Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati 2023

Edukasistan.com - Hallo teman-teman! Penasaran nih gimana cara sukses masuk UIN Sunan Gunung Djati lewat SNBT? Buat kalian yang pengen ngerasain asyiknya kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, yuk simak obrolan kita kali ini sampai selesai! Aku bakal kasih tau nih Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati biar kamu bisa makin mudah lewatin SNBT.

Sebelum nyoba daftar lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN, penting buat kamu untuk tahu dulu nih gimana persaingannya di tiap jalur. Ini bakal bantu kamu buat rencanain ke depan dan punya peluang yang lebih oke.

Tapi inget ya, setiap PTN termasuk Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati punya tingkat kelulusan yang beda-beda. Jadi, informasi yang aku kasih bisa aja berubah dari tahun ke tahun. Tapi tenang aja, aku bakal tetap update infonya tiap tahun. Jika mau daftar UIN Sunan Gunung Djati lewat SNBT, jangan terkecoh dengan banyaknya pendaftar dan peminat!

Cek juga Passing grade dan persyaratan di tiap daerah, biar kamu bisa makin mudah lewatin UIN Sunan Gunung Djati lewat jalur SNBT. Cuma info nih, kalo mau daftar lewat jalur SBMPTN atau SNBT, persaingannya bakal lebih ketat dibanding SNMPTN atau SNBP. Jadi, kamu harus siapin diri sebaik mungkin, belajar yang rajin, dan jangan lupa baca soal-soal tahun-tahun sebelumnya ya.

Tentang Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati
Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati

UIN Sunan Gunung Djati berdiri di kota Bandung yang dikenal sebagai kota kembang dan kota para pelajar. Universitas ini didirikan pada tanggal 2 Juni 1960 dan merupakan salah satu universitas Islam negeri terkemuka di Indonesia. Namanya diambil dari nama salah satu Wali Songo, Sunan Gunung Djati, yang merupakan penyebar agama Islam di tanah Sunda.

Kampus ini menawarkan berbagai program studi, mulai dari pendidikan, ekonomi, syariah, dakwah, dan lain-lain. Tidak hanya itu, UIN Sunan Gunung Djati juga memiliki program studi unggulan seperti Teknik Informatika, Psikologi, dan Desain Komunikasi Visual yang semakin menunjukkan komitmennya untuk menggabungkan nilai-nilai keislaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tak hanya fokus pada akademik, UIN Sunan Gunung Djati juga mengedepankan pengembangan karakter dan nilai-nilai luhur keislaman. Para mahasiswa diajarkan untuk menjadi individu yang memiliki keimanan yang kuat, berakhlak mulia, serta memiliki semangat toleransi dan persatuan dalam keberagaman.

Kamu tau ga, UIN Sunan Gunung Djati adalah lembaga pendidikan negeri yang keren banget di Indonesia. Kampusnya berada di kota Bandung, Jawa Barat, atau lebih tepatnya di Jalan A.H Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru.

Dan kabar gembiranya, tahun ini UIN Sunan Gunung Djati mendapat sertifikat "A" dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selama empat tahun ke depan, lembaga pendidikan ini telah terakreditasi dengan sangat baik sesuai dengan surat BAN-PT nomor 125/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019.

Nggak cuma itu aja, tahun 2023 ini UIN Sunan Gunung Djati juga mendapatkan penghargaan sebagai institusi pendidikan terbaik ke-23 di Indonesia dan peringkat ke-2561 sebagai institusi pendidikan terbaik di dunia menurut webometrics. Keren banget, kan?

Nah, itu tadi sekilas tentang UIN Sunan Gunung Djati. Semoga informasi ini membantu kamu untuk lebih mengenal kampus yang penuh semangat dan dedikasi ini. Jangan ragu untuk melanjutkan studi di UIN Sunan Gunung Djati, karena di sini kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menginspirasi!

Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati Prodi Saintek dan Soshum

Buat masuk UIN Sunan Gunung Djati, kamu harus tahu dulu Passing grade di SNBT. Kenapa sih? Biar kamu bisa milih bidang yang cocok sama minat dan kemampuan kamu, dan kamu bisa juga melihat persaingan di tiap jurusan. Jadi, peluang kamu buat masuk PTN bakal makin besar.

Tahun 2023, SBMPTN bakal berubah jadi SNBT. Tapi santai aja, apa bedanya? Sekarang semua bidang bisa lintas jurusan. Nah, buat memudahkan kamu, aku udah siapin Passing grade SNBT Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati beserta datanya.

Program Studi Daya Tampung 2023 Data Peminat 2022 Passing Grade
Administrasi Publik 90 561 16,04%
Agroteknologi 36 252 14,29%
Bahasa Dan Sastra Inggris 108 569 18,98%
Biologi 36 222 16,22%
Fisika 18 44 40,91%
Ilmu Hukum 72 632 11,39%
Ilmu Kom. Konst. Humas 72 515 13,98%
Ilmu Kom. Konst. Jurnalistik 72 491 14,66%
Ilmu Politik 48 214 22,43%
Kimia 36 123 29,27%
Manajemen 108 1.200 9,00%
Matematika 36 150 24,00%
Psikologi 80 1.034 7,74%
Sosiologi 90 416 21,63%
Teknik Elektro 36 161 22,36%
Teknik Informatika 54 758 7,12%

Kesimpulan Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati

Sebenernya sih buat masuk kampus ini emang nggak gampang karena persaingannya cukup ketat. Tapi jangan panik dulu, total tingkat kelulusan UIN Sunan Gunung Djati cuma sekitar 18,13 %, masih lumayan mudah dibanding UPN Jakarta dan UI. Misalnya nih, buat jurusan Biologi, cuma ada 36 orang yang diterima, sedangkan yang pengen daftar ada 222 orang! Jadi peluang kamu cuma sekitar 16,22%.

Dengan kata lain, kamu harus berjuang dengan 5 orang lainny buat masuk jurusan Biologi di UIN Sunan Gunung Djati. Walaupun SNBT UIN Sunan Gunung Djati agak berat, kita tetap optimis ya. Aku yakin kamu bisa sukses asal kamu lakukan yang terbaik.

Yang penting, rajin belajar dan siapin segala sesuatunya jauh-jauh hari. Ingat, luangkan waktu buat pahami program-program yang ada. Kalau bingung, jangan ragu buat minta bantuan dari teman, guru, atau sumber lainnya. Yuk, semangat dan jangan lupa pelajari soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya!

Terakhir nih, inget banget pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental saat mempersiapkan SNBT. Pastikan kamu cukup tidur, makan makanan yang bergizi, serta luangkan waktu buat olahraga dan istirahat. Dengan menjaga keseimbangan antara latihan dan aktivitas lainnya, kamu bakal lebih siap menghadapi tantangan di depan.

Demikian deh pembahasan kita mengenai Passing Grade SNBT UIN Sunan Gunung Djati. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang pengen daftar di universitas ini. Kalau masih bingung, silakan tanya-tanya di kolom komentar. Terima kasih udah baca dan semoga sukses!

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020