Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Edukasistan.com - Hello guys! Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional. Mahasiswa HI tentunya memahami tentang hubungan internasional. Lulusan hubungan internasional dapat menjadi karir yang cukup bagus dikarenakan memungkinkan kalian untuk bepergian ke luar negeri karena lulusannya dapat menjadi diplomat dengan pekerjaan yang bergaji tinggi.

Studi hubungan internasional bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat memahami, menjelaskan, dan menganalisis fenomena hubungan internasional dan kekuatan yang berperan dalam berbagai bidang profesional, seperti dalam departemen administrasi, penelitian, pendidikan, dll.

Banyak universitas menawarkan gelar dalam hubungan internasional, tetapi jumlah peluang karir sebagai diplomat terbatas. Namun, jangan khawatir, karena lulusan HI memiliki prospek kerja yang luas di luar bidang diplomatik. Ada banyak pekerjaan lain yang dapat dilakukan oleh lulusan HI, diantaranya adalah:

  • Bidang politik
  • Bidang ekonomi
  • Bidang pendidikan
  • Bidang penelitian
  • Bidang administrasi
  • dan masih banyak lagi

Apakah kamu tertarik dengan dunia politik atau merasa bosan dengan politik yang berbeda tetapi telah mempelajari hubungan internasional? Jangan khawatir, karena kamu beruntung bisa lulus dari jurusan ini, dikarenakan jurusan ini memiliki banyak peluang kerja yang akan terbuka untuk kamu.

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional
Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Peluang kerja yang ditawarkan oleh hubungan internasional sangat beragam, karena dalam studi HI kamu akan mempelajari banyak hal seperti sejarah, ekonomi, filsafat, sosiologi, geografi, kriminologi, antropologi, psikologi, kajian budaya dan hukum internasional.

Jumlah mata kuliah yang kamu pelajari selama studi akan menguntungkan kamu, dikarenakan peluang kerja akan terbuka luas setelah kamu lulus. Oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk langsung aja, kita bahas peluang kerja lulusan Hubungan Internasional.

1. Duta Besar

Diplomat atau duta besar yang bekerja sama untuk Kementerian Luar Negeri. Sebagai pejabat diplomatik yang ditunjuk oleh Presiden, kamu akan mewakili negara kamu dan negara yang kamu kunjungi. Misi diplomasi duta besar adalah untuk melindungi warga negara yang ditujunya, menjaga hubungan internasional antar negara dan menjaga perdamaian dunia.

2. Government Relations Officer

Bekerja untuk perusahaan asing di negara kamu sebagai petugas hubungan pemerintah berarti kamu akan menjadi penghubung antara perusahaan tempat kamu bekerja dengan pemerintah. Kamu akan sering bertemu dengan politisi pada berbagai tingkatan pemerintahan untuk mempengaruhi kebijakan dan diplomasi perusahaan. Kamu juga akan mengajari staf kantor cara berinteraksi dan bernegosiasi dengan pemerintah.

3. Staf Kedutaan

Tugas staf kedutaan diklasifikasikan berdasarkan spesialisasi mereka. Sebagai contoh, sebagai seorang ekonom, Kamu akan membahas pajak atau masalah ekonomi lainnya. Pejabat politik akan melaporkan situasi politik negara saat ini, meliputi terorisme, protes, kerusuhan, dan konflik.

4. Konsultan Internasional

Sebagai konsultan internasional, kamu akan memberikan saran atau bantuan dalam mencegah dan menyelesaikan perselisihan antar negara. Tugas kamu akan sangat penting dalam memberikan saran, dan bimbingan karena kemampuan kamu untuk memperhatikan perkembangan saat ini dan melihat perbedaan standar yang diterima antar negara.

Dengan pengetahuan bisnis dan perdagangan yang lebih banyak, kamu juga dapat bekerja di perusahaan swasta internasional, terutama dalam bidang riset pasar, manajemen, TI, teknik, perencanaan bisnis, sumber daya manusia, dll.

5. Staf Ahli

Sebagai pegawai, kamu akan membantu menteri dalam bidang keahlian tertentu. Sebagai contoh sebagai sekretaris pemrosesan informasi, kamu akan bertanggung jawab atas pengumpulan informasi, melakukan penelitian, memberikan saran dan rekomendasi untuk menteri.

6. Wartawan atau Jurnalis

Karena kamu sudah terlatih dalam berpikir kritis, riset, dan selalu mengikuti perkembangan dunia, kamu dapat menjadi jurnalis atau wartawan yang handal. Kamu dapat bekerja di media nasional dan internasional.

7. International Officer

Sebagai pejabat internasional, kamu akan bertanggung jawab atas urusan internasional atau file di Kementerian Luar Negeri, Konsulat, Kedutaan, Atase, dan organisasi non-pemerintah internasional (INGO). Kamu juga dapat memiliki pilihan untuk bekerja di PBB.

8. Politisi

Terlatih dalam memahami berbagai persoalan negara, kamu dapat menjadi politikus yang baik. Kamu pandai dalam mengelola hubungan interpersonal, serta kritis dalam mengevaluasi kebijakan nasional dan internasional.

9. Dosen

Jika kamu tertarik menjadi akademisi, kamu dapat menjadi seorang dosen yang tidak hanya mengajar hubungan internasional tetapi juga membimbing siswa untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan. Kamu juga harus melakukan penelitian tentang hubungan internasional dan memiliki gelar S2 atau S3.

Tambahan aja, jika kamu lebih tertarik dalam mengembangkan bisnis. Gunakan keterampilan bisnis dan ekonomi internasional yang telah kamu pelajari. Jangan merasa puas dengan bisnis kecil, cobalah untuk mengembangkan sayap Kamu dan menjadi seorang pengusaha internasional. Jadi kamu tidak hanya harus bekerja di pemerintahan dan politik, bukan?

Ini adalah beberapa informasi tentang prospek karir lulusan hubungan internasional yang patut kamu perhatikan dan mungkin dapat dicoba.

Demikian Pembahasan hari ini mengenai Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk membagikannya melalui Facebook, Twitter, atau media lainnya. Jika terdapat salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020