Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Model Sirkulasi Aliran Pendapatan (Circular Flow of Income)

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Sirkulasi aliran pendapatan. Sebelumnnya kalian udah pada tau belum Model dari circular flow of income (aliran pendapatan sirkuler)? Intinya sih Model aliran pendapatan sirkuler menunjukkan kepada kalian bagaiman pergerakan anatar pengeluaran dan pendapatan di dalam sektor perekonomian.

Gambaran singkatnya kita-kira seperti ini => Pada Proses produksi bergerak dari pabrik ke rumah tangga.Sementara itu, uang yang didapat atas proses produksi akan mengalir dari rumah tangga ke pabrik produksi.

Dalam gambaran ini, rumah tangga sebagai pembeli sedangkan pabrik produksi sebagai pemasok. Nah contoh ini merupakan aliran pendapatan yang tidak kompleks, Sedangkan aliran pendapatan sektor ekonomi yang lebih kompleks melibatkan Rumah Tangga, Perusahaan, Pemerintah.

Negara lain maksud dari Negara lain yaitu Sektor asing yang juga ikut terlibat didalam aliran pendapatan Rumah Tangga, Bisnis dan Pemerintahan. Oke untuk lebih dalamnya yuk langsung baca penjelasan dibawah ini.

Pengertian Sirkulasi Aliran Pendapatan

Sirkulasi Aliran Pendapatan
Sirkulasi Aliran Pendapatan

Sistem kegiatan Sisrkulasi aliran pendapatan menggambarkan mengenai bagaimana perekonomian disuatu negara dapat bekerja. Dalam kegiatan ekonomi, pasti akan terjadi yang namnya proses produksi, uang, produk dan pengeluaran diberbagai sektor-sektor yang bekerja dalam perekonomian.

Dalam kegiatan ini masyarakat harus dilibatkan sebagai pelaku kegiatan ekonomi, 4 faktor yang mendukung kegiatan ekonomi diantaranya ialah rumah tangga, pabrik produksi (perusahaan), pemerintah dan Dunia International.

Pada dasarnya pelaku utama dalam kegiatan ekonomi itu sendiri ialah orang-orang dalam unit Rumah tangga. Sebagai pemilik sumber daya produktif (tenaga kerja, tanah, modal dan pengetahuan), mereka akan menyediakan sumber daya yang akan diterima oleh pengusaha atau produsen untuk menciptakan barang (prpduk) dan jasa (layanan).

Produsen akan memberikan uang berupa upah dan gaji, sewa tanah, bunga untuk modal, dan keuntungan untuk keahlian. Proses yang terjadi disini adalah aliran pendapatan.

Kemudian,mereka yang menerima upah akan mengalokasikan pendapatan yang mereka peroleh membeli barang yang mereka butuhkan untuk di konsumsi. Disini terdapat kegiatan aliran pendapatan yang mengalir ke produsen. Nah aliran tersebutlah yang disebut dengan Sirkulasi Aliran Pendapatan.

4 Sektor yang terlibat dalam Model Aliran Pendapatan (circular flow)

Seperti yang sudah aku jelasin diatas bahwa Mode Sirkulasi aliran pendapatan merupakan suatu model yang menggambarkan bagaimana hubungan antara pelaku ekonomi menerima uang yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya meningkatkan nilai setiap individu dan menghasilkan uang.

Model Sirkulasi Aliran Pendapatan
Model Sirkulasi Aliran Pendapatan

Tetapi kalian tau ga tuh sektor-sektor apa saja yang terlibat dalam aliran pendapatan? Coba perhatikan gamar diatas. gimana sudah ada sedikit pencerahan? Oke Untuk lebih jelasnya yuk langsung kita bahas lebih dalam lagi.

1. Households Sector (Sektor Rumah tangga)

Sektor keluarga atau Households Sector Merupakan unit yang terdiri dari individu-individu dalam kelompok yang dianggap sebagai unit kesatuan. Sektor rumah tangga mengandung input yang diperlukan untuk proses produksi barang dan jasa swasta (sektor komersial) dan barang dan jasa publik (sektor pemerintah).

Alasa kenapa Rumah Tangga masuk kedalam Faktor utama karena mereka terdapat Faktor kemauan untuk bekerja. Lihat angka panah di nomor 1 dimana perusahaan bersedia membayar gaji, bunga, dan keuntungan dividen ke sektor rumah tangga.

Lihat angka panah 2 Selain menerima pendapatan dari sektor perusahan, sektor rumah tangga juga dapat menerima pendapatan dari sektor publik (sektor pemerintah). Pendapatan ini didapat karena disebabkan oleh kompensasi dari output yang diberikan (pendapatan gaji dan pendapatan bunga). Contoh Tunjangan kesehatan, dll jika orang tersebut bekerja, misalnya sebagai pegawai pemerintah.

Sedangkan Pendapatan bunga diperoleh jika individu bersedia meminjamkan uang kepada pemerintah dengan membeli surat obligasi pemerintah. Namun ada juga pendapatan dari sektor publik yang bukan merupakan biaya produksi.

Pendapatan ini disebut sebagai pendapatan yang non-reimbursable, dikodekan sebagai GNP, atau pembayaran transfer. Contoh GNP dalam konteks negara maju adalah manfaat jaminan sosial bagi masyarakat miskin dan pengangguran (lihat angka panah 2).

dan Jika masyarakat tersebut kurang mampu, maka pemerintah akan mengeluarkan bantuanuntuk jaminan sosial. Kemudian jika mereka dari kalangan yang mampu, Maka Pemerintah akan memungut pajak dari mereka (Lihat angka panah 3).

dan Faktanya, pajak ini dari mengurangi total pendapatan dari sektor keluarga. Memberikan penghasilan (panah 1 + panah 2) dikurangi pajak (panah 3) adalah pendapatan disposabel. Pendapatan ini digunakan untuk konsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan komersial (Lihat angka Panah 4) dan impor (Lihat angka Panah 8).

2. Sektor Perusahaan

Lanjut ke Sektor Perusahaan, dimana Anggaran dari sektor ini (Lihat angka Panah 4) ialah pembelian barang dan jasa. Didalam aliran panah nomor 4, sektor bisnis yang akan menghasilkan pendapatan.

Selain dari sektor rumah tangga, perusahaan juga dapat menerima pendapatan dari sektor publik (Lihat angka panah 5) yang merupakan konsumsi masyarakat, dan juga mendapatkan pendapat dari permintaan sektor eksternal yang merupakan sektor ekspor dunia international (Lihat angka panah 7).

(Lihat angka panah 1 dan 7) Selain Melakukan pembayaran kepada sektor rumah tangga, dunia usaha juga harus membayar pajak kepada sektor pemerintah.

3. Sektor Pemerintahan

Lanjut ke Sektor ketiga yaitu sektor Pemerintahan. Dimana Fungsi utama dari sektor pemerintah ialah menyediakan barang publik (provision of public goods).

Untuk melakukan tugasnya (Lihat angka panah 2 dan 5), pemerintah akan mengeluarkan uang berupa pembelian barang dan jasa dari sektor perusahaan dan pengeluaran untuk rumah tangga.

Karena barang publik tidak dapat disediakan seluruhnya melalui sistem pasar, maka pemerintah harus memungut pajak dari sektor rumah tangga (Lihat angka panah 5) dan sektor bisnis (Lihat angka panah 6).

4. Departemen Luar Negeri (Dunia International)

Sektor terakhir yaitu Sektor Lunar negeri atau Dunia international. Pada sektor Rumah tangga, sektor perusahaan dan sektor pemerintah membentuk perekonomian nasional atau disebut dengan perekonomian Domestik.

Kegiatan Ekonomi yang Disebut perekonomian tertutup (closed economy), apabila jika tidak berinteraksi dengan negara lain.

Hubungan dengan negara lain di negara maju difasilitasi melalui proses ekspor (Lihat angka Panah 7) dan impor (Lihat angka Panah 8). Ekspor adalah pendapatan dari sektor luar negeri untuk perekonomian domestik. Sedangkan impor adalah pengeluaran dari perekonomian dalam negeri ke luar negeri.

Jenis-Jenis Model Sirkulasi Aliran Pendapatan

Didalam jenis Model Sirkulasi terbagi menjadi Tiga jenis yang dapat menggambarkan sistem keuangan, di mana ketiga perbedaannya didasarkan pada sektor luar negeri dan pemerintah, apakah ada atau tidak. berikut Modek Sirkulasi Aliran Pendapatan

  • Model ekonomi dua sektor => yaitu mereka hanya melibatkan 2 sektor saja diantarannya sektor rumah tangga dan perusahaan, tanpa keterlibatan sektor pemerintah atau sektor asing.
  • Model ekonomi tiga dimensi -=> yaitu sektor yang melibatkan sektor perusahaan, rumah tangga dan pemerintah, tidak termasuk sektor luar negeri.
  • Model ekonomi empat sektor => yaitu melibatkan semua sektor ekonomi diantara empat sektor tersebut ialah: sektor rumah tangga, sektor perusahaan, sektor pemerintah dan sektor luar negeri.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai Sirkulasi Aliran Pendapatan, Semoga apa yang tulis ini dapat kalian mengerti. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan Terima kasih sudah membaca sampai bertemu materi Ekonomi Mikro Selanjutnya.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020