Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Bedanya English British dan English American

Edukasistan.com - Hei, para pejuang bahasa Inggris! Kalian pernah bingung ga sih, mau pakai kata "color" atau "colour"? kira-kira mana yang benar, ya? Tenang, Sobat kali ini aku, ada solusi nih buat mengatasi permasalahan seperti ini. Sebenarnya dua kata tersebut sama-sama benar loh! Kok bisa?

iya dua kata tersebut benar sumuanya.Yang satu digunakan saat mengucapkan Bahasa inggris dengan Aksen Amerika sedangkan yang satu lagi digunakan dengan akses British. Nah ngomongin tentang Aksen Bahasa Inggris! kira-kira kalian tau ga nih Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika?

Biar bahasa Inggris kita makin kece, kita harus tahu dulu nih, mau pakai bahasa Inggris ala Britania Raya atau Amerika Serikat. Soalnya banyak di antara kita yang suka bingung bedain keduanya. Yuk, kita upgrade skill bahasa Inggris kita dengan memahami perbedaannya!

Dari Aksen, Beda Banget!

Bedanya English British dan English American
Bedanya English British dan English American

Pernah gak sih kalian penasaran, kenapa sih orang Britania itu bikin kita klepek-klepek? Salah satunya karena aksen mereka yang khas dan bikin kita klepek-klepek. Duh, kalau ada yang godain kita pakai aksen British, langsung aja jadi baper, deh! Hihi.

Apa sih bedanya? Nah, orang Britania biasanya ngucapin huruf "r" dengan lebih samar. Sedangkan orang Amerika ngucapinnya dengan lebih jelas. Coba deh, kayak kata "mirror" aja. Orang Britania bakal terdengar kayak ngomong "mih-ra", sementara orang Amerika bakal bilang "mir-rer".

Tapi, gak cuma itu, lho! Dalam aksen Amerika, huruf 'T' pada beberapa kata kadang dieja seperti 'D', sedangkan dalam aksen British, dieja tetap seperti huruf 'T'. Misalnya nih, kata "weather", dalam aksen Amerika kedengarannya kayak "weader". Ayo, coba latihan, biar aksen British kalian makin ngegemesin!

Ejaannya, Jangan Lupa Bedain!

Ada juga nih kata-kata dalam bahasa Inggris Britania dan Amerika yang kedengarannya sama dan punya arti yang sama, tapi ada sedikit perbedaan ejaan. Jadi, kita harus jeli membedakannya. Buat bahasa Inggris Britania, biasanya ejaannya lebih menjaga kesamaan dengan asal kata dari bahasa Prancis.

Sementara untuk bahasa Inggris Amerika, ejaan-nya sudah menyesuaikan dengan cara ngucapinnya dan menghilangkan huruf yang gak perlu. Nah lebih jelasnya, coba praktikan penjelasan dibawah ini!

1. Akhiran "-our" jadi "-or"

Pernah bingung, yang mana sih yang benar: color atau colour? Tenang, guys! Keduanya bener kok. Color itu Bahasa Inggris versi Amerika, sedangkan colour versi British. Jadi, Bahasa Inggris Amerika itu lebih simpel aja, mereka selalu menghapus huruf "u" biar lebih ringkas.

Contoh lainnya, kayak: honour, favourite, behaviour, humour, dan neighbour.

2. Akhiran "-re" jadi "-er"

Simulasi Cerita di bioskop, nunggu temen yang telat

Edi : "Bro, gua masuk dulu ya, filmnya udah mulai nih."

Fery : "Oke, kita di theater berapa?"

Nah, kira-kira udah bener belum tuh? Emang sih, kita lebih sering denger theater. Tapi ternyata, itu Bahasa Inggris Amerika, loh. Kalau British, justru pakai kata "theatre". Jadi, orang Amerika itu ganti urutan huruf "-re" jadi "-er" biar enak diucapkan.

Contoh lainnya, kayak: centre, lustre, dan spectre.

3. Akhiran "-se" jadi "-ze"

Bahasa inggris Amerika juga sering ganti akhiran "-se" menjadi "-ze". Contohnya aja kayak: "realise" (Dalam Bahasa Inggris British) menjadi "realize" (Dalam Bahasa Inggris Amerika). Contoh Lainnya: analyse, organise, dan recognise.

4. Akhiran "-ce" jadi "-se"

Gak cuma 3 hal diatas, akhiran "-ce" sering diganti menjadi "-se". Contohnya aja seperti : defence, offence, licence, dan advice (British).

Perhatikan juga kosakata-mu!

Selain perbedaan ejaan diatas, ada juga kata-kata atau kosakata yang beda, lho! Kita sering bingung, mana yang British dan mana yang Amerika. Supaya lebih greget, cek yuk perbedaan berikut:

British American
Wardrobe Closet
Football Soccer
Biscuit Cookies
Shop Store
Trousers Pants
Sweets Candy
Rubbish Trash
Holiday Vacation
Chips French Fries

Masih banyak, loh, perbedaan antara British dan Amerika. Buat kamu yang pengen lebih jago, rajin-rajinlah buka kamus atau browsing di internet ya!

Gimana? Udah bisa bedain Bahasa Inggris dari Ratu Inggris dengan Negeri Paman Sam? Ngomong-ngomong, Selama ini kamu belajar pakai bahasa yang mana, nih? Hehe.

Karena sekarang kamu udah tahu Bedanya English British dan English Americana kamu bisa langsung belajar biar makin pinter! Good luck Guys

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020