Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

7 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari

Edukasistan.com - Hello guys! kali ini kita kan membahas Manfaat dari Membaca Buku. Mungkin ada nih diantara kalian yang ga suka membaca buku? saran aku untuk kalian yang tidak hobby dalam membaca buku, coba luangkan waktu kalian untuk membaca artikel ini sampai akhir. Supaya kalian bisa tau ada segudang manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan membaca buku.

Hari Buku Nasional adalah perayaan untuk menghormati pentingnya kebiasaan membaca buku. Setiap tahun, perayaan ini diperingati pada tanggal 17 Mei. Peringatan ini sendiri dimulai sejak tahun 2002, saat Menteri Pendidikan saat itu, Abdul Raja Fadjar, pertama kali mengusulkan hal tersebut.

Hal ini tentu mendapat banyak dukungan dari masyarakat, terutama dari para penggemar buku. Hal ini tidak tanpa alasan, penentuan hari buku didasarkan pada berbagai faktor. Hari Buku Nasional dibuat untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan juga untuk meningkatkan pemasaran buku.

Tentu saja, kebiasaan hobi membaca bukan sesuatu yang dapat dicapai dalam sekejap. kamu perlu menyesuaikan diri untuk membaca buku. Sayangnya, hobi membaca belum dapat dijadikan hobi oleh semua orang.

Mungkin bagi sebagian orang, kegiatan membaca buku ialah aktivitas yang membosankan. Bahkan, menurut informasi UNESCO, hanya 1 dari 1000 orang di Indonesia yang hobi membaca.

Manfaat Membaca Buku

Manfaat Membaca Buku
Manfaat Membaca Buku Setiap Hari

Membaca buku tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga manfaat lain. Berikut adalah beberapa manfaat jika seseorang secara aktif membaca buku.

1. Membantu Mengurangi Stres

Tidak hanya meningkatkan pengetahuan tentang topik buku yang sedang dibaca, membaca buku juga dipercaya dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Menurut survei, membaca buku dapat menurunkan tingkat stres hingga 68%.

kamu tidak perlu fokus pada satu jenis buku saja. Yang penting adalah kamu menikmati dan merasa nyaman saat membaca buku tersebut. Dalam waktu yang sama, kamu akan merasakan manfaatnya dengan baik.

Tidak hanya menjadi alat relaksasi, membaca buku juga dapat memberikan ketenangan dalam hati dan kenyamanan yang besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah dan membantu banyak orang yang mengalami masalah mood dan masalah psikologis ringan.

Ini adalah salah satu manfaat dari membaca buku yang sering diabaikan oleh banyak orang. Sebenarnya, banyak yang berasumsi bahwa membaca buku justru menambah beban pikiran. Padahal Sebaliknya, membaca buku dapat memberikan wawasan baru.

2. Memperluas Pengetahuan Kamu Tentang Dunia

Membaca juga dapat mengisi kepala dengan beragam informasi terbaru yang sebelumnya belum pernah dikenal. Mungkin informasi tersebut akan bermanfaat untuk kamu kelak. Semakin banyak informasi yang kamu miliki, semakin siap kamu menghadapi "pertempuran" dalam hidup.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Otak adalah salah satu organ yang perlu dibimbing agar tetap segar dan sehat seperti organ lainnya. Membaca dapat melindungi otak agar tetap aktif sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak hanya itu, membaca juga dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain itu, membaca buku dapat menjadi bentuk bimbingan yang maksimal bagi otak dibanding hanya mendengarkan radio atau menonton tv.

4. Meningkatkan Kemampuan Memori

Manfaat membaca buku berikutnya ialah dapat meningkatkan kemampuan ingatan kalian, lho. Karena, saat membaca, otak tidak hanya menjelaskan kata-kata yang dibaca, tetapi juga akan melakukan gambar atau kata-kata yang muncul saat membaca.

Otak juga akan mengatur bahasa dan pandangan untuk bekerja sebagai satu kesatuan, menghasilkan sesuatu yang lebih mudah diingat dan dipahami. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa membaca buku juga melatih kemampuan otak untuk mengingat hal-hal yang sulit dibaca. Terlebih lagi, berbagai riset telah membuktikan bahwa membaca buku dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Efek negatif dari penuaan ini dapat ditunda dengan membaca buku. Menurut riset dari Proceedings of the National Academy of Sciences, orang yang berusia lanjut yang sering memotivasi otak dengan membaca, 2,5 kali lebih kecil kemungkinan mengalami Alzheimer.

5. Melatih Fokus dan Fokus Belajar

Saat membaca buku, kamu pasti akan berlatih untuk fokus pada teks. Latihan fokus kamu juga akan meningkat ketika sedang membaca buku, sehingga kamu dapat menyerap informasi dengan baik. Kemampuan kamu sering membaca buku akan membuat kamu mudah mengingat hal-hal yang dibaca. Karena saat kamu membaca, otak kita sedang membuat ingatan terbaru dan menguatkan ingatan yang sudah ada.

6. Kemampuan Menulis Dapat Meningkat

Berhubungan dengan literasi, saat kamu sering membaca buku, kamu akan terbiasa dengan gaya bahasa, kata-kata, dan alinea. Dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu juga akan menguasai aturan penulisan yang benar.

Hasilnya, ini akan memudahkan kamu saat menulis apa yang kamu pikirkan dengan lebih jelas dan lebih apik. Untuk kamu yang ingin menjadi ahli dalam menulis, jangan lupa untuk sering membaca buku!

7. Kosakata Baru akan Bertambah

Membaca buku dapat membantu kamu meningkatkan banyak kosakata baru. Dengan terus mengenal kosakata baru dari bahasa Indonesia atau bahasa lain, kepercayaan diri dan kemampuan kamu dalam menyampaikan pendapat akan meningkat saat berada di depan orang lain.

Jika selama ini kamu merasa kesulitan dalam menyusun kalimat yang tepat, dengan membaca buku kamu dapat mengatasi masalah tersebut. Membaca buku secara teratur dari berbagai jenis buku dapat memberikan danmemnambahkan berbagai macam kosakata baru dalam diri kamu.

Jika kosakata kamu beragam, kata-kata yang kamu gunakan juga akan lebih berarti dan memiliki makna yang lebih besar. Nah, umumnya perempuan memiliki tingkat fokus yang lebih tinggi saat memperhatikan narasi, sehingga dapat lebih cepat merasakan manfaat ini.

Saat sudah mulai sekolah, kamu yang suka membaca cerita orang dewasa dan teman-teman Anda tidak hanya cerdas dalam menguasai bahasa Indonesia. Secara umum jika kamu sudah gemar membaca buku dari kecil, kam akan lebih mudah memahami materi pelajaran karena semua mata pelajaran memerlukan kemampuan membaca yang baik.

Oke itulah pembahasan mengenai Manfaat Membaca Buku hari ini. Semoga tulisan yang aku tulis diatas dapat memberikan informasi yang kamu butuhkan. Apabila ada salah kata atau tulisan yang kurang mengenakan mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020