Tips agar Lulus PTN Menggunakan jalur SNMPTN

Edukasistan.com - Pada tanggal 15 Februari 2021 pendaftaran SNMPTN sudah dibuka. Lolos SNMPTN merupakan kebanggaan sendiri bagi setiap siswa/siswi yang memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.

Lolos SNMPTN menjadi dambaan setiap pelajar karena mereka bisa lolos keperguruan tinggi negeri tanpa perlu bersaing mengikuti tes UTBK. Akan tetapi, untuk lolos SNMPTN tanpa tes bukan perkara yang mudah.

Untuk dapat diterima diperguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN kamu perlu strategi yang matang. dikarenakan nilai rapor belum tentu menjamin kamu diterima atau tidaknya dijurusan yang kamu pilih. Oleh sebab itu disini aku akan memberikan Beberapa tips agar kamu lulus SNMPTN 2021

Tips Memilih Jurusan agar lolos PTN Menggunakan Jalur SNMPTN

cara lulus ptn menggunakan jalur snmptn

Nilai kamu bagus? Jangan Overconfident dulu!

Banyak pengalaman bahwa tidak semua siswa yang mempunyai nilai yang bagus (Rata-rata > 9.0) itu pasti diterima di PTN pilihannya. Contoh, Fikri mempunyai nilai Rata-rata 9.1 dan Akreditasi sekolahnya B, serta tidak memiliki alumni di PTN yang dituju. Sedangkan Ranty mempunyai nilai 8.9 dan Akreditasi sekolahnya A dan banyak alumni sekolahnya yang berkuliah di PTN yang dituju.

Lalu Mana yang akan dipilih oleh kampus?
Kemungkinan besar adalah Ranty. Walaupun secara nilai Ranty kalah dengan Fikri ada faktor-faktor lain yang membuat Ranty lebih unggul yaitu Status Akreditas sekolahnya dan alumninya. 

Fakta menunjukan bahwa kebanyakan siswa yang memiliki nilai bagus pasti memilih PTN dengan jurusan yang tingkat persaingannya tinggi dan sesuai dengan minatnya. Akan tetapi, harus disadari ada juga faktor-faktor diatas.

Oleh karena itu, perhatikan matang-matang bagaimana persaingan masuk disebuah jurusan. Salah satu caranya adalah melihat daya tampung dan jumlah Peminat dari jurusan yang dituju. Data-data seperti ini biasanya akan ditampilkan dilaman website SNMPTN atau dimasing-masing PTN atau juga bisa lihat Passing grade jurusan yang kamu pilih.

Lihat Juga : Strategi Belajar Menghadapi UTBK-SBMPTN 2021

Setelah kamu melihat data-data yang ada, pastikan pilihan jurusan dan PTN yang dituju. Jika kamu merasa disebuah PTN itu terlalu banyak peminatnya, namun kamu hanya memiiki faktor nilai saja tanpa faktor yang dimiliki Ranty diatas, tidak apa-apa memilih asalkan kamu sudah siap denan hasil yang akan diterima. Namun, jika kamu berkeinginan  dan passion-mu memang dibidang tersebut dan hanya mempunyai faktor nilai saja tanpa fakor yang dimiliki ranty diatas, carilah PTN dengan jurusan yang sama namun tingkat persaingannya yang lebih rendah

Nilai kamu biasa aja? Siapkan Strategi!

Mungkin diantara kalian banyak yang masuk kegolongan ini. Masuk kegololongan ini memamang membuat bingung dan perlu memerlukan strategi. Namun jika kamu berasal dari SMA yang terkenal sering meraih medali olimpiade atau pernah menang dalam sebuah kompetisi tertentu. Hal ini menjadi nilai plus walaupun nilai kamu sebenarnya biasa aja.

Bagaimana dengan yang tidak mempunyai medali/setifikat atau nilai plus lainnya?

Tenang saja, kamu masih bisa berkompetensi untuk memperebutkan bangku di PTN. Namun, seperti yang aku bilang diatas, Kamu hanya perlu lebih banyak strategi lagi. Misalkan saja, kamu ingin memilih Jurusan Akuntansi. Pasti di awal benak berfikir, UI! ya UI!. Namun, kamu perlu sadar juga dengan nilai kamu, jika kamu mempunyai nilai yang biasa saja namun nekat memilih jurusan di PTN yang tingkat persaingannya tinggi, maka sama saja kamu bunuh diri.

Namun, jika passion kamu tetep di Akuntansi, Sebaiknya kamu memilih jurusan di PTN dengan tingkat persaingannya lebih rendah. Ingat !!! Kuliah dimana saja asal keluarnya nanti kamu menjadi orang yang berguna. Banyak kejadian, siswa yang memiliki nilai biasa aja malah diterima di SNMPTN dan banyak juga anak yang memiliki nilai bagus malah gagal di SNMPTN. Faktornya adalah Strategi dan Gengsi

Nilai Kamu Rendah? Jangan Putus Asa dulu!

Memeliki nilai rendah memang membuat khawatir. Golongan yang seperti ini juga memiliki kesempatan untuk duduk dibangku PTN degan lebih banyak Strategi dan terutama DOA! Karena SNMPTN itu bak hadiah yang tidak dapat diprediksi. Jadi mintalah kepada tuhan untuk dimudahkan jalan anda menuju PTN yang inginkan.

Lihat Juga : Jurusan soshum yang sulit ditembus di UTBK-SBMPTN

Selain itu, untuk berjaga-jaga jika kamu gagal dalam SNMPTN, kamu sebaiknya memiliki PTS sebagai cadangan nantinya. carilah PTS yang berkualitas agar nantinya kamu tidak menganggur dan tetap bisa berkuliah dijurusan yang kamu inginkan. Jangan pernah memaksakan masuk PTN dengan jurusan yang tidak kamu minati hanya gara-hara jurusan tersebut minim peminat sehingga tingkat persaingannya rendah. Ya mungkin kamu bisa lolos di PTN tersebut, Akan tetapi hari-hari kamu akan diselimuti kemalasan dan tidak bersemangat karena mata kuliah yang tidak sesuai passion.

Bagaimana Penempatan Pilihannya?

Pilihan Jurusan dan PTN memengaruhi kamu diterima dijurusan tersebut atau tidak. Contoh: Firda memiliki nilai 8.9 dari sekolah yang berakreditasi A dan menempatkan Ilmu Komputer Universitas Indonesia di Prioritas pertama. Dewi memiliki nilai yang sama denga Firda dan sekolanya memiliki Akreditas A juga, Namun Dewi menempatkan Ilmu Komputer Universitas Indonesia di Prioritas PTN Kedua.

Dari ilustrasi diatas Mana yang akan dipilih?

Panitia SNMPTN seringkali menemukan kejadian diatas, Salah satu tolak ukur yang bisa dijadikan patokan adalah penempatan pilihan PTN dan Program Studi (prodi) yang dipilih. Jelas si Firda lebih di prioritaskan masuk ketimbang B karena penempatan PTN dan jurusan (baik pilihan 1 dan 2) di SNMPTN itu sangat berpengaruh. Jadi, kamu harus menempatkan pilihan sesuai dengan minat kamu yang sesungguhnya. Toh, nantinya jika kamu tidak diterima dipilihan pertama maka data akan diproses kepilihan kedua selama kouta masih tersedia.

Harus Terpaksa Mengalah !

Sebelum nilai kita bersaing dengan nilai siswa seluruh indonesia. Maka, nilai kita akan diadu terlebih dahulu dengan antarsiswa disekolah kita. Nah, disini lah letak berbahanya. Jika teman kamu memiliki pilihan jurusan dengan PTN yang sama dengan kamu dan nilai dia lebih tinggi dari kamu. Maka, nilai mana yang akan dilirik oleh panitia SNMPTN? sudah pasti nilai teman kamu yang lebih tinggi.

Lihat Juga : Fakta Menarik Kuliah di kampus PKN STAN

Lalu Bagaimana menghindari hal ini ?

Tanyakan langsung ke BK atau teman kamu, ada tidak yang pilihan PTN dan jurusannya sama dengan kamu. Jika ada dan nilai dia lebih tinggi alangkah baiknya kamu mengalah, jadilah kesatria yang mengakui kekalahan. Daripada harus bunuh diri dengan tetap memilih jurusan tersebut. Masih banyak pilihan PTN lain yang dapat kamu jadikan pilihan

Itu dia beberapa tips agar lulus PTN dengan menggunaan jalur SNMPTN. Buat kalian yang belum masuk kouta SNMPTN jangan berkecil hati. Yuk Persiapkan diri kamu juga untuk Tes UTBK-SBPTN yang dibuka pendaftarannya pada tanggal 15 maret-01 April 2021. Jangan Lupa juga Follow intagram kita disini dan Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel