Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Mekanisme Pasar yang ada di Indonesia

Edukasistan.com - Hello guys! Pada Materi Ekonomi Mikro kali ini kita akan membahas mengenai Mekanisme Pasar khususnya yang ada di pasar indonesia ya.Menurut aku pribadi pengertian Mekanisme Pasar ialah permintaan di pasar bebas atas perubahan harga yang akan terjadi sampai pasar mencapai keseimbangan (kuantitas yang memberikan permintaan keseimbangan).

Teori ekonomi standar menyatakan bahwa meskipun efek korporasi pasar non-bebas dapat menciptakan rasio yang optimal. Atau dengan dengan kata lain, jika suatu pasar tidak ada, maka alokasi sumber daya tidak akanberjalan dengan baik.

Dalam beberapa kasus yang terjadi dimasyarakat, strategi pemasaran mungkin tidak berjalan dengan baik dengan sumber daya alam tertentu. Pada dasarnya, pendistribusian barang dan jasa didalam masyarakat dapat dilakukan setidaknya dengan dua cara yaitu dnegan cara mekanisme pasar dan mekanisme birokrasi.

Didalam banyak studi kasus yang terjadi Mekanisme Pasar menjadi cara yang paling efisien dalam memanfaatkan sumber daya. Namun kegagalan pasar bisa saja terjadi khususnya untuk pengalokasian barang dan jasa.

Hal ini mungkin saja disebabkan karena adanya barang publik atau public goods beserta dengan eksternalitasnya. Jenis barang dan jasa ini (dan barang campuran) akan didistribusikan melalui sistem pemerintah. Nah sampai disini sudah sedikit lebih paham mengenai mekasisme pasar-kan? untuk lebih dalamnya yuk langsung kita bahas di bawah ini.

Pengertian Mekanisme Pasar

Mekanisme pasar Merupakan suatu proses dimana penentuan tingkat harga berdasarkan dinamika penawaran dan permintaan. Definisi lain dari mekanisme pasar itu sendiri ialah proses kecenderungan pasar bebas untuk mengubah harga sampai menjadi seimbang (angka ini biasanya akan memberikan permintaan yang ekuilibrium).

Seperti yang sudah aku bahas di materi Kegagalan Pasar dan Campur tangan Pemerintah. Sistem pasar bisa saja tidak dapat berfungsi tanpa adanya peraturan dari pemerintah. Peran pemerintah inilah yang akan menjadi lebih penting, dikarenakan sistem pasar mungkin saja tidak dapat menyelesaikan semua masalah ekonomi.

Untuk menjamin efisiensi dan keberhasilan, pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi pasar sangat penting dalam perekonomian sebagai pengatur mekanisme pasar. Meskipun didalam sistem mekanisme pasar, masalah utama ekonomi diserahkan kepada sistem pasar.

Dalam beberapa kasus tertentu,pemerintah tetap melakukan intervensi untuk menghindari kekacauan khususnya di sektor ekonomi.

Kelebihan dan Kelemahan Mekanisme Pasar

Mekanisme Pasar
Mekanisme Pasar Di Indonesia

Karena proses penjualan yang berbeda maka harga jual yang diperoleh juga berbeda. Terkadang, harga yang tercipta di pasar dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen atau bahkan kerugian bagi produsen.

Nah disiniah tugas pemerintah untuk mengatasinya terutama dalam menentukan harga maksimum suatu usaha, dan juga harus menentukan harga minimum suatu usaha, mengenakan pajak dan memberikan subsidi agar bisa memaksimalkan efesiensi mekanisme pasar.

Adapun Kelebihan dan kelemahan Mekanisme Pasar antara lain:

1. Kelebihan Mekanisme Pasar

Dalam Mekanisme Pasar terdapat beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan pemerintah dalam menjalankan mekanisme Pasar. Adapun kelebih Mekanisme pasar antara lain bisa memberikan informasi pengenai berapa banyak peminat pasar satu barang tersebut.

Dan juga manfaat lain yang didapat dari mekanisme pasar ialah merangsang untuk menumbuhkan Kegiatan usaha yang bertujuan untuk menjalankan berkembangan ekonomi disuatu negara. Untuk lebih dalam mengenai Kelebihan Mekanisme Pasar langsung aja yuk kita bahas.

a. Dapat Berikan informasi jumlah permintaan

Pasar akan memberikan informasi yang akurat tentang produk yang sering diinginkan pelanggan sehingga pihak dari produsen dapat meningkatkan harga atau jasa yang mereka jual dan mendapatkan keuntungan yang besar.

b. Merangsang perkembangan bisnis atau perkembangan usaha

Dengan kondisi pasar yang terus dan selalu berubah, seperti peningkatan jumlah penduduk dan pendapatan masyarakat, pihak produsenakan selalu berusaha untuk meningkatkan sumber daya, kualitas produk mereka dan layanan untuk mereka demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

c. Membawa keadilan bagi produsen dan konsumen;

Disini lebih menekankan kepada produsen dikarenakan Produsen jadi bebas memilih jenis produk dan bahan yang akan digunakan, dan untuk dari sisi konsumen mereka jadi bebas memilih produk yang ingin dikonsumsi. dari sisi kelebihan mekanisme pasar Keduanya dapat mencapai kebebasan ini dengan biaya yang wajar tergantung pada permintaan dan penawarannya.

2. Kelemahan Mekanisme Pasar

Kita sudah membahas kelebiha dari Mekanisme Pasar, tentu dimana ada kelebihan disitu pasti ada kelemahannya. Dari sisi mekanisme pasar terdapat beberapa kelemahan yang sering terjadi di kasus ini. Adapun berikut kelemahan dari Mekanisme Pasar antara lain :

a. Menindas kelompok-kelompok kecil

Terkadang, kebebasan yang tidak terbatas akan menimbulkan efek pada usaha kecil. Misalnya saja dengan munculnya persaingan yang bebas akan membuat bisnis besar semakin kuat sedangkan bisnis yang kecil akan menjadi lemah dan itu akan menindas para pengusaha yang baru merintis perusahaan.

b. Harga yang fleksibel (Fluktuatif)

Seperti yang kalian tau bahwa harga pasar bisa menjadi naik dan turun dengan liar. efek ini akan menimbulkan kebingungan antara pedagang dan pembeli. Untuk kasus ini sering banget terjadi untuk produk yang langka atau terbatas.

c. Resiko terjadi Monopoli

Yah kalau ini pasti kalian sudah tau bangetkan? terutama untuk Di beberapa daerah, perusahaan besar dapat mengendalikan harga sesuka hati mereka demi merangsang penjualan.

Cara Kerja dan Contoh Mekanisme Pasar

Metode Mekanisme pasar ialah suatu metode dimana harga keseimbangan pasar bisa diperoleh. Oleh sebab itu, hukum dari penawaran dan permintaan dapat mempengaruhi kinerjanya di wilayah tertentu.

Dari sisi Produsen mereka dapat menetapkan harga berdasarkan keuntungan, sedangkan dari sisi konsumen harus membeli produk berdasarkan pertimbangan nilai. Dalam 2 kondisi seperti inilah, yang membuat pasar yang akan menentukan harga terbaik dan kuantitas terbaik bagi produsen dan konsumen.

Ada juga Faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja pasar contohnya regulasi pemerintah atau kebijakan pemerintah. Pemerintah dapat menetapkan kebijakan tertentu untuk mengendalikan harga pasar demi bisa menstabilkan harga pasar.

Contoh dari Mekanisme Pasar seperti ini. Ada pabrik A yang memproduksi 100 kaos dengan harga Rp 100.000 per potong. Produser A berharap bisa menjual semua 80 t-shirt sampai habis, tapi sayangnya dia hanya menjual 20 t-shirt Karena hasilnya tidak sesuai harapan.

Lalu Produser A menurunkan harga penjualan t-shirt di Rp. 80.000 dan terjualah 110 kaos. Akhirnya, Produsen A menetapkan harga tetap untuk kemeja tersebut menjadi sebesar Rp. 80.000.

Dari contoh di atas terlihat bahwa produsen merespon pasar dengan cara menurunkan harga dari Rp100.000 menjadi Rp 80.000 yang merupakan harga terbaik yang akan dibeli oleh pembeli sehingga jumlah kaos yang terjual bisa melebihi yang diharapkan produsen. contoh inilah yang disebut dengan cara kerja mekanisme pasar.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai Mekanisme Pasar Mulai dari Kelebihan dan Kekurangan Mekanisme Pasar sampai dengan Cara Kerja dan Contoh Mekasime Pasar. Semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat dan bisa dimengerti. apabila ada salah kata mohon maaf dan terimkasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020