Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Strategi Memilih Jurusan Di SNBP

Edukasistan.com - Hello guys! Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Strategi Memilih Jurusan di SNBP agar kalian dapat lulus SNMPTN Pada tahun ini. Memilih jurusan dan universitas di SNBP bukan hanya sekedar memilih perguruan tinggi negeri. Kalian tidak boleh asal dalam memilih jurusan , Karena hal itu bisa saja menyebabkan kalian gagal untuk lolos di SNMPTN.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan yang bisa mempengaruhi masa depan kamu, termasuk karir masa depan kamu. Pilihan kamu juga dapat menentukan apakah kamu lulus atau tidak. Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi negeri untuk tahun ini? Berikut ini ialah beberapa langkah yang perlu kamu ketahui dalam memilih jurusan di SNBP.

1. Pahami Minat dan Kemampuan Diri Sendiri

Strategi Memilih Jurusan Di SNBP
Strategi Memilih Jurusan Di SNBP

Yes hal yang pertama yang harus kamu lakukan ialah Pahami Minat dan Kemampuan Diri Sendiri. Namun mungkin selama ini kalian telah mendengarkan nasihat orang tua, guru BK, senior atau bahkan mencari beberapa sumber di intenet.

Namun, sekarang sudah berbeda, dalam Sistem SNBP sudah tidak ada lagi batasan dalam memilih perguruan tinggi atau program pendidikan tertentu. Setiap siswa bebas untuk memilih program studi yang diinginkan di SNBP. Dalam Sistem SNBP ketentuannya adalah "setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa diizinkan untuk memilih program studi di PTN"

Artinya kamu benar-benar bebas memilih jurusan apapun yang kamu inginkan? Ya, benar sekali kamu bebas memilih jurusan di SNBP yang kamu inginkan, tetapi justru di sinilah kematangan berpikir kita diuji, guys. Misalnya, apakah kamu akan memilih program studi di SNBP yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu atau hanya mengikuti pilihan temanmu atau pacarmu?

Sebelum mempertaruhkan persahabatan atau hubunganmu dengan teman atau pacar, sebaiknya kamu mengikuti Tes Kemampuan dahulu banyak sekali web yang menyediakan layatan tes jurusan secara gratis.

Hasil tes gratis ini nanti bisa kamu gunakan untuk diskusi lebih lanjut dengan orangtua mengenai jurusan kuliah yang akan kamu pilih. Setelah itu baru kamu bisa mendiskusikan program studi SNBP pilihanmu dengan orangtua, teman atau pacar.

2. Pertimbangkan Peluang lulus di program studi yang ingin kamu pilih

Salah satu strategi penting dalam memilih jurusan kuliah adalah mengetahui peluang lolos di jurusan yang diinginkan. Kamu bisa melihat Besar peluang kamu untuk lolos dengan cara meprediksikan Rata-Rata Minimal Nilai Rapor SNBP dan menghitung Passing Grade SNBP. Tenang aja 2 hal tersebut sudah pernah aku bahas dipostingan seblumnnya, jadi kamu tidak perlu menghitung ulang.

Dan ada baiknya juga, jika kamu memilih jurusan SNBP yang telah memiliki rekam jejak alumni yang lolos SNMPTN di universitas dan jurusan tertentu. Guru BK, Wali Kelas, atau staf Tata Usaha sekolah mungkin bisa membantumu mengetahui informasi ini.

Tentunya, kamu hanya dapat menerapkan tips SNBP ini jika kakak-kakak alumni tersebut juga telah memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu. Jangan sampai sebaliknya, ya! tidak baik jika minat dan kemampuanmu di bidang matematika tetapi kamu malah memilih jurusan bahasa hanya karena banyak alumni dari sekolah kamu yang lolos seleksi di situ.

Jika ternyata minat dan kemampuanmu istimewa dan berbeda dari kakak-kakak pendahulumu, ada strategi lain untuk memilih jurusan di SNBP yang bisa kamu lakukan, guys. Sebelum memilih program studi di SNBP, pastikan untuk mengecek daya tampung jurusan yang kamu incar di berbagai kampus yang berbeda.

Cek juga jumlah peminat pada tahun sebelumnnya. Dari kedua variabel ini, kamu bisa menentukan tingkat persaingan program studi yang kamu inginkan.

Jika kamu memilih dua program studi di SNBP, cek tingkat keketatannya di tiap-tiap prodi. Tips ini akan memberikan gambaran tentang di kampus manakah jurusan yang dipilih memiliki peluang lolos seleksi yang lebih besar.

3. Ikuti Ketentuan SNBP yang Berlaku

Tentunya, salah satu persyaratan dalam mengikuti jalur SNBP adalah mengikuti ketentuan yang berlaku. Dalam hal pemilihan jurusan di SNBP, sebenarnya tidak ada perubahan besar dari tahun-tahun sebelumnya. Ada dua aturan baru dalam sistem SNBP yang harus diperhatikan saat memilih jurusan.

Pertama, setiap siswa hanya boleh memilih dua program studi dari satu perguruan tinggi atau dua perguruan tinggi yang berbeda. Ini berarti, batas maksimal program studi yang dapat dipilih adalah dua. Ketentuan SNBP selanjutnya adalah "Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di perguruan tinggi di provinsi yang sama dengan asal SMA/MA/SMK-mu."

Misalnya, sekolahmu berada di Provinsi Kalimantan Timur. Jika kamu memilih program studi X dan Y, maka program studi X harus berada di perguruan tinggi di Kalimantan Timur. Untuk program studi Y, kamu bebas memilih perguruan tinggi di provinsi lainnya.

Ketentuan SNBP yang terakhir yatu "Jika memilih satu program studi, dapat memilih perguruan tinggi yang berada di provinsi mana pun." Untuk kalian yang percaya diri hanya dengan satu program studi, kamu bebas memilih program studi tersebut berada di perguruan tinggi di provinsi mana pun.

Bisa dikatakan tidak ada ketentuan khusus dari sekolah yang mengikat dengan pemilihan jurusan di SNBP. Jadi gimana nih guys? Sudah siap dengan pilihan program studimu untuk SNBP? Masih ada cukup waktu untuk kamu dalam memantapkan pilihan jurusan SNBP yang kamu suka, sampai jadwal pemilihan jurusan SNBP tiba.

Kamu hanya perlu menunggu apakah namamu termasuk dalam daftar siswa yang berhak untuk mengikuti SNBP atau tidak. Jika kamu berhak, pastikan untuk mendaftar SNBP mendatang. Saat itu, pastikan kamu sudah yakin dengan program studi SNBP yang kamu pilih.

Demikian Pembahasan kita mengenai Strategi Memilih Jurusan Di SNBP hari ini. Semoga apa yang aku tulis diatas dapat memberikan informasi. Jika terdapat salah ketik ataupun typo, mohon maaf dan terimakasih sudah membaca. Sampai bertemu diartikel selanjutnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020