7 Jurusan anak IPS yang sulit ditembus di UTBK-SBMPTN

Edukasistan.com - Kuliah? Memilih Jurusan? Tentu saja sebaiknya memilih jurusan yang berprospek cerah dan tentunya sesuai dengan passion kita. Memilih jurusan itu bukan seperti memilih baju atau pakaian yang bisa terus diganti dengan yang baru. Memilih Jurusan sebaiknya dipikirkan matang-matang.

Jurusan Soshum
Jurusan Soshum
Kenapa? Meskipun jurusann sangat baik tapi tidak sesuai dengan minat dan bakat kamu bukankah itu akan terasa membosankan atau malah kuliah kamu akan menjadi beban saat belajar.

Kesuksesan bukan hanya karena jurusan yang kamu pilih. Apapun jurusan tersebut, kalau kamu memang orang tekun maka kesuksesan adalah hal yang nyata.

Dengan memilih salah satu jurusan dibawah ini,bukan berarti jaminan bahwa pekerjaan telah menanti karena yang dibawah ini hanyalah opini penulis berdasarkan fakta dan data yang ada. Ingat !!! semua kembali pada diri kamu sendiri, Karena setiap kesuksesan berada ditangan kamu masing-masing.

Ilmu Hubungan Internasional


Sampai saat ini, Ilmu hubungan Internasional merupakan sala satu primadona di SBMPTN soshum. Jurusan ini mempelajari tentang fenomena interaksi antarnegara dari perspektif sosial,ekonomi dan politik. Peluang bekerja yang paling diminati adalah diplomat. Namun, karena ruang lingkup jurusan ini juga mempelajari interaksi organisasi dan perusahaan multinasional, maka banyak banget peluang kerja lainnya, seperti analisis, jurnalis, bankir, konsultan, dan staf lainnya yang berada dibawah organisasi dan perusahaan internasional.

Ilmu Hukum


Ilmu Hukum adalah mata kuliah yang berpusat pada praktikum hukum. Ilmu hukum tersebut mencangkup bidang yang luas meliputi dengan Hak Asasi Manusia,Hukum Kepemilikan, Hingga Perdagangan. Hukum mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan memberikan peraturan jelas mengenai yang boleh atau yang tidak boleh dilakukan. Peluang kerja di jurusan ini sangatlah luas mulai dari advokat, pengacara, peneiti hukum, sekertaris hukum, hingga konsultan hukum.

Ilmu Politik

Ilmu politik seringkali menjadi pilihan untuk mendapatkan batu loncatan menjadi pejabat negara, padahal sebenarnya ilmu politik tidak hanya bergerak di bidang pemerintahan saja. Jurusan ini juga berpotensi melahirkan analis, pengamat, aktivis sosial, negosiator, hingga bekerja dilembaga keuangan dan perekonomian non-pemerintah.

Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi


Jelas !!! untuk ketiga jurusan ini menjadi primadona yang paling dicari siswa yang ingin bekerja dibagian keuangan. Tentu saja persaingan ini cukup ketat. Umumnya Passing grade jurusan-jurusan ini cukup tinggi. Akan tetapi lulusan diketiga jurusan ini memang memiliki potensi masa depan yang cerah. Terutama banyak sekali mayoritas dar mereka yang justru memilih membuka lapangan kerja yang baru dibanding menjadi pekerja atau pun karyawan disuatu perusahaan.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan-jurusan desain juga memiliki prospek yang bagus bahkan selama menjadi mahasiswapun bisa melakukan pekerjaan sambilan sebagai freelance atau pekerja lepas.

Psikologi


Psikologi merupakan suatu ilmu disiplin mengenail penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Bukan hanya menjelaskan yang kitalakukan dan cara kita berperilaku, namun juga meneliti tentang alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan kita. Peluang kerja dijurusan ini, antara lain sebagai konsultan psikologi kriminal, psikologi forensik, peneliti perilaku manusia dan lain sebagainya.

Ilmu Komunikasi


Program studi ilmu komunikasi umumnya terdiri dari tiga peminatan yaitu ilmu jurnalistik, ilmu Hubungan Masyarakat dan ilmu Manajemen Komunikasi. Ketiganya dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan konsep dan desain training komunikasi,bisnis media,komunikasi pemasaran, dan penggunaaan teknologi komunikasi. Peluang kerja dibidang ini antara lain reporter, dokumenter, announcer, produser pemberitaan, praktik humas, dan manajemen media yang terdapat diperusahaan-perusahaan.

Jadi gimana nih kira-kira kalian mau masuk kuliah dijurusan yang mana? Saran aku si sesuai dengan minat dan bakat kalian. Apapun jurusannnya kalau itu bukan minat atau bakat kalian, bukankah nanti kuliah akan terasa hambar? Oleh sebab itu tentukan pilihan jurusan kamu dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Terima kasih sudah membaca jangan lupa follow instagram kita disini

Belum ada Komentar untuk "7 Jurusan anak IPS yang sulit ditembus di UTBK-SBMPTN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel