Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Info dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan ini, aku akan membahas mengenai seputar Informasi dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin belajar tentang proses produksi dan manajemen industri, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan optimasi sistem produksi.

Pada jurusan ini, Mahasiswa akan belajar cara meningkatkan efisiensi, kualitas, dan produktivitas di industri melalui implementasi teknologi, manajemen, dan analisis sistem.

Jurusan ini memberikan mahasiswa pengetahuan dan kemampuan praktis yang sangat dibutuhkan di dunia industri, sehingga lulusannya memiliki potensi untuk bekerja di berbagai sektor industri sebagai tenaga ahli. Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, langsung aja kamu baca sampai akhir ya!

Apa itu Teknik Industri?

Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri
Info dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari proses produksi dan manajemen industri. Ini termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan proses optimasi dalam sistem produksi.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar tentang cara meningkatkan efisiensi, kualitas, dan produktivitas di industri melalui implementasi teknologi, manajemen, dan analisis sistem. Lulusan Teknik industri diharapkan dapat bekerja dalam berbagai posisi di industri, seperti manajer operasi, perencana produksi, pengendali kualitas, atau analis sistem.

Tentang Teknik Industri

Perencanaan produksi merupakan salah satu topik utama dalam teknik industri. Ini meliputi perencanaan jangka panjang dan jangka pendek untuk produksi, termasuk penentuan jumlah produk yang akan diproduksi, waktu produksi, dan bahan baku yang dibutuhkan. Perencanaan produksi juga meliputi penentuan jumlah karyawan yang dibutuhkan, alat produksi yang dibutuhkan, dan lokasi produksi.

Pengorganisasian produksi meliputi pengaturan lingkungan kerja, pembagian kerja, dan pemeliharaan alat produksi. Ini juga meliputi pengaturan sistem kerja, termasuk pembagian kerja, pengaturan waktu kerja, dan pengaturan jadwal produksi.

Pengendalian produksi meliputi pengendalian kualitas produk, pengendalian biaya produksi, dan pengendalian waktu produksi. Ini juga meliputi pengendalian kualitas alat produksi dan pengendalian kualitas bahan baku.

Optimasi sistem produksi meliputi pencarian metode yang paling efisien dan efektif untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan produktivitas dalam sistem produksi. Ini juga meliputi pengembangan metode baru dalam produksi dan penerapan teknologi baru dalam proses produksi.

Lulusan teknik industri dapat bekerja dalam berbagai posisi di industri, seperti manajer operasi, perencana produksi, pengendali kualitas, atau analis sistem. Mereka juga dapat bekerja di perusahaan konsultan produksi atau di sektor publik sebagai inspektur produksi atau analis sistem produksi.

Prospek Kerja Teknik Industri

Lulusan Teknik Industri memiliki banyak peluang karier yang menanti. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan sangat beragam, dengan gaji yang kompetitif. Sarjana Teknik Industri dapat bekerja di perusahaan atau institusi lain. dalam bidang seperti sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu, logistik, konsultan manajemen, dan marketing.

Namun, peluang kerja tidak terbatas pada bidang tersebut saja. Berikut ini adalah beberapa contoh pilihan karier yang dapat dipilih oleh lulusan Teknik Industri:

  • Manajer operasi
  • Perencana produksi
  • Pengendali kualitas
  • Analis sistem
  • Konsultan manajemen
  • Engineer sistem informasi
  • Engineer produksi
  • Engineer logistik
  • Engineer marketing
  • Engineer riset dan pengembangan
  • Engineer desain produk

Note : pilihan karir yang disebutkan di atas hanya sebagai contoh saja, masih banyak pilihan karir lain yang dapat dipilih sesuai minat dan kompetensi individu.

Mata Kuliah Teknik Industri

Kuliah di jurusan Teknik Industri memungkinkan kamu untuk belajar bagaimana merancang, mengelola, mengembangkan, dan menerapkan berbagai elemen untuk menciptakan sistem yang efisien dan memberikan nilai tambah dalam sebuah pabrik.

Selama 4 tahun atau 8 semester, kamu akan belajar teori dan juga mempraktikkan ilmu yang didapat di kelas, seperti pada mata kuliah Product Design and Development dan Layout Planning.

Di semester akhir, kamu juga akan belajar manajemen dengan pemrograman komputer, kecerdasan buatan untuk mengambil keputusan, peramalan berdasarkan data historis, simulasi pelayanan dalam industri jasa, optimasi dengan pendekatan matematis, dan masih banyak lagi.

Beberapa contoh mata kuliah yang akan ditempuh untuk mendapat gelar Sarjana Teknik Industri adalah Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Rekayasa Produk, Pengendalian dan Penjaminan Mutu, Perancangan E-Business, Perancangan Tata Letak Perusahaan, Analisis dan Perancangan Perusahaan, Rekayasa Keselamatan Kerja, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Kerja, Supply Chain Management, dll.

Setelah mendalami berbagai proses dalam industri, mungkin kamu juga ingin mengetahui lebih dalam tentang bagaimana mesin dan peralatan bekerja.

Dalam hal ini, jurusan Teknik Manufaktur mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pertimbangkan. Jurusan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, memproduksi, dan mengoptimalkan mesin dan peralatan yang digunakan dalam industri.

Biaya Kuliah Teknik Industri di tahun 2023

Biaya kuliah jurusan Teknik Industri bervariasi tergantung pada fakultas/universitas/institut tempat kamu akan kuliah. Biaya ini juga dapat berubah dari tahun ke tahun, sehingga kamu harus memeriksa dengan universitas yang kamu minati untuk mengetahui biaya terbaru.

Biaya kuliah dapat terdiri dari uang pangkal, uang semester, uang kuliah tunggal (UKT), biaya administrasi, dan biaya lainnya. Selain itu, ada juga beasiswa yang dapat diterapkan untuk mengurangi biaya kuliah. Untuk mengetahui biaya kuliah jurusan teknik industri di tahun 2023, kamu dapat melihat salah satu contohnya.

a. Biaya Kuliah Teknik Industri

Secara umum, biaya kuliah teknik industri untuk kelas reguler adalah Rp9.187.500 per semester, tidak termasuk uang pangkal dan BP3. Ada juga kelas karyawan yang memerlukan biaya semester sebesar Rp11.760.000, tidak termasuk uang pangkal.

Uang pangkal adalah biaya yang harus dibayar untuk menjadi mahasiswa resmi. BP3 adalah biaya untuk pengembangan pembangunan dan pendidikan. Sedangkan uang semester adalah biaya yang dibayar setiap semester dalam sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan sudah termasuk biaya praktikum.

b. Jurusan Teknik Industri

Jurusan ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam merancang, mengevaluasi, dan menerapkan proses produksi yang efektif dan efisien. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan menguntungkan dari sisi bisnis, baik di industri manufaktur maupun jasa yang didasarkan pada model industri 4.0.

Dengan kompetensi tersebut, lulusan Teknik Industri dapat bersaing di berbagai sektor industri, baik jasa maupun manufaktur, dengan berbagai pilihan posisi.

Nah itulah pembahasan kita mengenai Info dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri. Semoga tulisan diatas dapat memberikan informasi dan dapat membantu kamu. Apabaliha terdapat salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020