Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Apa itu Ditto? yang Viral di Lagu NewJeans

Edukasistan.com - Hai guys! Ingin tahu makna di balik istilah 'ditto' yang lagi hits dan sering terdengar di beberapa lagu. Salah satunya di lagu terbaru NewJeans berjudul "Ditto"? Yuk, simak penjelasan berikut agar kalian tau! sebenarnnya apa sih arti Ditto?

“Oh, say it ditto... so say it ditto...”

Eits, teringat lagunya, dong? Yap, istilah slang 'ditto' memang sedang nge-tren di media sosial, terutama karena menjadi judul lagu salah satu girl band K-Pop. Tapi, apakah kamu tahu arti dari 'ditto'? Atau mungkin ini pertama kalinya kamu mendengar istilah ini?

Agar kamu bisa menggunakan istilah 'ditto' dengan tepat dalam obrolan sehari-hari, mari kita simak ulasan tentang arti 'ditto', asal muasalnya, hingga contoh penggunaannya berikut ini!

Apa Arti 'Ditto'?

Apa itu Ditto
Apa itu Ditto? yang Viral di Lagu NewJeans

'Ditto' adalah istilah slang yang berarti "sama", "juga", "setuju", "saya juga", "begitu juga", atau "saya setuju denganmu". Baru-baru ini, istilah 'ditto' memang banyak diperbincangkan karena digunakan sebagai judul lagu NewJeans, benar. Namun, sebenarnya, slang 'ditto' sudah sering digunakan, terutama di media sosial.

Menurut kamus Cambridge, Kata 'ditto' memiliki arti "used to agree with something that has just been said, or to avoid repeating something that has been said". Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, artinya adalah, 'ditto' digunakan untuk menyetujui sesuatu yang baru saja diucapkan atau untuk menghindari pengulangan sesuatu yang sudah diucapkan.

Kapan 'Ditto' Digunakan?

Secara singkat, 'ditto' digunakan ketika kamu setuju dengan sebuah pernyataan atau opini. Istilah 'ditto' biasanya diucapkan dalam obrolan sehari-hari atau saat kamu berbicara secara online di aplikasi media sosial, game, atau obrolan lainnya.

Penggunaan istilah "ditto" bertujuan untuk menghemat kata-kata atau mempercepat komunikasi dalam obrolan sehari-hari. Gimana, pasti langsung ingin menggunakan istilah ini saat ngobrol bareng teman-teman, kan? Ditto!

Asal Muasal dan Ide 'Ditto'

Istilah 'ditto' sebenarnya berasal dari bahasa Italia, "detto", yang berarti "berkata" atau "sudah diucapkan". Istilah ini telah digunakan sejak abad ke-18 sebagai bagian dari obrolan sehari-hari, loh! Sudah lama juga, ya.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, istilah 'ditto' kini lebih banyak digunakan dalam bahasa Inggris dan populer di kalangan generasi Z. Namun, arti dari istilah 'ditto' yang diucapkan saat ini masih sama dengan arti asalnya.

Istilah Slang yang Berhubungan dengan 'Ditto'

Selain menggunakan istilah 'ditto', ada beberapa kata slang lain yang memiliki makna serupa dalam bahasa Inggris, lho! Kamu bisa menggunakan beberapa slang berikut untuk menggantikan istilah 'ditto'. Berikut beberapa sinonim dari istilah 'ditto':

  • Same here (Sama)
  • Me too (Saya juga)
  • I agree (Saya setuju)
  • Agree (Setuju)
  • I agree with the comment (Saya setuju dengan komentar itu)
  • Same (Sama)
  • Also (Juga)
  • Too (Juga)

Contoh Penggunaan Slang 'Ditto'

Masih bingung? Coba perhatikan contoh penggunaan 'ditto' dalam percakapan dan kalimat berikut ini, biar lebih paham. Yuk, kita lihat contoh penggunaan istilah slang 'ditto' dalam obrolan di berbagai situasi!

1. Obrolan di chat antara 2 orang teman

Danielle: Once the Christmas season concludes, I'll be going on an extended vacation. (Setelah musim Natal ini berakhir, aku akan pergi berlibur panjang.)

Hyein: Ditto! Work has been insane! Just yesterday, nobody in the store got a break at all! (Sama! Pekerjaan ini sangat gila! Kemarin, tidak ada satupun orang di toko yang mendapat istirahat sama sekali!)

2. Obrolan antara 2 pemain game online

Minji: I'll take a break and return in approximately an hour. I need to grab some dinner. (Aku akan istirahat sebentar dan kembali dalam sekitar satu jam. Aku perlu makan malam.)

Hanni: Ditto. I'm famished! I haven't eaten since this morning. (Sama. Akulapar sekali! Saya belum makan sejak pagi ini.)

Minji: Alright, let's meet back here in around an hour and complete this campaign. (Baik, mari kita bertemu kembali di sini dalam sekitar satu jam dan menyelesaikan misi ini.)

Contoh Penggunaan Slang 'Ditto' dalam Kalimat

Terakhir, mari kita lihat contoh penggunaan 'ditto' dalam kalimat.

  • Local inhabitants disapprove of the proposal. Ditto numerous city council members (= they are also opposed).
  • It rained on Saturday, and it rained on Sunday. Ditto Monday.
  • Jakarta is experiencing a substantial amount of rain. Ditto Bogor.
  • Haerin enjoys eating bread, and ditto for ice cream.
  • He has a talent for basketball, and ditto for football.

Nah, itulah ulasan tentang arti dan makna slang 'ditto'. Sekarang, jika kamu mendengar lagu NewJeans yang berjudul "Ditto", nggak bingung lagi kan soal apa artinya? Nah, begitulah pembahasan kita hari ini mengenai Apa itu Ditto, smeoga tulisan diatas bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020