Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP UTU 2023

Edukasistan.com - Hello guys! Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya! Pada kesempatan ini, aku kembali membahas mengenai prediksi nilai rapor minimal yang dibutuhkan untuk lulus SNMPTN. Nah untuk kali ini, aku akan membahas mengenai Minimal Nilai Rapor SNMPTN Universitas Teuku Umar.

Jika kamu ingin bergabung dengan UTU, kamu dapat mendaftar dengan berbagai cara, salah satunya melalui Jalur SNMPTN atau yang sekarang disebut dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP merupakan jalur masuk ke perguruan tinggi di Indonesia yang ditentukan berdasarkan prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas.

Jalur SNBP memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa melalui tahap seleksi ujian. Seleksi ini dilakukan setiap tahun dan menyediakan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi persyaratan.

Karena itu, pada kesempatan ini aku akan menoba untuk memberikan prediksi minimal nilai rapor SNMPTN UTU. UTU dikenal dengan program akademik yang kuat dan aktivitas penelitian serta memiliki reputasi sebagai penghasil lulusan yang berkualitas dan menjadi karir yang sukses dalam berbagai bidang.

Universitas Teuku Umar memiliki kerja sama dan kolaborasi dengan institusi lokal dan internasional, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan di luar negeri.

Sebagai informasi! Universitas Teuku Umar (UTU) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. UTU didirikan pada tanggal 10 November 2006 dan resmi diresmikan sebagai universitas negeri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April 2014.

Berdasarkan SK No. 66/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021 saat ini UTU telah mendapatkan akreditasi "B" dari BAN-PT. Pada tahun 2023, UTU berada di peringkat ke-233 sebagai universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan peringkat ke-9137 sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia menurut UniRank.

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP Universitas Teuku Umar

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP UTU
Rata-Rata Nilai Rapor SNBP Universitas Teuku Umar

Kembali ke topik utama, yaitu nilai rapor minimal yang dibutuhkan untuk lulus SNBP UTU. SNBP adalah salah satu jalur seleksi nasional untuk masuk PTN yang harus diikuti. Seleksi ini adalah jalur baru yang dibuka tahun ini yang menggantikan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Adapun data yang aku gunakan untuk menghitung nilai rapor snbp utu berdasarkan ketatnya program studi, jumlah peminat, Daya Tampung dan parameter nilai rata-rata (mean) serta standar deviasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan metode perhitungan yang aku gunakan menggunakan metode distribusi normal data acak. Setelah mendapatkan hasilnya, aku akan membandingkannya dengan nilai SNMPTN tahun lalu dan mengambil nilai yang lebih tinggi untuk dijadikan sebagai Minimal Rata-Rata. Tanpa basa-basi lagi, inilah nilai rata-rata SNMPTN UTU untuk Program Studi Saintek dan Soshum.

Minimal Nilai Rapor SNBP UTU Prodi Saintek

No Program Studi Nilai Rapor
1 Agribisnis 85,79
2 Agroteknologi 81,73
3 Akuakultur 80,49
4 Gizi 82,02
5 Ilmu Kelautan 83,95
6 Kesehatan Masyarakat 80,06
7 Perikanan 82,12
8 Sumber Daya Akuatik 80,04
9 Teknik Industri 82,24
10 Teknik Mesin 85,62
11 Teknik Sipil 85,92
12 Teknologi Hasil Pertanian 81,5
13 Teknologi Informasi 82,78

Minimal Nilai Rapor SNBP UTU Prodi Soshum

No Program Studi Nilai Rapor
1 Akuntansi 82,65
2 Ekonomi Pembangunan 77,8
3 Ilmu Administrasi Negara 81,8
4 Ilmu Hukum 77,29
5 Ilmu Komunikasi 85,35
6 Manajemen 81,07
7 Sosiologi 81,54

Discalimer! Perlu kalian tau, bahwa prediksi nilai yang aku berikan diatas, bukanlah nilai rata-rata yang ditentukan oleh perguruan tinggi atau universitas. Setiap universitas atau perguruan tinggi tidak diperbolehkan untuk menyebarluaskan atau memberikan hasil nilai SNMPTN peserta. Oleh karena itu, gunakan prediksi tersebut sebagai referensi aja.

Namun perlu diingat, SNBP tidak hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada beberapa faktor lain yang memengaruhi kelulusan kalian di SNBP diantarannya ialah: indeks prestasi sekolah kalian, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat. Diantara semua faktor penentu tersebut, faktor utama yang mempengaruhi kelulusan adalah nilai rapor kamu.

Walaupun skor rata-rata kamu sudah mencapai atau bahkan melebihi tarsaget yang diprediksikan, tidak berarti kamu akan pasti lulus SNMPTN. Banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi penerimaan kamu, oleh karena itu kamu harus terus belajar dengan giat untuk mendapatkan nilai terbaik dari Semester 1 hingga Semester 5.

KIta sudah sampai dipenghujung artikel. Itulah pembahasan mengenai Rata-Rata Nilai Rapor SNBP UTU. Semoga artikel yang aku tulis ini, dapat memberikan informasi yang bergguna dan membantu kamu menghadapi SNBP tahun ini. Jika terdapat kesalahan pengetikan atau typo, aku minta maaf dan terima kasih telah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020