Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Fungsi dan Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi dan Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila terdiri dari lima prinsip atau lima aturan yang mengarah pada lima prinsip pemerintahan Indonesia, yaitu: prinsip ketuhanan yang Maha Esa, prinsip keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, prinsip persatuan Indonesia, prinsip kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan prinsip keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelum memahami Pancasila sebagai ideologi negara, kita harus memahami pengertian ideologi secara umum. ideologi berasal dari kata "idea" dan "logos". idea yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, atau ide sedangkan "logos" yang berarti ilmu. Jadi secara umum, ideologi dapat diartikan sebagai sistem pemikiran, gagasan, keyakinan, dan pandangan tentang bidang politik, sosial, budaya, dan agama.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Fungsi dan Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara
Fungsi dan Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia merupakan dasar bagi tatanan kehidupan negara Indonesia. Dalam arti luas, yang dimaksud Pancasila sebagai ideologi adalah visi untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara agar kehidupan selanjutnya dipahami mendukung prinsip ketuhanan, prinsip kemanusiaan, prinsip persatuan, prinsip demokrasi, dan prinsip keadilan.

Tidak hanya itu, Pancasila juga bisa menjadi jalan keluar dari konflik yang sedang terjadi di Indonesia. Nilai-nilai Pancasila dapat mempersatukan berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Pancasila merupakan dasar dari segala hukum di Indonesia. Selain itu, Pancasila juga mencakup suasana mistik dari UUD 1945. Pancasila juga mencakup konsep hukum dasar hukum tertulis dan tidak tertulis.

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan dasar negara yang pertama kali dibuat pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila yang bersumber dari karakter bangsa Indonesia memiliki peranan tersendiri. Berikut adalah daftar peran dan fungi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang dikutip dari buku "Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara" karangan Ronto:

  • Pancasila sebagai ideologi negara
  • Pancasila sebagai dasar negara
  • Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum
  • Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Pancasila juga mengandung nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang dianggap oleh bangsa Indonesia sebagai adil, adil, bijaksana, dan tepat untuk mempersatukan rakyat Indonesia. oleh sebab itu Pacasila merupakan faktor terpenting bagi karakteristik indonesia.

Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Prinsip-prinsip Pancasila terdiri dari prinsip-prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Ini adalah manfaat utama bagi negara dan kehidupan sosial. Sila Pancasila dikategorikan sebagai asas kerohanian di mana asas-asas lainnya terpadu secara utuh dan harmonis, baik prinsip fundamental, prinsip material, prinsip kebenaran (kenyataan), prinsip moral, prinsip estetika, dan prinsip agama.

Sila Pancasila sebagai ideologi sendiri memiliki sifat objektif dan subjektif. Maksudnya ialah: Rumusan sila Pancasila sendiri memiliki makna yang dalam. Pancasila yang dilestarikan pada awal UUD 1945 sebagai asas dasar negara akan tetap ada sepanjang kehidupan bangsa Indonesia.

Sementara itu, nilai Pancasila yang bersifat subjetif menjelaskan bahwa keberadaan sila Pancasila tergantung pada bangsa Indonesia itu sendiri. Alasannya adalah:

  • Prinsip Pancasila berasal dari Indonesia.
  • Prinsip Pancasila memiliki prinsip spiritual.
  • Prinsip Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia.
  • Pancasila merupakan asas yang dipelajari, ditumbuhkan, dan dikembangkan melalui kebudayaan bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai sumber asas-asas yang diwajibkan dalam Undang-Undang Dasar memiliki muatan yang memaksa pemerintah, penyelenggara negara, termasuk pengurus serikat pekerja dan kelompok kerja, untuk mendukung perilaku manusia yang baik dan mendukung nilai-nilai moral masyarakat.

Nah itulah pembahasan kita hari ini mengenai Fungsi dan Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara. Semoga apa yang aku tulis diatas mudah untuk dimengerti. Apabila ada salah kata, mohon maaf dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020