Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Unsur-unsur Pajak yang ada di Indonesia

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini aku akan membahas materi perpajakan mengenai Unsur unsur Pajak yang berlaku di negara kita tercinta ini yaitu di indonesia.Seperti yang kalian tau bahwa pajak merupaka sesuatu iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat kepada pemerintah dan bersifat memaksa.

Untuk mengetahui beberapa unsur pajak merupakan keharusan bagi kalian yang ingin mempelajari materi pajak, termasuk mereka yang ingin membayar wajib pajak (WP).

Mengapa begitu? Karena dengan memahami mengenai unsur pajak yang diterapkan di Indonesia, jumlah pajak dapat diketahui dengan pasti.

Kalian juga dapat merancang perencanaan pajak seperti tax planning. yuk tanpa banyak basa-basi silakan baca penjelasan dibawah ini untuk mengetahui unsur pajak yang diterapkan di Indonesia.

Unsur-Unsur Pajak

Unsur Pajak
Unsur-Unsur Perpajakan

Secara umum, unsur-unsur pajak yang ada di Indonesia dibagi menjadi 4 jenis, dianatarnya yaitu subjek Pajak, objek pajak, wajib pajak dan terakhir yaitu tarif pajak. Untuk mendapatkan penjelasan dari setiap unsur pajak, kalian dapat mempelajarinyadi bawah ini.

1. Subjek Pajak

Unsur-unsur pajak pertama di Indonesia ialah Objek pajak. Apa kamu tau apa itu subjek Pajak? Subjek Pajak merupakan individu atau lembaga (organisasi) yang diwajibkan untuk melakukan kewajiban pajak. Subjek Pajak itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu subjek pajak asing dan subjek Pajak Dalam Negeri.

Di Dalam UU No. 36 tahun 2008 mengenai Pajak Penghasilan, yang diklasifikasikan sebagai objek pajak nasional yang meliputi:

  • Individu atau Orang Pribadi (keduanya yang tinggal di Indonesia, tinggal di Indonesia selama lebih dari 183 hari dalam periode 12 bulan, serta mereka yang tinggal di Indonesia selama satu tahun dan berniat untuk tinggal di Indonesia).
  • Warisan yang belum didistribusikan karena dianggap sebagai pengganti ahli waris sampai warisan kemudian dibagi.
  • Lembaga/Badan/Organisasi.
  • Bentuk Usaha Tetap.

Subjek pajak luar negeri (asing) meliputi individu yang saat ini tidak tinggal di Indonesia dan lembaga yang tidak memiliki kedudukan di Indonesia, baik mereka yang sedang menjalakan sebuah bisnis secara tetap dan mereka yang mendapatkan pendapatan dari Indonesia.

Subjek Pajak dikenal sebagai unsur pajak yang pertama, karena tanpa adanya subjek pajak, penagihan pajak diIndonesia tidak dapat dieksekusi. Karena, hambatan fiskal hanya dapat dibebankan ke objek pajak, bukan untuk jasa ataupun benda.

2. Wajib Pajak

Selanjutnya dari unsur pajak yaitu, ada pembayar wajib pajak. Pembayar wajib pajak merupakan masalah pajak yang sudah memiliki kewajiban dan dianggap layak untuk membayar pajak. Mereka mendapatkan pemungutan pajak dan harus membayar.

Jika tidak, wajib pajak dapat dikenakan sanksi atau denda dengan jumlah yang ditentukan oleh pemerintah. Pembayar wajib pajak yaitu individu atau entitas.

jasa serta benda tidak termasuk sebagai pembayar pajak karena mereka tidak memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Orang atau lembaga yang mengakomodasi jasa dan barang ini adalah mereka yang dapat dikategorikan sebagai pembayar wajib pajak.

3. Objek Pajak

Ketika kalian melihat kata "objek", kira-kira kalian ngerti ganih masudnya apa? Objek yang disebutkan di sini ialah barang atau jasa. Oleh karena itu, penjelasan tentang objek pajak meruapakan barang atau jasa yang segera harus dibayar pajak.

Misalnya, objek (toko dan rumah) atau pendapatan orang yang telah bekerja dan kemudian dikenakan pajak, yang berarti bahwa itu adalah objek fiskal. Ada juga PPN di tanda terima pembayaran ketika kamu makan di restoran itu juga memasuki ke dalam objek pajak.

4. Tarif Pajak

unsur pajak yang terakhir di Indonesia adalah tarif pajak. Jika ada subjek dan objek, maka tarif pajak bertindak sebagai jumlah yang harus dibayar. Tarif pajak ialah nominal bahwa wajib pajak itu harus membayar pajak atau layanan yang dimuat dengan pajak (objek fiskal).

Jumlah tarif pajak sangat bervariasi dan umumnya berbeda dari yang lain. Jadi bagaimana menentukan jumlah tarif pajak? Jumlah tarif pajak bersama dengan aturan terkait lainnya telah diatur oleh pemerintah melalui UU (undang-undang).

Secara umum, jumlah tarif pajak ditentukan dengan menggunakan rumus persentase. Artinya, tarif pajak nominal yang dikenakan pada pembayar pajak adalah serangkaian harga total objek fiskal.

Nah itulah pembahasan kita kali ini. Semoga informasi tentang unsur-unsur pajak yang ada di Indonesia dapat membantu kalian untuk pembayar pajak.; Kalian Kesulitan untuk menghitung pajak? Tenang kalian Tidak perlu khawatir, selanjutnya kita akan membahas perpajakan lebih dalam lagi di materi selanjutnya.

Oke sekian materi kali ini tentang Unsur-Unsur Pajak yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca. sampai jumpa di pembahasan selanjunya.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020