Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Peradaban Kuno di Eropa dan Amerika

Edukasistan.com - Hello guys!!! Kali ini aku akan membahas tentang Peradaban Kuno di Eropa dan Amerika. Ketika sudah mendengat tentang Amerika apa sih yang ada dibenak kamu? negara adidaya?idustri maju? dll. memang anggapan itu pas untuk mereka.

Tetapi jauh sebelum seperti sekarang amerika dan negara eropa memiliki sejarah peradaban yang cukup menarik yang patut kita bahas. Dari pada kebanyakan basa-basi yuk langsung aja kita bahas.

Peradaban Yunani

Yunani terletak disekitar laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran. Bangsa yunani terbentuk dari percampuran bangsa-bangsa pendatang dari laut Kaspia dan penduduk aslinya terdiri dari petani.

Peradaban Kuno Eropa dan Amerika
Peradaban Kuno di Eropa dan Amerika

a. Polis-polis

Bangsa yunani membentuk suatu kelompok kota yang disebut dengan polis. Adapun polis-polis yang terkenal yaitu Athena, Sparta dan Thebe.

  • Polis Athena => Pada masa ini, kehidupan dalam masyarakat demokratis, bebas berpikir dan berkarya. Adapun ahli yang terkenal adalah Socrates, Plato, Aristoteles, dan Herodotus.
  • Polis Sparta => Bangsa ini memerintah dengan cara Militer dan Kekerasan dan Pada masa ini ilmu pengetahuan tidak berkembang
  • Polis Thebe => Pholis Thebe berhasil mengalahkan Polis Sparta. Polis-polis ini selalu berperang sehingga membuat yunani menjadi lemah. Yunani berhasil dikuasai oleh Filipus Raja Macedonia pada tahun 338-336 SM. Setelah lengsernya Filipus lalu digantikan oleh anaknya Iskandar Zulkarnain yang dibantu oleh penasehatnya yaitu aristoteles yang melakukan ekspansi untuk memperluas kekuasaan yunani.

b. Karya Sastra dan Filsafat Yunani Kuno

Karya sastra Homeros adalah Odysse yang isinya menceritakan terjadi perang Troya. Sedangkan hasil filsafat yunani telah diterjemahkan dan dipelajari hingga kini. Para filsuf yunani merupakan konseptor yang meletakan dasar-dasar alam pikiran filsafat eropa.

Lihat Juga : Zaman Prasejarah di Indonesia

Hasil filsafat Bnagsa yunani banyak diterjemahkan dan ditafsrkan oleh filsuf islam. Melalu kesusasteraan islam ini, pikiran filsafat yunani masuk ke persia dan negara-negara asia lainnya.

c. Filsuf Yunani

  • Socrates => mengajarkan tentang ilmu kebijakan (filsafat etika) ata kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya.
  • Plato => Mengajarkan tentang ilmu ketatanegaraan dan undang-undang.
  • Aristoteles => Mengajarkan mengenai ajaran dalam bidang biologi dan fisafat sehingga dia sering disebut dengan ahli biologi dan filsafat.
  • Hipokrates => dengan ajarannya menyangkut kode etik dokter atau biasa disebut dengan sumpah dokter.

d. Kepercayaan

Konsep kepercayaan Bangsa yunani pada dewa-dewa, yaitu:
  • Zeus => Bapak para Dewa yang menguasai langit dan bumi dan berdiam digunung Olympus.
  • Hera => Permaisurinya sebagai Dewi perkawinan.
  • Minerva => Putrinya sebagai Dewi Kecantikan.
  • Ares => Sebagai Dewa perang.
  • Hermes => Sebagai Dewa perdagangan.
  • Aphrodite => sebagai Dewi Kecantikan.

Peradaban Romawi

Romawi merupakan tempat kuno di eropa yang menjadi sumber kebudayaan Barat.

a. Letak geografis Peradaban Romawi Kuno

  • Terletak di Semanjung Apenia (Sekarang italia)
  • Sebelah utara semenanjung Apenia bersambung dengan daratan eropa yang terdapat pegunungan Alpen sebagai batas alam yang memanjang.
  • Sebelah barat laut yang memisahkan italia dengan perancis
  • Sebelah utara memisahkan italia dengan swiss dan austria
  • Sebelah timur laut dengan yugoslavia.

b. Perkembangan Sejarah Romawi Kuno

Periode 1000-510 SM: Zaman Kerajaan pada masa ini, semenanjung Spenina dihuni oleh bangsa pendatang dari laut Kaspia,sedangkan dibagian selatan dihuni oleh bangsa funisia dan yunani. Diantara mereka, terjadi percampuran sehingga melahirkan bangsa Romawi.

Periode 510-31 SM: Pada masa ini adalah Zaman Republik. Dimana roma berbentuk republik yang pemerintahannya dijalankan oleh dua orang konsul yang dipilih oleh rakyat dan juga dibentuk dewan yang terdiri dari Senat yaitu golongan bangsawan, dewan perwakilan rakyat yang sebagai kaum bangsawan dan hanya 4 orang golongan rakyat biasa dimana 4 orang ini mempunyai hak veto.

Periode 31 SM-476 SM: Pada zaman ini terbentuklah zaman kekaisaran yang terdiri dari:

  • Kaisar Octavianus dengan gelar kaisar Agustus dan Princeps Civitas (warga tertinggi yang terpilih, adil, dan bijaksana). Zaman kekaisaran ini wiliyah romawi meliputi Afrika utara, Asia barat, dan sebagian besar eropa. Kaisar Octavianus berkuasa hingga tahun 14 M.
  • Era Kaisar romawi selanjutnya terpilihlah Kaisar Nero, Kaisar nero terkenal sangat kejam karena ia membunuh para pemeluk agama kristan.

c. Hasil Kebudayaan Romawi

Kebudayaan romawi merupakan perpaduan antara budaya yunani kuno dengan romawi.

  • Nama-nama dewa: Dewa zeus diganti Jupiter, Aphrodite diganti venus, Ares diganti mars.
  • Nama-nama bulan: Januari=jenus, Februari=Februa, dan angka-angka romawi: September=septe=7 dan Oktober=okto=8. Zaman julius caesar,urutan bulan diubah karena dia ingin memasukan namanya seperti (juli=7). Begitu juga pada masa octavianus, agustus=8 sehingga menjadi kacaulah urutan bulan.
  • Organisasi negara dan kemiliteran pendidikan,kesenian,filsafat ilmu pengetahuan, dan hukum.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Peradaban Kuno di Eropa dan Amerika. Terimakasih sudah membaca jangan lupa Follow instagram kita disini. Semoga bermanfaat Sampai bertemu dipostingan sebelumnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020