Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

5 Tips Melawan Rasa Malas saat Belajar

Edukasistan.com - Berapa hari lagi kita akan menghadapi Ujian masuk perguruan tinggi! Keputusan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah mengharuskan para siswa dari berbagai jenjang untuk menjalani kegiatan belajar dengan lebih giat agar siap menghadapi ujian SNBT.

Selama masa belajar di rumah, terkadang perasaan malas lebih dominan daripada saat berada di sekolah. Apakah Kalian salah satu yang merasakannya? Nah, untuk mengatasi rasa malas selama belajar di rumah, berikut adalah beberapa tips ampuh yang dapat kalian coba agar lebih semangat:

1. Temukan Teman Belajar yang Menyenangkan

Tips Melawan Rasa Malas saat Belajar
Tips Melawan Rasa Malas saat Belajar

Belajar setiap hari hanya dengan gadget, laptop ataupun dari buku tentu bisa membuat kalian merasa bosan. Untuk mengatasi kebosanan, rasa malas, kurang produktif, dan perasaan kesepian, temukan teman belajar yang menyenangkan.

Misalnya, kamu bisa belajar bareng dengan teman kamu yang berada didekat rumah atau bisa dengan menggunakan zoom meeting. Hal ini akna membuat belajar kamu lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan karena belajar sendirian.

2. Susun Jadwal Belajar yang Teratur Sesuai Kemampuan

Belajar dari rumah mungkin terkesan lebih bebas, namun sebenarnya masih ada banyak tugas dan evaluasi yang harus kalian selesaikan. Oleh karena itu, Kalian perlu banget tuh untuk mengatur waktu belajar agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya.

Buatlah jadwal belajar yang teratur dan jangan menunda-nunda pekerjaan agar hasilnya tetap optimal. Tetapkan target setiap hari dan jam belajar yang konsisten dengan mempertimbangkan kemampuan yang kalian miliki.

Jika bingung cara menyusun jadwal belajar yang efisien, Kalian bisa menggunakan fitur jadwal belajar di yang tersedia di Playstore atau AppStore. kalian dapat membuat jadwal belajar sendiri dan mengatur reminder untuk mengingatkan di hari berikutnya. Karena dengan begitu kegiatan belajar kalian di rumah akan menjadi lebih teratur!

3. Uji Pemahaman Kamu Secara Berkala

Hanya dengan membaca modul dan mengerjakan tugas saja terkadang tidak cukup untuk benar-benar menguasai materi pelajaran. Agar Kamu dapat mengukur sejauh mana pemahaman yang kamu kuasai, kamu bisa menggunakan tes ujian yang banyak tersedia di internet.

Dengan begitu ini, Kamu bisa menguji pemahaman yang sudah kamu kuasai melalui berbagai soal yang disediakan. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran yang sudah kamu kuasai. Dengan begitu, Kalian akan merasa lebih termotivasi untuk memahami hal baru.

4. Buat Grup Chat Belajar Bersama Teman-teman

Rindu berdiskusi dan belajar bersama teman? Kamu bisa membuat grup chat belajar untuk bertukar pikiran atau sekedar mengobrol santai dengan teman-teman secara online bisa menggunakan google meet atau Zoom meeting.

Dengan berinteraksi sosial dengan teman dapat menjaga keseimbangan psikologis kamu. Dengan begitu kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru dan berbagi kesulitan masing-masing selama belajar di rumah.

5. Luangkan Waktu untuk Melakukan Hobi

Jangan mudah tergoda untuk bermain saat Kamu memiliki banyak tanggung jawab yang perlu diselesaikan. Jika Kamu orang yang disiplin, segala sesuatu akan berjalan lancar dan Kamu akan mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Sebagai hadiah setelah menyelesaikan tugas, Kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukan hobi sesuai minat. Dengan demikian, Kamu tidak hanya merasa segar secara fisik, tetapi juga secara psikologis selama belajar di rumah.

Jadi, itulah beberapa tips ampuh yang dapat Kalian coba untuk meningkatkan semangat belajar di rumah. Dengan mengikuti tips yang aku bagikan di atas, kamu akan merasa lebih antusias dan termotivasi dalam menjalani kegiatan belajar untk persiapan ujian Masuk perguruan Tinggi.

Ingatlah untuk menjaga keseimbangan antara belajar, berkomunikasi dengan teman-teman, dan meluangkan waktu untuk hobi agar kamu tetap segar dan bahagia selama memperiapkan ujian di rumah. Sekian pembahasan kita mengenai Tips Melawan Rasa Malas saat Belajar, semga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020