Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Pengertian, Struktur dan Cara Reproduksi Bakteri

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini aku akan membahas materi Biologi ya! yaitu tentang Pengertian Bakteri, Struktur Bakteri, dan Cara Reproduksi Bakteri. Pasti Kalian pernah mendengar tentang istilah bakteri, bukan? Ternyata, tanpa disadari, bakteri ini ada dimana-mana, mungkin aja sekarang ada di sekitar kalian, loh!

Bakteri bisa aja berada di rumah, di jalan ataupun di pelabuhan pasti ada bakteri yang menempel di sana. Namun, karena ukurannya yang sangat kecil, kita tidak dapat melihat bentuknya tanpa mikroskop. Wah, kayak hantu dong! Dia ada di mana-mana, tetapi tidak bisa kita lihat.

Hiiiiiii~~ Hmm, kalau dipikir-pikir, apa sih bakteri itu? Apakah mereka hidup atau tidak? Apakah itu binatang, tumbuhan, atau yang lainnya? Adakah yang bisa menjawab? oke langsung aja kita bahas.

Pengertian Bakteri

Bakteri ialah sekelompok mikroorganisme bersel tunggal yang termasuk dalam klasifikasi filum dan diatur sebagai prokariota dengan filum Archaea. Sel bakteri memiliki bentuk tertentu, misalnya berbentuk bola, berbentuk batang ataupun berentuk bulat atau spiral.

Bakteri adalah salah satu bentuk kehidupan pertama yang muncul dan masih menghuni banyak habitat di Bumi saat ini. Bakteri dapat hidup di tanah, udara, air panas yang asam, limbah radioaktif, bahkan tanah. Jadi, tidak heran, masih banyak banget bakteri yang ada di sekitar kita?

Nah, dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bakteri ialah juga termasuk kedalam golongan makhluk hidup, tetapi bukan tumbuhan atau hewan ya, dikarenakan bakteri merupakan golongan mikroorganisme. Akan tetapi, bakteri juga memiliki hubungan simbiosis loh, dengan tumbuhan, hewan, bahkan manusia sekalipun.

Misalnya aja dalam rantai makanan, bakteri yang berperan sebagai mikroorganisme dapat menghasilkan vitamin B12 dari sisa makanan atau hewan yang mati. Kemudian vitamin tersebut akan dikonsumsi oleh tumbuhan dan hewan yang terlibat dalam rantai makanan.

Selain itu, ada banyak jenis bakteri yang hidup di sistem pencernaan hewan atau manusia, seperti E.coli. Pada manusia dan hewan, bakteri umum ditemukan di saluran pencernaan dan kulit. Tapi tenang aja guys, banyak bakteri yang hidup di dalam tubuh kita tidak berbahaya dikarenakan tubuh kita memiliki system untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri.

Meskipun ada banyak jenis bakteri yang ada ditubuh kita dapat bermanfaat bagi kita, tetapi banyak juga jenis bakteri yang menyebabkan penyakit dan itu bisa aja menyebabkan penyakit menular. Contohnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TBC.

Struktur bakteri

Pengertian dan Struktur Bakteri
Pengertian dan Struktur Bakteri

Secara umum, bakteri memiliki struktur seperti yang ditunjukkan pada contoh dibawah ini. Ada delapan bagian tubuh bakteri yang harus kalian ketahui guys beserta dengan fungsinya. Adapun 8 Struktur bakteri tersebut ialah:

a. Dinding Sel

Dinding sel ini berfungsi untuk melindungi tubuh kalian dari bakteri yang ada di lingkungan. Komponen dari Dinding sel ini ialah polisakarida yang merupakan terbuat dari peptidoglikan.

b. Menbran Sel

Menbran Sel terdiri dari fosfolipid dan protein. Fungsinya meliputi tempat keluar masuknya zat atau biasa disebut tempat terjadin-nya ranspor nutrien.

c. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan sel yang mengandung nutrisi sel. Sitoplasma juga merupakan bagian tubuh tempat berlangsungnya proses metabolisme sel. Karena itu, jika kalian sedang mencari organel, itu berarti ada di bagian ini yaitu sitoplasma, ya!

d. Ribosom

Ribosom adalah salah satu organel tanpa membran. Ribosom berfungsi sebagai situs untuk translasi RNA dan sintesis protein.

e. Kromosom

Kemudian ada kromosom yang merupakan tempat gen-gen tersebut berada dalam bentuk sirkular DNA yang membentuk nukleoid dan berperan sebagai pembawa sifat.

f. Flagel

Flagel adalah organel seperti cambuk. Flaella bekerja sebagai alat penggerak. Oleh karena itu, baggeri bergerak bukan dengan kaki seperti manusia atau hewan ya, melainkan dengan flagela.

g. Pili

Pili adalah struktur yang memungkinkan bakteri untuk menempel pada jaringan dan berfungsi sebagai jembatan untuk pertukaran gen antar bakteri.

h. Kapsul

Terakhir dari struktur bakteri yaitu ada kapsul. Kapsul bekerja sebagai penghalang pelindung terhadap bakteri ketika kondisi lingkungan tidak baik. apa maksudmu? yaitu seperti lingkungan tropis yang terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk kisaran suhu mereka.

Cara Reproduksi Bakteri

Lalu bagaimana cara Reproduksi Bakteri? Umumnya, bakteri berkembang biak secara aseksual. Hmm, aseksual berarti selibat, kan? Ya itu benar! Umumnya bakteri berkembang biak dengan membelah diri melalui proses pembelahan biner. Dengan kata lain, setiap sel bakteri akan membelah menjadi dua.

Mungkin dari kalian akan timbul pertanyaan, apakah bakteri bisa berkembang biak secara seksual? Ternyata itu memungkinkan loh! Ada juga banyak jenis bakteri yang berkembang biak secara seksual. Caranya adalah dengan menggunakan bakteri lain untuk mengubah materi genetik. Proses ini juga dikenal sebagai rekombinasi genetik.

Nah itulah materi biologi kali ini mengenai Pengertian Bakteri, Struktur Bakteri, dan Cara Reproduksi Bakteri, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk Follow instagram kita untuk mendapatkan info menarik lainnya. Apabila ada salah kata ataupun tulisan yang typo mohon maaf. dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020