Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Passing Grade SNBT UNSIL 2024

Edukasistan.com - Hello guys! Apa kabar? apakah kalian sudah mengetahui metode untuk berhasil masuk Universitas Siliwangi melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)? Jika belum, yuk ikuti catatan kita sampai selesai! Di sini, aku akan memberikan informasi mengenai Passing Grade SNBT UNSIL agar kalian dapat lolos SNBT dengan lebih mudah.

Sebelum mengikut SNBP atau SNBT, sangat penting untuk mengetahui bagaimana kompetisi di setiap jalur. Hal ini akan membantu kalian merencanakan ke depan dan mendapatkan peluang lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa setiap PTN, termasuk Universitas Siliwangi, memiliki tingkat kelulusan yang berbeda-beda.

Table Of Contents

    Oleh karena itu, informasi yang aku berikan bisa saja berubah setiap tahun. Namun, tenang saja, aku akan selalu memperbarui informasi ini dan memberikan yang terbaru. Bagi kalian yang ingin masuk ke UNSIL melalui SNBT, jangan ragu atau khawatir! Kita akan berusaha membantu agar kalian dapat berhasil masuk ke Universitas Siliwangi.

    Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan informasi yang sangat lengkap seperti Informasi Peminat, Daya tampung, serta Passing Grade yang akan memudahkan kalian untuk memperkirakan seberapa besar peluang kalian dalam seleksi di Universitas Siliwangi.

    Sebagai informasi, jika dibandingkan dengan SNBP, persaingan dalam SNBT akan lebih ketat. Oleh karena itu, kalian perlu mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya, seperti dengan rajin berlatih dan jangan lupa untuk mempelajari soal-soal tahun sebelumnya.

    Tentang Universitas Siliwangi

    Passing Grade SNBT UNSIL
    Passing Grade SNBT Universitas Siliwangi

    Universitas Siliwangi atau UNSIL adalah lembaga pendidikan tinggi negeri yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tahun 1964 dan awalnya bernama Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran Cabang Tasikmalaya. Namun pada tahun 1982, UNSIL berubah menjadi universitas yang mandiri dengan berbagai fakultas yang ada.

    Saat ini, UNSIL memiliki delapan fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ilmu Keperawatan. Dalam kurikulumnya, UNSIL juga menyediakan program pascasarjana untuk memenuhi kebutuhan para lulusan sarjana yang ingin mengembangkan diri lebih jauh.

    Selain itu, UNSIL juga memiliki sejumlah pusat penelitian dan kerjasama yang membantu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbagai bidang, seperti pusat penelitian dan pengabdian masyarakat, pusat pengembangan sumber daya manusia, dan pusat kerjasama dan hubungan internasional.

    UNSIL juga menunjukkan komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh berbagai penghargaan yang telah diraih oleh universitas ini, seperti penghargaan sebagai perguruan tinggi berkinerja terbaik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan penghargaan sebagai perguruan tinggi terbaik dalam pengembangan wirausaha oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

    Dalam hal akreditasi, UNSIL juga berhasil meraih sertifikat "B" dari BAN-PT yang menunjukkan kualitas pendidikan yang baik. Bahkan pada tahun 2024, UNSIL diharapkan akan menempati peringkat ke-182 sebagai institusi pendidikan terbaik di Indonesia dan ke-7212 sebagai institusi pendidikan terbaik di dunia menurut webometrics.

    Passing Grade SNBT UNSIL

    Penting untuk tau, kalian harus mengetahui Passing Grade SNBT terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan mengetahui Passing Grade ini, kalian bisa memilih bidang studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta memahami kompetisi di setiap bidang. Dengan begitu, peluang kalian untuk masuk ke PTN akan semakin besar.

    Tahun 2024, Sistem yang terdapat di SBMPTN berganti jadi SNBT. Tetapi kamu tak harus takut betul! Sebab bedannya ga sangat banyak, terlebih lagi dengan Sistem SNBT itu akan memudahkan kamu.

    Salah satunnya yakni kamu dapat lintas jurusan yang sebelumnnya hanya prodi saintek aja yang bisa. Oleh karena itu, aku udah siapin Passing Grade SNBT UNSIL 2024 serta informasi lainnya untuk mempermudah kalian.

    Nama Daya Tampung 2024 Peminat 2023 Passing Grade
    Agribisnis 98 524 18,70%
    Agroteknologi 77 347 22,19%
    Akuntansi 175 907 19,29%
    Ekonomi Pembangunan 170 713 23,84%
    Ekonomi Syariah 117 460 25,43%
    Gizi 80 723 11,07%
    Ilmu Politik 118 438 26,94%
    Informatika 108 957 11,29%
    Kesehatan Masyarakat 95 890 10,67%
    Manajemen 208 1.403 14,83%
    Pendidikan Bahasa Indonesia 90 581 15,49%
    Pendidikan Bahasa Inggris 108 455 23,74%
    Pendidikan Biologi 86 268 32,09%
    Pendidikan Ekonomi 85 347 24,50%
    Pendidikan Fisika 58 119 48,74%
    Pendidikan Geografi 85 253 33,60%
    Pendidikan Jasmani 173 339 51,03%
    Pendidikan Masyarakat 85 372 22,85%
    Pendidikan Matematika 89 276 32,25%
    Pendidikan Sejarah 100 337 29,67%
    Sistem Informasi 57 488 11,68%
    Teknik Elektro 54 205 26,34%
    Teknik Sipil 77 525 14,67%
    Manajemen Mutu Halal 28 (Prodi Baru) -
    Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian 32 (Prodi Baru) -

    Kesimpulan Passing Grade SNBT UNSIL

    Dari data diatas dapat disimpulkan, meskipun masuk ke UNSIL melalui jalur SNBT lebih sulit jika dibandingkan dengan Unsyiah, kamu jangan putus asa ya!. Tingkat Persaingan UNSIL hanya sekitar 23,95%. Dimana ini lebih mudah daripada UPN Jakarta dan UI.

    Sebagai contoh, untuk jurusan Manajemen hanya ada kuota 208 orang yang diterima, sedangkan yang mendaftar ada 1.403 orang! artinnya Peluang kalian hanya sekitar 14,83%. Intinya, kalian harus berjuang dan bersaing dengan 7 orang lainnya untuk mendapatkan satu tempat di jurusan Manajemen UNSIL.

    Meskipun seleksinya lebih berat, jangan khawatir kamu harus tetap optimis dan yakin bahwa kalian bisa berhasil asal melakukan usaha maksimal.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk rajin berlatih dan mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Jangan lupa untuk memahami peraturan yang ada dan jika ragu, mintalah bantuan dari sahabat, guru, atau sumber lainnya.

    Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu. Pastikan kalian cukup tidur, makan makanan bergizi, serta menyediakan waktu untuk berolahraga dan beristirahat. Dengan menjaga keseimbangan antara berolahraga dan kegiatan lainnya, kalian akan lebih siap menghadapi tantangan di depan.

    Nah, itulah ulasan kita mengenai Passing Grade SNBT Universitas Siliwangi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mendaftar di universitas ini. Jika kalian masih ragu atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar. Terima kasih sudah membaca dan semoga sukses!

    Teacher Live
    Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020