Pengetahuan Dasar Geografi

Edukasistan.com - Hallo guys di materi kali ini kita akan membahas tentang Pengetahuan dasar Geografi dimulai dari Sejarah Perkembangan Geografi sampai dengan Ruang Lingkup Geografi.

Ruang lingkup Geografi
Pengetahuan Dasar Geografi
Kamu tau apa itu Geografi? Geografi itu berasa dari bahasa yunani, yaitu geograph. geo yang artinya bumi dan graph yang artinya tulisan. jadi bisa dikatakan geografi adalah ilmu pengetahuan yang menuliskan, atau menjelaskan tentang hubungan antar ruang dibumi.

Lihat Juga : Peradaban Kuno di Asia dan Afrika

Secara umum ilmu geografi itu mempelajari tentang berbagai lokasi serta persamaan, dan juga perbedaan keruangan atas fenomena manusia diatas permukaan bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Selama perkembangan dalam bidang geografi banyak sekali para ahli geo mendefinisikan tentang geografi, Berikut beberapa diantaranya:
  • Erathostenes => Dia berpendapat berpendapat istilah geografi berasal dari kata geographica yang artinya penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi.
  • Claudius Ptolemaeus Ptolemy => Claudius mendefinisikan geografi seperti "representasi dalam gambar seluruh dunia yang diketahui bersamaan dengan fenomena yang terjadi di dalamnya.
  • Alexander von Humbolt (1769-1859) => Berpendapat bahwa geografi mirip dengan geografi fisik. Alexander menjelaskan seperti apa kaitan bumi dengan matahari dan juga perilaku bumi terhadap ruang angkasa, gejala cuaca dan iklim dunia, dan tipe-tipe permukaan bumi dalam proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer.
  • Armin K. Lobeck (1939) => Dia berpendapat bahwa Geografi merupakan suatu pembelajaran tentang hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya
  • Bintarto => Berpendapat bahwa geografi itu mempelajari hubungan sebab-akibat gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik ataupun yang menyagkut kehidupan makluk hidup beserta permasalahannya.
  • Ferdinand von Richthoven (1833-1905) => Dalam perkuliahannya pada tahun 1833 feridinand telah merumuskan definisi yang pertma kali membatasi bahwa pengertian geografi hanya pada permukaan bumi.
  • Karl Ritther => Dia berpendapat bahwa geografi adalah suatu  ilmu tentang daerah tempat hidup manusia.  Pembelajar geogragrafinya mencakup berbagai keajaiban fenomena di permukaan bumi.

Sejarah Perkembangan Geografi

Sejarah perkembangan geografi pada dasarnya tidak lepas dengan perkembangan budaya manusia sendiri. Ketika manusia lahir ke muka bumi, maka pada saat itu pula, melakukan kontak dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Adanya kontak manusia dengan lingkungan tempat tinggalnya merupakan awal dari perkembangan geografi itu sendiri.

Jelaskan Sejerah perkembangan geografi
Sejarah Perkembangan Geografi

Istilah geografi untuk pertama kalinya dikemukakan oleh Erastothenes pada abad ke-1 SM, Menurutnya geografi berasal dari istilah kata Geographica yang artinya pelukisan dan penggambaran tentang bumi pada masa Erastothenes.

Pada masa itu Penggambaran geografi masih terbilang terbatas dan hanya mengandalkan cerita mengenai kesan perjalanan dari suatu daerah-kedaerah lain. masa itu dikenal dengan sebutan logografi.

Pada abad ke-2 SM, geografi terus berkembang terbukti dengan hadirnya tokoh baru yaitu Claudius Ptolemeous. Kontribusi Claudius  pada geografi adalah pentingnya pernggunaan peta. Menurutnya geografi merupakan merupakan suatu penyajian dari berbagai permukaan bumi. Setel Claudius muncul bernadus yang membagi geografi kedalam 2 bagian yaitu geografi generalis dan geografi spesialis.

Lihat Juga : Cara membuat Program Diskon di Java

Menjelang akhir abad 18, perkembangan geografi diwarnai oleh determinisme fisik. Determinsme fisik berarti alam sangat menentukan terhadap kehidupan manusia. Tokoh dari aliran ini adalah Eloth Huntington.

Aliran fisik berkembang didaerah USA dan setelah abad 18, geografi berkembang ke arah perancis dengan aliran posibilis. Aliran posibilis beranggapan manusia memiliki peluang besar untuk menentukan pola kehidupannya sendiri.

Toko dari pemahaman ini adalah Vaul Vidal de La Blance dengan konsepnya gen re de vie, yang berarti tipe proses produksi yangdipilih manusia dari berbagai kemungkinan yang disediakan oleh alam.

Analisis Pendekatan Geografi

Analisis Pendekatan dala geografi terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya yaitu:

a. Analisis Keruangan

Dalam analisis keruangan ini seorang ahli geogarfi mengkaji beberapa variable antara sesama aspek fisik. Jika Variable yang tidak sama antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya, maka para ahli akan mengkaji faktor penyebab yang mempengaruhi pola distribusi keruangan/penyebarannya. Misalnya saja mempelajari Keterkaitan antara lereng dengan erosi atau Keterkaitan antara jenis tanah dengan vegetasi.

b. Analisis Kelingkungan (Ekologi)

Dalam analisis ekologi seorang ahli geografi mempelajari interaksi organisme seperti manusia,hewan dan tumbuhan dengan lingkungannya.Pendekatan ini dipergunakan untuk mengetahui keterkaitan serta hubungan antara unsur-unsur yang berada dilingkungan tersebut.

c. Analisis Kewilayahan

Dalam analisis ini seseorang ahli mempelajari antara manusia dengan lingkungannya pada suatu tempat yang mendasarkan pada kombinasi antara analisis keruangan dengan analisis ekologi. Misalnya Keterkaitan antara adanya hutan bakau, udang dan nelayan pada suatu daerah.

Ruang Lingkup Geografi

Setelah kita mengetahui pengertian dan perkembangan teknologi diatas, Kita sudah mengetahui bahwa geografi memiliki pengertian yang semakin berkembang. Meskipun pengertian geografi terus perkembang, para ahli pada dasarnya memiliki beberapa prinsip yang sama. Berikut beberapa prinsip kesamaan para ahli:
  • Bumi sebagai tempat tinggal
  • Hubungan manusia dengan lingkungannya
  • Penggunaan pendekatan spasial,ekologi, dan lingkungan.

Prinsip-Prinsip Geografi

Secara  teori prinsip-prinsip geografi terdiri dari: Prinsip penyebaran, interrelasi, deskripsi, serta prinsip kronologi, adapun penjelasannya sebagai berikut:

a. Prinsip Penyebaran

Prinsip penyebaran ini merupakan dasar dalam mengkaji ilmu geografi yang bisa menggambarkan prinsip-prinsip geografi lainnya. Prinsip penyebaran menekankan pada pemahaman bahwa fenomena geosfer bisa tersebar di seluruh permukaan bumi secara tidak merata, tetapi memiliki hubungan satu sama lain.

b. Prinsip Interrelasi

Prinsip interrelasi adalah prinsip yang mengungkapkan hubungan dalam fenomena geosfer, contohnya saja hubungan antara faktor fisik dengan faktor manusia. Prinsip ini bisa digunakan untuk mengungkapkan karakteristik gejala atau fakta geografi pada sebuah wilayah. Prinsip interrelasi dapat disajikan secara kuantitatif sehingga bisa diukur secara matematis.

c. Prinsip Dekripsi

Prinsip deskripsi merupakan kerangka kerja geografis dan sebagai penjelas atas sebab akibat terjadinya interrelasi yang dapat disajikan, tidak hanya dalam bentuk kalimat, tetapi juga dalam tampilan bentuk peta, diagram, grafik, atau tabel.

d. Prinsip Korologi

Prinsip korologi adalah prinsip yang menekankan pada komprehensif, karena prinsip ini memudahkan semua prinsip geografi, sehingga pada dasarnya prinsip ini merupakan prinsip yang terpenting dalam kajian geografi. Oleh karena itu Berdasarkan prinsip ini semua gejala, fakta, serta masalah geografi tinjauan penyebaran, interrelasi, dan interaksinya, yaitu dalam ruang.

Itulah beberapa Pengetahuan Dasar Geografi, jangan lupa Follow instagram kita disini. Sampai bertemu di materi selanjutnya. Semoga bermanfaat dan Terimakasih sudah membaca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel