Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara 2023

Edukasistan.com - Halo teman-teman! Saat ini aku ingin membahas mengenai Passing Grade SNBT di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sebelum kalian mencoba mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN atau SBMPTN, sangat penting untuk mengetahui Passing Grade di setiap jurusan yang ada di universitas.

Hal ini akan membuat kalian lebih siap dalam belajar dan memiliki peluang yang lebih besar untuk lulus. Namun, jangan lupa bahwa setiap tahun Passing Grade dapat berbeda-beda di setiap perguruan tinggi negeri, termasuk di UIN Sumatera Utara.

Oleh karena itu, informasi ini akan selalu diperbarui setiap tahunnya. Selain Passing Grade, jangan lupa untuk memperhatikan juga kuota penerimaan mahasiswa baru di UIN Sumatera Utara. Setiap jurusan memiliki kuota yang berbeda-beda dan dapat berubah setiap tahunnya.

Bagi kalian yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN atau SNBT, persaingannya bisa sangat ketat dibandingkan dengan SNBP atau SNMPTN. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk mempelajari materi secara mendalam dan rajin berlatih soal. Jika persiapan kalian sudah mantap dan sudah mempertimbangkan semua faktor di atas, peluang kalian untuk masuk ke jurusan impian di UIN Sumatera Utara akan lebih besar. Ayo terus semangat dan fokus untuk mencapai tujuan kamu!

Tentang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara
Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU). UIN-SU adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di kota Medan, Sumatera Utara. UIN-SU didirikan pada tahun 1952 dengan nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Medan. Pada tahun 1963, STAI Medan berganti nama menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara.

Kemudian pada tahun 2002, IAIN Sumatera Utara resmi menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) dengan menambahkan fakultas-fakultas baru diantaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

UIN-SU memiliki berbagai program studi yang berfokus pada pengembangan ilmu-ilmu keislaman, seperti studi Islam, studi agama-agama, dan studi keagamaan. UIN-SU juga dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia dan telah meraih akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara Prodi Saintek dan Soshum

Passing Grade adalah indikator untuk mengetahui seberapa ketatnya persaingan di setiap jurusan. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan apakah jurusan yang kamu pilih memiliki persaingan yang sengit atau tidak. Selain itu, nilai yang kamu peroleh juga berpengaruh pada peluangmu untuk diterima di jurusan yang kamu inginkan.

Jika kamu berencana untuk masuk ke UIN Sumatera Utara, kamu perlu mengetahui Passing Grade untuk jurusan yang kamu minati. Sebagai informasi tambahan, dulu pada saat SBMPTN hanya program studi Saintek yang dapat memilih lintas jurusan, sedangkan program studi Soshum tidak diperbolehkan.

Namun, sekarang ada sistem baru yaitu SNBT, sehingga kamu dapat memilih jurusan Soshum atau Saintek tanpa batasan. Oleh karena itu, agar lebih mudah, aku akan menggabungkan kedua program studi tersebut, berikut Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara untuk program studi Saintek dan Soshum.

Program Studi Daya Tampung 2023 Data Peminat 2022 Passing Grade
Biologi 45 91 49,45%
Fisika 45 29 155,17%
Hukum 96 288 33,33%
Ilmu Kesehatan Masyarakat 180 579 31,09%
Ilmu Komputer 84 360 23,33%
Ilmu Komunikasi 72 325 22,15%
Ilmu Perpustakaan 60 97 61,86%
Manajemen 120 467 25,70%
Matematika 45 46 97,83%
Sistem Informasi 84 222 37,84%

Kesimpulan Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara

Menurut pendapatku, persaingan untuk masuk ke Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumatera Utara) tidak terlalu ketat seperti yang terjadi di Universitas Sumatera Utara. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya akan bersaing dengan beberapa orang saja.

Contohnya, untuk program studi Hukum di UIN Sumatera Utara, hanya ada 96 kursi, tetapi ada 288 orang yang ingin masuk! Peluangmu sekitar 33,33%, cukup baik kan? Artinya, kamu hanya akan bersaing dengan 3 orang saja untuk mendapatkan satu kursi di UIN Sumatera Utara.

Jika dibandingkan dengan Passing Grade SNBT di UGM atau UI yang sangat ketat, persaingan di UIN Sumatera Utara masih tergolong santai. Namun, jangan hanya mengandalkan data ini saja untuk diterima di jurusan impianmu. Kamu juga harus belajar dengan baik.

Berbeda dengan SNBP yang tidak ada tes, di SNBT kamu harus mengikuti tes terlebih dahulu untuk diterima di jurusan yang kamu inginkan. Data ini hanya untuk mengecek seberapa ketat persaingan di setiap jurusan saja. Jadi, intinya, secara keseluruhan, Data Passing Grade SNBT di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prodi Saintek dan Soshum tahun ini sekitar 53,77%.

Itulah pembahasan tentang Passing Grade SNBT UIN Sumatera Utara. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang Passing Grade SNBT atau SBMPTN. Jika masih bingung, jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar ya. Terima kasih telah membaca sampai habis!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020