Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Kapan Seleksi CPNS 2022 di Buka?

Edukasistan.com - Hello guys! kali ini kita akan menginformasikan mengenai berita terbaru CPNS yaitu Kapan Seleksi CPNS 2022 Dibuka?. Hingga saat ini Pemerintah belum membuka atau mengumukan pendaftaran seleksi CPNS. Saat ini, ketentuan ASN (Aparatur Sipil Negara) pada tahun 2022 masih difokuskan pada pegawai negeri dengan kontrak kerja (PPPK).

“Agar kita bisa memulai meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, pedoman kebijakan penerimaan pada ASN tahun 2022 hanya berfokus pada golongan PPPK. Seleksi PPPK tahun 2022 berfokus pada layanan utama yaitu guru dan tenaga kesehatan.” kata Alex Denni selaku Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, lanjut Alex Denni, PPPK membutuhkan layanan yang mendukung mantan guru dan tenaga medis THK-II yang memenuhi syarat.

Kapan Seleksi CPNS 2022 dibuka
Kapan Seleksi CPNS 2022 dibuka

Lantas kapan pendaftaran dan seleksi CPNS dibuka untuk PNS? Alex menjelaskan, kebutuhan pengabdian masyarakat jangka panjang perlu dikaji lebih lanjut. "Pada Tahun depan, setelah kami dapat menyelesaikan pengkajian ulang dan kami memenuhi kebutuhan, maka kami akan mulai untuk mencoba merekrut kembali CPNS berdasarkan Kebutuhan yang tersedia," pungkasnya. selanjutnya alex denni menegaskan 4 alasan kenapa ASN pada tahun 2022 ditiadakan.

Yang pertama adalah pandemi Covid-19 dan penyederhanaan pekerjaan pemerintah. Menurutnya, evolusi layanan pemerintah melalui TI akan secara signifikan mengubah pentingnya ASN dari segi kuantitas dan kualitas.

Kedua, fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Alex menjelaskan, sisa pelatihan untuk kebutuhan guru yang belum terpenuhi akan dibuka kembali untuk disediakan oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, rekrutmen tahun 2022 berfokus pada pelayanan dasar yang sangat dibutuhkan masyarakat. “Supaya bisa mendukung THK-II yang lama,” pungkasnya.

Alex denni melanjutkan, masih ada PR untuk menyelesaikan RUU THK-II. Hal ini yang menyebabkan bahwa prioritas utama kita saat ini ialah THK-II terlebih dahulu. dan tentu saja untuk penerimaan THK-II terdapat sistem rekruitment yang sudah diperbaiki

Menurutnya, pentingnya ASN diusulkan oleh instansi pusat dan daerah dengan mempertimbangkan kemampuan membayar gaji dan upah sesuai sistem hukum yang berlaku. Mengenai pangkat, gaji, dan upah PPPK telah diatur dalam Perpres 98 Tahun 2020. "Kami berusaha untuk tetap dalam anggaran operasi dasar," katanya. 

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020