek tersebut (rumah, pohon, orang) dalam satu alur cerita
Referensi :
  • Soerjantini Rahaju , Pemanfaatan House Tree Person Test Pada Asesmen Psikologi Perilaku Kriminal Remaja , Universitas Surabaya
  • Buku Psikotest gambar tahun 2015 Karya widyastuti C.U, M.Lutfi Ade P, & Gunawan
  • Aiken, L.R & Groth-Mamat, G ( 2009). Pengetesan dan Pemeriksaan Psikologis, Jilid 2, Edisi Kedua Belas. Jakarta : PT Indeks
Nah itulah beberapa yang bisa aku sampaikan mengenai Tes HTP (House Tree Person Test) semoga bermanfaat, apa bila ada salah kata atau typo mohon maaf dan Terima kasih sudah membaca. Sampai bertemu dimateri selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel