Sejarah Perkembangan Java dan Cara Kerjanya

Edukasistan.com - Java merupakan bahasa pemograman yang berorientasi objek. Java biasanya digunakan untuk pengembangan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis Internet, aplikasi untuk perangkat cerdas yang dapat berkomunikasi melalui jaringan internet, dan lain-lain. sehingga untuk menghadapi masalah-masalah dalam pengembangan perangkat lunak, java bisa menjadi solusi yang tepat.

Sejarah Singkat Java
Perkembangan Java 1.0

Java adalah bahasa pemograman yang dapat dijalankan diberbagai sistem komputer termasuk di handphone. Bahasa java awalanya dibuat oleh James Goslin saat masih bergabung dengan Sun Microsystems (yang saat ini menjadi bagian dari Oracle) dan dirilis pada tahun 1996.

Kata Java dipakai dalam nama bahasa pemograman, konon dipilih oleh Gosling karena kesukaannya terhadap kopi yang ia minum, menurut berbagai sumber kopi itu berasal dari Pulau jawa. yang diartikan dalam bahasa inggris berarti Java.

Bahasa Java mengadopsi sintaksis-sintaksis pada C dan C++, namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana.

Perkembangan Java dari tahun 1991 sampai 2017

Perkembangan Java
Source Images : Youtube Kelas Terbuka

Tahun 1991-1995

Awal tahun 1991-1992 Terlahir dari the green Project. Protek ini kerjakan oleh Patrick Naughton, James Goslin, Mike Sheridan dan sembilan orang lainnya dari SUN MICROSYSTEMNS. Pada tahun 1992 proyek ini bernama Java oak dan menghasilkan peralatan dengan teknologi Touch Screen seperti PDA sekarang. Tetapi pada tahun 1995 nama oak dihapus dikarenaka nama OAK sudah dipakai oleh perangkat lunak lainnya

Tahun 1996

Pada tahun 1996 dan lebih tepatnya tanggal 23 januari versi awal java dirilis kepublik yang bernama Java 1.0. dan beberapa paket standar yang harus dikembangkan diversi selanjutnya, yaitu :
  • Java.awt: Class dasar pada sebuah aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • Java.util: Untuk Class pelengkap misalnya seperti Class struktur data.
  • Java.lang: Untuk Class elemen-elemen dasar.
  • Java.io: Untuk Class input dan output, serta termasuk penggunaan berkas.
  • Java.net: Untuk Class TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • Java.applet: Class dasar aplikasi antar muka yang diterapkan di Explore web.

Tahun 1997

Tanggal 19 February 1997 Java merilis JDK 1.1 dan dalam waktu 3 minngu jumlah didownload sebanyak 220.000. dan pada 8000 tamu hadir diJavaOne yang menjadikannya konfrensi terbesar Java Untuk memperkenalkan platfrom Java Card 2.0

Tahun 1998

Pada tanggal 8 Desember 1998 J2SE 1.2 dirilis dan menjadikannya awal beridirinya The Java Community Process. dan pada tahun ini juga JDK 1.1 yang dirilis sebelumnya mendapatkan Pencapaian tertinggi yaitu dengan Jumlah pendownload sebanyak 2 juta.

Tahun 1999

Pada tahun 1999 Java one dihadiri oleh 20.000 untuk perilisan J2EE beta

Tahun 2000

Pada tanggal 8 mei 2000 J2SE 1.3 dirilis  dan juga pada tanggal tersebut terdapat lebih dari 400 Komunitas pengguna java diseluruh dunia. Bahkan Steve jobs menyertai Scoot McNealy dipentas JavaOne dan mengumumkan Komitmennya sebagai pendukung Teknologi Java.

Tahun 2001

Pada tahun ini J2EE 1.3 dirilis dan Platform Java Enterprise Edition (Java EE) didownload lebih dari 1 juta pengguna.

Tahun 2002

Pada tanggal 6 February tahun 2002 J2SE 1.4 Dirilis. dan Pada tahun tersebut menurut pakar teknologi J2EE adalah platfrom terbaik dalam membangun dan mengembangkan web.

Tahun 2003

Pada tahun ini J2EE 1.4 Di rilis dan Pada tahun ini Teknologi java dipakai di deskop dengan jumlah sekitar 550 juta.

Tahun 2004

Pada tanggal 30 September J2SE 5.0 dirilis

Tahun 2006

Pada tahun ini Java EE 5 dirilis. Pada tahun tersebut Java Mulai menghapus Kata J2. dan juga Merilis SE 6 Pada tangga 11 Desember di tahun yang sama.

Tahun 2009

Pada tahun 2009 Oracle membeli Sun Microsystems ditahun tersebut Java EE 6 dirilis.

Tahun 2011

Pada tanggaL 28 Juli 2011 Java merilis Java SE 7.

Tahun 2014

Pada tanggal 18 Maret 2014 Java merilis SE 8.

Tahun 2017

Pada tanggal 21 September 2017 Java merilis SE 9.

Jika dilihat diatas ada beberapa versi Java yaitu J2EE(EE) atau J2SE(SE) dan juga ada Java yang lain Yaitu J2ME. Lalu apa sih Perbedaan ketiganya?

Pada Java versi 2 keatas terbagi dalam 3 kategori, yaitu :
  • Java 2 Standard Edition (J2SE), java ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis desktop dan juga untuk mengembangkan aplikasi java yang dapata merjalan didalam browser.
  • Java 2 Enterprise Edition (J2EE), Java ini merupakan superset dari Java 2 Standard Edition (J2SE) yang diperbolehkan untuk mengembangkan aplikasi desktop berskala enterprise, dengan cara melakukan membuat aplikasi server dengan menggunakan EJBs (Enterprise JavaBeans),JSP (Java Server Pages), CORBA (Common Object Request Broker Architecture) dan XML (eXtensibIe Markup Language).
  • Java 2 Micro Edition (J2ME), adalah subset dari Java 2 Standard Edition (J2SE) yang digunakan untuk menangani platfrom yang kecil yang tidak mendukung implementasi J2SE secara penuh

Cara Kerja Java Secara Umum

Sistem Kerja Pada Java
Cara Kerja Java 2.0
Ada 2 cara menjalankan program disuatu bahasa
  1. pertama dengan cara menafsirkan kode-kode pemograman, setiap kali kode dijalankan oleh mesin, maka kode kode tersebut akan diterjemahkan dulu kebahasa yang dimengerti oleh bahasa mesin(bahasa biner). Misalnya seorang penerjemah membantu 2 orang untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan bahsa yang berbeda. Contoh Bahasa pemogramanannya seperti Phyton, PHP, dan PERL.
  2. Kedua dengan cara mencompile kode-kode program tersebut yang bisa saja langsung dimengerti oleh mesin. Analoginya seperti ini Kamu menulis surat yang langsung diterjemahkan tanpa adanya pihak ketiga dan surat tersebut langsung dimengerti oleh sipenerima. Contoh Bahasa yang digunakan dengan teknik seperti ini adalah C  dan C++

Dari cara kerja diatas dapat disimpulkan bahwa Cara kerja kedua lebih effien dari cara kerja pertama yaitu dengan cara mencompile. Tetapi Pemograman dengan teknik seperti ini mempunyai beberapa kelemahan misalnya saja kelemahan OS Dependent (Ketergantungan pada Opesai Sistem), artinya hasil operasi tersebut tidak bisa dijalankan oleh system yang berbeda.

Lalu Teknik apa yang digunakan pada java? Java menggunakan 2 Teknik diatas. Pertama Kode program akan dicompile menjadi byte code, lalu byte code tersebut akan diterjemahkan kedalam mesin oleh JVM. Seperti ini gambaran Program java dijalankan.
  • Pertama program java yang kita tulis akan dicompile menjadi byte code
  • lalu byte code tadi akan diinterprestasikan oleh Java Virtual Machine (JVM)
  • dan Interpeter tadi akan menguraikan dan menjalankan intruksi bytecode dalam komputer

Oleh sebab itu bahasa java sering dijuluki dengan sebutan "Write once, run anywhere" yang artinya sekali tulis bisa dijalankan dimanapun.

Java merupakan bahasa pemograman yang paling populer saat ini dan menarik banyak pihak untuk mempelajarinya. Selain itu, Banyak perusahaan IT dunia menggunakan bahasa java sebagai standarnya. Oleh sebab itu banyak banget lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan java diindonesia.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


banner